fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Ketahui Beberapa Langkah Cara Upgrade WordPress Untuk Pemula

Yodik Prastya

WordPress sampai dengan hari ini masih terus dikembangkan oleh developer dari seluruh negara. Upgrade dimaksudkan untuk memperbaiki program dari CMS termasuk dalam hal keamanan. Kita semua tahu bahwa celah keamanan dapat dipakai oleh hacker guna menghancurkan suatu situs. Situs yang berhasil disusupi hacker rentan untuk digunakan berbagai hal tindak kejahatan sehingga mempelajari cara upgrade WordPress menjadi suatu keharusan.

Pada dasarnya untuk melakukan upgrade WordPress sangatlah mudah. Terdapat beberapa metode dan Anda bisa pilih salah satu yang paling sesuai dengan keinginan Anda. Proses perbaikan yang akan dijelaskan dalam olahan ini masih berupa manual. Langsung kita bahas saja mengenai beberapa metodenya.

Inilah 3 Cara Upgrade WordPress

Alasan mengapa setiap pemilik website harus upgrade WordPress memang paling penting masalah keamanan. CMS WordPress digunakan lebih dari 40 juta situs dari seluruh negara sehingga rentan terkena serangan dari hacker. Alasan kedua lebih ditujukan untuk perbaikan bug yang sering terjadi di script. Apapun itu alasannya langsung kita bahas mengenai cara upgrade WordPress.

Upgrade melalui dashboard WordPress

Cara pertama untuk bisa upgrade WordPress adalah melalui bagian dashboard. Dari bagian dashboard Anda bisa memeriksa versi terbaru dari WordPress sekaligus melakukan tindakan upgrade. Cukup login ke dalam WordPress admin dan melakukan sejumlah langkah di bawah ini.

  • Login ke dashboard dengan cara memasukkan ID dan juga password.
  • Pilih di bagian menu bertuliskan Dashboard dan lanjutkan klik Updates.
  • Nantinya Anda bisa melihat adanya notifikasi mengenai versi terbaru dari WordPress. Jika terdapat update versi paling baru maka akan muncul tombol Update  Now.
  • Klik di bagian tombol tersebut dan tunggu proses upgradenya hingga selesai.

Selama proses upgrade berlangsung maka website akan memasuki mode maintenance. Mode maintenance membuat para pengunjung tidak bisa memasuki suatu situs yang ada di mode tersebut. Ketika proses update selesai maka situs sudah bisa diakses pengunjung seperti biasanya.

Upgrade WordPress via Softaculous Control Panel Hosting

Metode kedua yang bisa Anda pakai untuk upgrade WordPress adalah melalui Softaculous. Prosesnya juga sangat sederhana dan hanya perlu sedikit langkah saja. Bahkan orang yang awam terhadap Softaculous juga akan bisa segera mempraktekkan langkah ini. Beberapa langkah upgrade melalui Softaculous:

  • Login melalui control panel hosting dengan memasukkan ID user dan juga password.
  • Kemudian dilanjutkan dengan klik bagian menu Softaculous Apps Installer.
  • Jika sudah maka akan muncul beberapa menu dan pilih yang bertuliskan Installations.
  • Lalu Anda akan bisa melihat ada banyak daftar Script Installations. Dari daftar tersebut Anda arahkan kursor ke bagian icon berbentuk seperti recycle dan klik.
  • Lalu Anda akan mulai masuk ke bagian menu upgrading WordPress. Pada bagian ini Anda tinggal pilih opsi Create Backup.
  • Dilanjutkan dengan klik tombol upgrade dan proses upgrade akan mulai berjalan.
  • Kemudian akan muncul notifikasi pemberitahuan tentang proses upgradenya jika sudah sukses berjalan. Dilanjutkan dengan pilih tombol Return to Overview.
  • Tunggu sebentar sampai Anda kembali ke halaman Current Installations Softaculous.

Selama proses upgrade berlangsung usahakan agar jalur internet tetap. Kecepatan upgrade selalu bergantung pada seberapa cepat jaringan internet Anda.

Upgrade via Toolkit cPanel

Cara ketiga dapat dilakukan melalui Toolkit cPanel. Langkah ini juga sangat singkat dan tidak ribet untuk diikuti. Tentu saja Anda tetap perlu login ke dalam bagian cPanel terlebih dahulu sebelum memulai langkah-langkah lainnya. Kalau sudah login Anda bisa segera mengikuti beberapa langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Pilih menu Domain pada halaman utama cPanel.
  • Kemudian dilanjutkan dengan memilih opsi update yang terletak di bagian deretan atas halaman WordPress Toolkit.
  • Jika sudah maka Anda bisa melihat adanya pop up. Perhatikan apakah di bagian URL WordPress sudah dicentang. Kalau belum di centang maka Anda harus memberikan tanda centang dengan cara klik supaya nantinya bisa di-upgrade.
  • Pilih tombol update.
  • Lalu akan muncul notifikasi mengenai sukses tidaknya upgrade berjalan. Jika sukses maka akan muncul notifikasi “All selected WordPress website were update successfully”.

Jika anda sudah selesai dengan langkah di atas maka prosesnya sudah selesai. Sisanya Anda hanya perlu memilih mengaktifkan fitur otomatis upgrade atau tidak.

Baca Juga