fbpx

Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting yang Wajib Anda Ketahui

Jika Anda merupakan pemilik website, tentunya Anda sudah pernah mendengar istilah maupun Shared . Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan VPS dibandingkan hosting lain seperti shared hosting

VPS (Virtual Private Server) merupakan server yang dibagi menjadi lingkungan hosting yang sepenuhnya tepisah secara virtual. Secara , agak mirip dengan shared hosting, namun VPS teknologinya lebih advance.

Kelebihan VPS Hostin

kelebihan dan kekurangan vps hosting

Beberapa kelebihan yang cocok untuk pengembangan website Andaketimbang menggunakan hosting  lainnya adalah :

1. Performa Tingkat Tinggi

Ketika membeli VPS hosting, maka Anda tidak perlu lagi berbagi resources (mislanya RAM atau CPU) dengan lainnya seperti jika Anda menggunakan shared hosting. Ini membuat aktivitas pengguna lain tidak akan mempengaruhi layanan server Anda.

2. Tingkat Pengamanan Yang Lebih Baik

Karena lingkungan server Anda memiliki teknologi virtualisasi, maka hosting Anda akan terisolasi dari hosting pengguna lain meskipun berada dalam satu server fisik yang sama.

3. Scalable Hosting

Jika website Anda mengalami pengembangan sehingga membutuhkan server dengan kapasitas storage yang lebih lega ataupun performa yang perlu ditingkatkan, Anda dapat dengan mudah meningkatkan sumber daya server Anda. Ini karena Anda tidak hanya terpaku pada satu server fisik saja.

Hal ini hampir tidak mungkin bisa Anda dapatkan ketika menggunakan hosting lain, seperti shared hosting. Sekalipun Anda menggunakan hosting, Anda belum tentu mendapatkan kemudahan sefleksibel ini.

Baca Juga :  Cloud Hosting Adalah : Pengertian dan Kelebihannya

4. Berbagai Macam Kostumisasi Server

Dengan menggunakan hosting VPS, Anda akan mendapatkan banyak opsi penyesuaian server, akses root server. Sehingga Anda memiliki kontrol yang lebih terhadap server Anda.

Meskipun VPS menggunakan server fisik yang dipakai bersama dengan user lain, namun dengan teknologi virtualisasi membuat server bisa bebas Anda kontrol tanpa terpengaruh aktivitas pengguna lain. Hal ini membuat VPS terasa menjadi lebih powerfull ketimbang Shared Hosting.

Kekurangan VPS Hosting

kekurangan VPS Hosting

Meskipun memiliki banyak kelebihan, VPS Hosting memiliki beberapa kekurangan. Secara umum ada dua kekurangan VPS Hosting yang utama yaitu :

1. Harganya Lebih Mahal

Karena memiliki akses dan sumber daya yang lebih banyak, membuat VPS memiliki tarif yang lebih mahal ketimbang shared hosting. Namun, hal ini sepadan dengan fasilitas dan fleksibilitas yang ditawarkan.

2. Membutuhkan Skill Teknis Pengelolaan Servernya

Untuk menggunakan dan mengontrol hosting VPS, Anda membutuhkan kemampuan teknis yang lebih advance agar bisa memanfaatkan semua fiturnya. Namun, ada juga penyedia jasa VPS yang menyediakan VPS hosting terkelola.

Dengan berlangganan VPS yang terkelola, Anda akan mendapatkan bantuan staf teknis dari penyedia jasa hostingnya yang mampu memelihara dan mengoptimalkan ruang lingkup VPS server Anda.

VPS Cocok untuk Siapa?

apa kelebihan dan kekurangan VPS

Dengan mempertimbangkan apa kelebihan dan kekurangan VPS. Anda bisa menentukan layanan VPS yang cocok untuk Anda dan berikut analisisnya.

Jika Anda baru membangun website yang traffic-nya masih sedikit dan belum membutuhkan pengaturan serta fitur keamanan yang lebih advance. Namun seiring dengan pertambahan traffic dan kebutuhan fitur web, Anda pasti membutuhkan peningkatan fitur dan kontrol lebih atas server Anda.

Untuk itu VPS sangat cocok untuk Anda yang ingin sehingga bisa memiliki kontrol dan fasilitas lebih atas lingkungan server Anda. Karena Anda cukup membayar biaya penambahan sesuai dengan fasilitas yang ingin Anda dapatkan.

Baca Juga :  Belajar Tentang SEO dan Cara Kerjanya

VPS merupakan pilihan Private Server yang tepat jika Anda tidak ingin memilih Dedicated Server yang membutuhkan skill pengelolaan yang lebih advance dan biaya yang lebih besar.

Memang ada kelebihan dan kekurangan VPS hosting, namun dengan semua fitur kontrol dan fleksibilitas yang ditawarkan, Anda layak untuk mempertimbangkannya. Anda bisa memercayakan kebutuhan Anda pada dewabiz, penyedia jasa untuk memelihara dan mengoptimalkan VPS server Anda.