fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Ketahui Sejarah WWW (World Wide Web) dan Fitur Teknologi Web

Wiliam

Teknologi Web – Penemu World Wide Web adalah seseorang yang bеkеrjа untuk Dеwаn Eropa untuk Riset Nuklіr ѕеbаgаі konsultan реrаngkаt lunаk. Di sana ia menulis program Inquire untuk digunakan sendiri yang menggunakan asosiasi acak untuk menyimpan data dan meletakkan dasar konseptual untuk World Wide Web.

Pada tahun 1989, saat bekerja pada jaringan internal organisasi, ia mengusulkan proyek hypertext global, yang sekarang dikenal sebagai World Wide Web. Proyek іnі mеlіbаtkаn publikasi dоkumеn hypertext yang saling bеrhubungаn оlеh hуреrlіnk. Nah pada artikel ini kita akan membahas Sejarah WWW (World Wide Web) dan Fitur Teknologi Web, yuk simak ulasannya.

Sejarah WWW (World Wide Web)

Sеbаgаі bаgіаn dаrі рrоуеk, Dia mеnulіѕ ѕеrvеr wеb “httpd” pertama di dunіа dan brоwѕеr wеb hуреrtеxt реrtаmа di dunіа yang dіѕеbut “WorldWideWeb”. Brоwѕеr іnі jugа mеruраkаn еdіtоr WYSIWYG (kереndеkаn dаrі Apa yang Anda Lihat аdаlаh Aра уаng Andа Dараtkаn)

Pengembangannya dimulai pada Oktober 1990 dan selesai pada Desember tahun yang sama. Prоgrаm іnі bеkеrjа di lіngkungаn NeXTStep dаn mulаі mеnуеbаr dі Internet pada muѕіm раnаѕ 1991.

Berikut Fitur Teknologi Web

Teknologi web adalah konsep bekerja dengan informasi yang memiliki fitur berikut:

  1. Dasar teknis teknologi Web merupakan jaringan lokal dan global, sering kali Internet;
  2. Penggunaan jenis khusus klien tipis yaitu browser web;
  3. Presentasi informasi yang didominasi tekstual dan statis-grafis (melemahnya tren ini dikaitkan dengan perkembangan teknologi komunikasi dan perangkat lunak, perluasan konten media);
  4. Perubahan sumber informasi langsung tercermin dalam publikasi;
  5. Jumlah konsumen informasi praktis tidak terbatas, penerbit sendiri dapat mengatur kondisi khusus untuk akses ke informasi yang dipublikasikan;
  6. Publikasi dapat berisi tautan ke publikasi lain tanpa batasan lokasi dan sumber materi;
  7. Kerja aktif mesin pencari;
  8. Pengiriman dan replikasi konten praktis gratis.

Daya tarik Teknologi Web sebagai sarana penyampaian informasi sangat menentukan antarmuka universal antara manusia dan komputer. Setiap orang memahami prasasti, judul, tautan, gambar. Antarmuka web sebagai sarana untuk mengakses informasi bersifat intuitif.

Konsekuensi dari kesederhanaan antarmuka web adalah meluasnya penggunaan Internet sebagai saluran komunikasi.

Lalu, Apa Itu Browser pada Teknologi Web?

Browser merupakan program untuk melihat halaman web dan bekerja dengan informasi dalam antarmuka web. Browser adalah program yang disediakan dengan semua komputer modern dan sejumlah besar yang disebut gadget.

Secara teoritis, semua browser harus menampilkan semua situs berbasis standar dengan cara yang sama. Browser paling populer adalah Internet Explorer, FireFox, Opera, Safari, Chrome. Nilai Teknologi Web, baik untuk pengembang perangkat lunak dan untuk pengguna biasa, sangat ditentukan oleh fakta bahwa itu, pertama-tama merupakan teknologi integrasi.

Apa Fungsi dari Teknologi Web?

Teknologi Web memungkinkan pembuatan sistem informasi, dialog, dan bantuan yang mudah dipelajari, mudah diakses, sangat murah, diperbarui dengan cepat. Halaman web (dokumen hypertext) adalah dokumen yang dijelaskan dalam HTML.

Perbedaan utama mereka dari dokumen teks adalah mereka dapat menyertakan tautan ke dokumen serupa lainnya. Halaman adalah apa yang ditampilkan browser saat Anda memasukkan alamat halaman atau saat Anda mengklik tautan.

Situs (website) adalah sekumpulan halaman yang dibuat dengan menggunakan perangkat lunak dan membentuk satu kesatuan dalam aspek teknis, informasi, dan navigasi. Paling sering, semua halaman situs memiliki nama domain yang sama.

Berikut Bagian dari Teknologi Web

1. Server Web

Server Web (lebih tepatnya, http-cepBep) adalah program khusus yang diinstal pada komputer umum. Server Web menyediakan pemrosesan permintaan secara simultan dari beberapa klien menggunakan protokol HTTP.

2. Portal Web

Portal web adalah situs web yang menyediakan berbagai layanan interaktif kepada pengguna yang beroperasi dalam situs web (halaman web) yang sama. Portal web sering bertindak sebagai satu titik akses ke informasi di WWW.

Portal menyajikan informasi dari berbagai sumber dengan cara yang konsisten. Seiring dengan fungsi pencarian standar, portal web menawarkan layanan lain seperti email, berita, forum, pemungutan suara, dan lain-lain.

Berikut Klasifikasi Utama Portal Web

1. Portal publik

Portal publik (atau horizontal) ditujukan untuk audiens terluas, yang tercermin dalam konten informasi dan layanan yang mereka berikan. Mereka biasanya bersifat umum (misalnya, berita tentang peristiwa politik dan kehidupan budaya, email, buletin, dll.).

2. Portal vertikal

Portal vertikal dirancang untuk jenis pasar tertentu dan melayani audiens menggunakan layanan pasar ini atau mengerjakannya. Contoh portal tersebut adalah aplikasi B2C (Business-to-consumer), misalnya agen perjalanan yang menyediakan layanan untuk pemesanan hotel, pengiriman tiket, akses ke peta, dll.

Browser dan web server berinteraksi menggunakan teknologi client-server. Setelah memasukkan alamat di bilah alamat, browser membuat permintaan ke server. Server menghasilkan halaman dan mengirimkannya ke browser. Demikian ulasan mengenai Sejarah WWW (World Wide Web) dan Fitur Teknologi Web, sekian dan terimakasih.

Baca Juga