fbpx

Kapan Diperlukan VPS Hosting untuk Membangun Web?

Kapan diperlukan untuk membangun server? Pertanyaan ini mungkin menjadi pertimbangan penting di dalam membangun portofolio web .

Anda perlu mempertimbangkan dengan baik kapan waktu yang tepat untuk Anda menggunakan atau meng-upgrade hosting Anda menjadi VPS atau virtual private server

Simak penjelasan dalam artikel ini untuk menemukan jawaban kapan harus menggunakan VPS agar tidak salah melangkah.

Penjelasan Umum VPS Hosting

‚Äč

Pengertian VPS hosting

VPS hosting adalah layanan yang memberikan pengguna berupa server pribadi untuk menyimpan data dan file web secara online dengan terhubung pada teknologi virtual atau cloud

Berkat teknologi ini, Anda bisa memiliki kewenangan untuk mengelola server milik sendiri tanpa terpengaruhi pengguna lain. 

Hosting ini memang berada di posisi pertengahan antara shared hosting dan dedicated server

Anda memiliki kesempatan untuk mengelola panel hosting secara mandiri meski masih harus berbagi sumber daya fisik seperti CPU dan ruang penyimpanan dengan pengguna lain. 

Meski begitu, provider menjamin tidak akan terjadi gangguan pada server web meski mengalami down tiba-tiba.

Kemampuan dan pengetahuan Anda soal Linux maupun Windows pada saat menginstal VPS menjadi faktor penting untuk mengelola server web sendiri.   

Kelebihan Hosting Virtual Private Server

Kapan Diperlukan VPS Hosting

Kelebihan dari VPS hosting telah menjadi alasan para pemilik web profesional untuk meng-upgrade server mereka. Jumlah kunjungan (traffic) yang semakin tinggi membutuhkan kekuatan server yang semakin baik.

Baca Juga :  Inilah 7 Fungsi SSL untuk Website yang Wajib Diketahui

Anda bisa menggunakan ruang yang tersedia di dalam server seperti panel hosting dan yang diinstal secara bebas. Anda juga bisa menambah sumber daya sewaktu-waktu secara otomatis tanpa perlu meminta ke provider

Jaminan keamanan hosting pun cukup baik karena satu server virtual tidak terbagi dengan pengguna lain. Masing-masing memiliki IP (internet protocol) yang berbeda.

Namun semua itu memerlukan pemahaman dan keterampilan Anda dalam mengelola server web.

Waktu yang Tepat untuk Upgrade Hosting Anda 

kapan harus menggunakan VPS

Kapan harus menggunakan VPS? Bagi Anda yang sebelumnya hanya mengandalkan shared hosting atau layanan server yang berbagi dengan pengguna lain, mungkin Anda perlu mempertimbangkan layanan hosting ini.

1. Ketika Traffic Makin Besar

Situasi lainnya adalah ketika web Anda memiliki jumlah kunjungan atau traffic yang semakin besar maka perlu kapasitas penyimpanan dan kemampuan server yang lebih baik. 

Karena di dalam shared hosting terdapat sejumlah kendala yang dapat mengganggu performa web Anda. Anda juga bisa jadi sebagai penyebab server web pengguna lain down karena penggunaan sumber daya yang berlebihan. Hal ini tidak lain karena semakin meningkatkanya kunjungan pada web Anda.

2. Ketika Butuh Storage dan Bandwitch yag Lebih Besar

Kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang terbatas mungkin sudah tidak cocok dengan webiste Anda.

Kondisi lain yang mungkin membuat Anda kesal adalah munculnya iklan atau pop up saat  pengunjung mengunjungi halaman web Anda. Hal ini jelas bisa saja menurunkan kenyamanan pembaca dalam mengakses web bisnis Anda.

Karena alasan-alasan itulah, sudah saatnya Anda untuk meningkatkan paket hosting web Anda dari yang gratis dan berbagi dengan pengguna lain ke VPS hosting yang jelas menawarkan berbagai keuntungan.   

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Telnet, Fungsi, Cara Install, Kelebihan dan Kekurangan

Tapi Anda perlu hati-hati dan jangan asal pilih provider hosting. Gunakan hanya jasa layanan hosting VPS terercaya dan menjadi yang terbaik di Indonesia. 

DewaBiz adalah provider hosting yang telah menyediakan layanan selama bertahun-tahun yang cocok untuk meningkatkan kapasitas web Anda. Nah, jadi sudah tahu kan kapan diperlukan VPS hosting untuk mengembangkan bisnis web Anda. Yuk segera order sebelum kehabisan promonya!