fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

7 Kelebihan Domain TLD, Benarkah bisa untuk Investasi?

Muhammad Rizqy

Masih mempertimbangkan penggunaan top level domain? Tentu pengambilan keputusan akan lebih mudah jika Anda mengetahui beberapa kelebihan domain TLD tersebut.

Top Level Domain (TLD) adalah bagian dari nama domain yang letaknya paling akhir dan berfungsi sebagai identitas. Nyatanya, ada banyak kelebihan dari jenis ekstensi ini.

Keuntungan Domain TLD yang menjadi Keunggulannya

Sebelum memutuskan menggunakan domain TLD, tentu Anda ingin tahu kelebihannya terlebih dahulu, bukan? Beberapa di antaranya adalah:

1. Website menjadi lebih Profesional

Kelebihan yang pertama adalah membuat website lebih kredibel. Situs tersebut akan tampak lebih profesional. Pasalnya TLD adalah domain berbayar, sehingga terlihat keseriusan pengelolanya.

Berbeda jika menggunakan domain gratisan. Pengunjung akan kurang memberikan kepercayaan terhadap blog tersebut.

2. Menyesuaikan Domain dengan Niche

Keuntungan lain dalam memakai TLD adalah Anda bisa menyesuaikan ekstensi dengan niche pada website. Contohnya, domain bigsize.store membuat orang langsung tahu bahwa itu merupakan situs toko online.

Contoh lain misalnya website shutterbara.coach. Ekstensi tersebut jelas menunjukkan bahwa situs itu merupakan milik trainer di bidang tertentu. Melihat kata shutter, berarti terkait dengan hal fotografi.

3. Alamat Website lebih Ringkas

Selanjutnya, kelebihan lain dari TLD adalah audiens jadi mudah mengingat nama website, karena lebih ringkas. Coba bandingkan contohsaja.wordpress.com dengan contohsaja.com. Domain kedua Adalah TLD yang tampak lebih ringkas, bukan?

Nama website yang mudah diingat sangat penting, terutama untuk keperluan bisnis. Semakin mudah mengingatnya, potensi trafik akan lebih tinggi.

4. Membantu Menargetkan Pengunjung

“Jika menggunakan domain TLD, Anda juga bisa menargetkan pengunjung dengan lebih spesifik.”

Ini merupakan salah satu kelebihan domain .co.id. ccTLD ini membuat Google akan mengarahkan pengunjung lokal.

Targeting yang lebih spesifik ini bisa membantu dalam efisiensi. Dengan demikian, pengunjung yang datang ke website hanyalah orang yang sesuai. Jadi, jika target pasar Anda khusus Indonesia, ada baiknya memilih domain ini.

5. Ramah Mesin Pencarian

Search engine seperti Google, akan memprioritaskan website TLD ketika melakukan pencarian. Jadi, menggunakan top level domain ini adalah pilihan tepat dalam membantu optimasi mesin pencarian (SEO).

Menjadi prioritas artinya, jika Google melakukan pencarian, maka peluang untuk tampil di halaman pertama akan meningkat. Pada akhirnya akan mendatangkan trafik lebih banyak ke website.

6. Mengundang Pengiklan

Kelebihan TLD yang selanjutnya adalah potensi untuk mendapatkan pihak pengiklan. Pasalnya, website dengan domain ini akan tampak lebih profesional. Jadi, banyak pihak yang ingin menyematkan iklannya pada situs tersebut.

Ini juga merupakan kelebihan domain .com. Penggunaan ekstensi tersebut sangat banyak. Bahkan hampir separuh website yang ada menggunakannya. Artinya, banyak orang yang akan mudah mengingatnya.

Maka dari itu, banyak pengiklan yang memasang promosinya pada website TLD tersebut. Tentu saja ini merupakan keuntungan bagi pemilik website.

7. Bisa menjadi Investasi Menguntungkan

Tahukah Anda? Ternyata domain TLD juga bisa menjadi investasi yang menggiurkan. Pasalnya, sudah terbukti banyak domain yang terjual berkali-kali lipat dari harga aslinya.

Hal tersebut terjadi karena keunikan namanya. Di samping itu, adanya korelasi antara nama domain dengan organisasi tertentu juga bisa mendongkrak harganya. Jika ada domain TLD bagus, tidak ada salahnya langsung membeli untuk investasi.

“Masih belum umum di Indonesia, tetapi nyatanya bisnis nama domain cukup menjanjikan.”

Asalkan peka terhadap trend, serta jeli memilihnya, keuntungannya sungguh menggoda. Bahkan, ada yang terjual hingga triliunan rupiah satu website.Setelah mengetahui kelebihan domain TLD, tentu sudah tidak ragu lagi menggunakannya, bukan? Meskipun berbayar dan ada biaya tahunan, tetapi sepadan dengan berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga