fbpx

Kekurangan dan Kelebihan Dedicated Server yang Wajib Diketahui

server adalah satu dari sekian banyak pilihan server yang dijual di pasaran. Namun, jika Anda punya niat beli atau menyewa layanan dedicated server, tidak ada salahnya jika Anda pahami dulu kekurangan dan kelebihan dedicated server.

Kekurangan dan Kelebihan Dedicated Server

kekurangan dan kelebihan dedicated server

Berikut beberapa catatan kekurangan dan kelebihan dari dedicated server untuk pertimbangan Anda sebelum membeli atau menyewa layanan hosting tipe ini. 

Kekurangan

  • Harga Terlalu Mahal

Di kalangan para praktisi hosting, dedicated server dikenal sebagai premium hosting server. Harganya yang mahal membuat layanan hosting ini hanya dipakai kalangan tertentu/terbatas saja.

Selain punya instalasi sistem operasi mandiri, mahalnya jenis server ini juga karena punya spesifikasi tinggi. Layak jika di pasaran barang ini sangat eksklusif dan mahal.

Untuk Anda yang ngotot tetap ingin punya server ini, siapkan saja banyak kocek. Namun pastinya, harga tidak menghianati hasil! Artinya, dengan mengeluarkan banyak modal, Anda akan mendapatkan akses penuh. 

  • Hanya Bisa Dioperasikan Oleh Orang yang Paham Soal Server

Selain dibanderol dengan harga mahal, dedicated server juga termasuk layanan hosting yang punya sistem operasi cukup rumit.

Makanya, maklum jika hanya orang yang paham tentang web hosting yang bisa mengoperasikan dedicated server.

Untuk bisa mengoperasikan server ini, Anda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang cara server, khususnya dedicated server. Tanpa pengetahuan yang cukup, jangan coba-coba mengutak-atik server ini.

Bila perlu, jika ingin mengoperasikannya sendiri, Anda harus belajar terlebih dahulu. Di server ini, terdapat banyak pengaturan/tombol operasional, termasuk pengelolaan , yang harus Anda pelajari.

Baca Juga :  6 Perbedaan VPS dan RDP untuk Kebutuhan Web Bisnis Anda

Kelebihan

  • Akses dan Kontrol Penuh

Keuntungan dari penggunaan dedicated server pertama adalah pengguna akan mendapatkan akses dan kontrol penuh karena punya sistem operasi mandiri.

Tidak hanya akses penuh 100%, layanan ini juga memberikan kebebasan pada Anda selaku pengguna untuk melakukan konfigurasi sesuai bentuk spesifikasi yang Anda butuhkan.

  • Lebih Aman

Keuntungan dari pemakaian layanan dedicated server lainnya adalah tidak ada kewajiban bagi Anda selaku pengguna jika server sewaktu-waktu mengalami kerusakan.

Posisi Anda lebih aman dan tidak ada risiko untuk mengganti peralatan, sebab kerusakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak layanan server.

  • Efektif dan Mudah Dikontrol

Sistem operasional pada dedicated server sudah demikian canggih, sehingga efektifitasnya terjamin dengan baik.

Untuk operasional, misalnya, Anda cukup menggunakan remote control.

Itulah alasan, meski cukup mahal harganya, namun server ini banyak diminati karena Anda tidak perlu melakukan pengawasan fisik langsung.

Pastinya, jauh dari kata merepotkan, apalagi sampai membebani Anda selaku pengelola .

  • Tidak Terganggu Aktivitas Lain

Karena dedicated server punya instalasi sistem operasi mandiri, Anda tidak akan terganggu dengan pengguna lain. Sifatnya mandiri dan hanya Anda yang menggunakan server ini.

Jadi, tidak ada gangguan dari pihak lain. Anda pun tidak akan terganggu jika sewaktu-waktu ada gangguan website akibat peningkatan jumlah pengunjung.

Jika Anda , Anda bisa mengelola banyak , cukup hanya dengan satu server ini saja. Banyak domain tapi tidak mengurangi kinerja website, sebab Anda punya akses penuh terhadap server itu.

  • Website Super Cepat

Keuntungan yang pasti Anda dapat dari layanan dedicated server ini adalah Anda akan mendapatkan kecepatan website yang luar biasa.

Untuk itu, meski mahal, server ini cukup recommended. Anda bisa kontak jasa layanan dari DewaBiz mendapatkan website super cepat ini.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan di Tahun 2022

Untuk Anda yang menghendaki peningkatan peringkat dalam rangka meningkatkan penjualan ,  penggunaan dedicated server bisa jadi pilihan.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dedicated server. Penting jadi pertimbangan Anda sebelum membeli atau menyewa server tersebut agar website yang Anda kelola bisa bekerja maksimal.