fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Kenali Fungsi dan Tujuan Promosi Produk dan Jasa Bisnis Anda

Wiliam

Promosi merupakan suatu hal penting yang harus dilakukan dalam dunia usaha. Seorang pebisnis harus rajin melakukan promosi guna mengenalkan produknya ke masyarakat luas. Tidak heran jika di luar sana banyak strategi promosi yang digunakan untuk mendongkrak penjualan.

Promosi menjadi kegiatan persuasif untuk menarik masyarakat membeli produk yang dijual. Secara umum, promosi dapat diartikan sebagai kegiatan untuk mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang Anda jual.

Tanpa ada promosi, masyarakat tidak mengenal barang atau jasa apa yang Anda tawarkan. Jadi promosi memberikan dampak dimana nantinya konsumen akan mengenal produk dan tertarik untuk membelinya.

Jenis-Jenis Promosi 

Promosi sendiri memiliki banyak jenis. Kegiatan yang berupa mengenalkan produk di masyarakat ini memiliki banyak kategori dan jenis yang berbeda. Berikut penjelasannya:

1. Iklan

Jenis promosi yang pertama adalah iklan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling umum digunakan oleh para pengusaha. Iklan mampu membangun kepekaan masyarakat untuk lebih mengenal barang dan jasa apa yang sedang ditawarkan.

2. Sales Promotion

Jenis promosi yang kedua adalah sales promotion. Promosi jenis ini merupakan promosi penjualan yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan arus dari produsen ke konsumen. Sehingga barang akan lebih cepat sampai.

Umumnya promosi penjualan terdiri dari kotak informasi, brosur dan lain-lain. tidak seperti iklan dan lainnya yang harus dipasang agar masyarakat bisa melihat dengan jelas. Sale promotion hanya media promosi dengan menyebar brosur. Sehingga konsumen yang menemukan brosur bisa melihat barang atau jasa apa yang ditawarkan.

3. Promosi Mulut ke Mulut

Jenis promosi selanjutnya adalah promosi dari mulut ke mulut. Promosi ini merupakan promosi yang dilakukan oleh orang-orang. Seperti membicarakan mengenai suatu produk. Akibatnya banyak masyarakat yang kenal produk tersebut dengan omongan mulut ke mulut.

4. Personal Selling

Jenis promosi yang keempat adalah personal selling. Promosi ini dilakukan dengan tujuan mampu membangun hubungan antara pengusaha dan konsumen. Biasanya personal selling dilakukan oleh perusahaan-perusahaan.

5. Hubungan Masyarakat

Salah satu kegiatan yang dibutuhkan saat melakukan promosi adalah relasi dengan masyarakat. Adanya public relation akan memudahkan jalannya promosi. Selain itu Anda juga bisa mudah menemukan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

6. Pemasaran Langsung

Jenis promosi selanjutnya adalah pemasaran langsung. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan promosi satu ini. Anda bisa melakukannya dengan menemui masyarakat dan berkomunikasi menawarkan barang.

Pemasaran langsung membuat Anda akan mendapatkan tanggapan secara langsung. Jadi Anda bisa melihat apakah masyarakat tertarik dengan produk yang Anda tawarkan atau tidak.

Tujuan Promosi Produk dan Jasa

Ada beberapa tujuan promosi yang dilakukan para pengusaha diantaranya sebagai berikut:

1. Menginformasikan

Tujuan promosi yang pertama yakni menginformasikan suatu barang atau jasa. Biasanya informasi yang dimuat berupa harga barang, kualitas, kegunaan atau manfaat barang, dan lainnya.

Lebih lengkapnya promosi akan menginformasikan mengenai fungsi atau cara kerja suatu prosuk. Jadi para konsumen bisa mengetahui bagaimana cara menggunakan produk yang sudah dibeli.

2. Persuading

Tujuan promosi yang paling utama adalah persuading. Hal ini memiliki makna bahwa promosi bersifat membujuk, merayu agar konsumen tertarik membeli barang atau jasa yang dipasarkan.

Dalam hal ini promosi juga memiliki peran dimana mampu mendorong konsumen untuk membeli barang, serta menjadikan konsumen untuk terus tertarik sampai menjadi pelanggan tetap.

3. Mengubah Tingkah Laku

Salah satu manfaat dari promosi adalah dapat mengubah tingkah laku masyarakat beserta kebiasaannya. Kegiatan promosi akan mengubah pola piker masyarakat yang tadinya hanya bergantung terhadap satu produk menjadi ke multi produk.

4. Meningkatkan Profit

Ketika Anda melakukan promosi yang menarik, maka akan banyak konsumen yang berminat untuk membeli produk Anda. Tentunya semakin banyak orang yang membeli produk Anda maka akan semakin besar pula keuntungan yang Anda dapatkan.

5. Mengingatkan Suatu Brand atau Merk

Promosi juga memiliki tujuan untuk mengingatkan konsumen mengenai brand atau merk yang sedang ditawarkan. Jadi melalui cara ini promosi akan berperan untuk tetap mempertahankan eksistensi merk di hati masyarakat.

Mengapa promosi bisa mengingatkan masyarakat suatu brand atau merk? dikarenakan dalam kegiatan promosi pembeli akan mengingat apa nama benda yang dibutuhkan. Selain itu pembeli juga akan kembali mengingat ditempat mana saja dapat menemukan benda tersebut.

Jadi secara tidak langsung, promosi akan membuat konsumen tetap mengingat barang tersebut . Meskipun barang atau jasa tersebut tidak dikampanyekan seperti iklan dan lainnya.

6. Membedakan Produk dengan Produk Pesaing

Salah satu tujuan dari kegiatan promosi adalah membedakan produk Anda dengan produk kompetitor lain. Pengusaha akan memilah-milah mana yang termasuk produk unggulan dan tidak.

Fungsi Promosi  Produk dan Jasa

Adapun fungsi mempromosikan produk atau jasa yang berjalan sekarang adalah sebagai berikut:

1. Menciptakan Daya Tarik Kepada Pelanggan

Fungsi utama dalam melakukan promosi adalah mampu menciptakan daya tarik pelanggan. Maka dari itu ciptakan promosi yang seunik mungkin. Sehingga nantinya akan memperbesar peluang pelanggan untuk melihat produk Anda.

2. Menarik Perhatian Pelanggan

Kedua fungsi promosi adalah menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk  dan saja. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, promosi memiliki sifat persuasif. Dimana promosi mampu mempengaruhi orang untuk membeli produk yang dijual.

3. Menciptakan Kesan

Fungsi terakhir dari promosi adalah mampu menciptakan kesan kepada pembeli. Promosi memang terbukti mampu membangun image dan branding suatu produk. Sehingga setiap produk memiliki kesan tersendiri oleh penikmatnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tujuan dan fungsi promosi produk dan jasa. Intinya kegiatan promosi wajib dilakukan untuk mengenalkan kepada masyarakat akan barang yang sedang dijual.

Baca Juga