fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessAplikasi

10 Cara Jualan Online di WA

Yanti puspita

Cara jualan online di WA adalah suatu hal yang bisa kamu lakukan. Karena WhatsApp kini menjadi media paling populer untuk penjualan online. Data Dewabiz mengungkapkan bahwa 83% dari 171 juta pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp.

Anggaplah data ini sebagai peluang emas bagi kamu untuk menjangkau pasar yang lebih luas melalui WhatsApp. Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp untuk penjualan online. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini penjelasannya.

10 Cara Jualan Online di WA

Cara jualan online di WA dapat kamu terapkan agar kamu dapat memaksimalkan penjualan pada bisnismu. Namun, kamu juga perlu menyusun strategi pemasaran yang menarik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media WhatsApp. Di bawah ini beberapa cara jualan online di WA yaitu:

1.      Cara Jualan Online Di WA dengan Menentukan Sasaran (goal)

Cara jualan online di WA pertama adalah menentukan tujuan atau target yang ingin di capai. Setelah menentukan target, siapkan rencana pemasaran yang akan di laksanakan secara detail.

Jangan lupa target yang kamu buat, dan tentukan juga segmen pasar yang ingin di jangkau. Tujuannya agar kegiatan pemasaran menjadi lebih fokus. Dengan cara ini harapannya adalah mendapatkan hasil yang maksimal.

2.      Manajemen Kontak

Cara jualan online di WA selanjutnya adalah dengan mengatur kontak pelangganmu ke dalam beberapa kategori. Dari sana, kamu dapat melihat kontak mana yang dapat di tindak lanjuti atau kontak mana yang sudah lama tidak kamu hubungi. Selain itu, kamu juga dapat mengirimkan pesan kampanye sesuai kebutuhan.

3.      Buat Konten Marketing Kekinian

Cara berjualan online untuk berjualan di WhatsApp selanjutnya adalah strategi pemasaran melalui konten atau yang di sebut dengan content marketing. Di mana kontennya harus mampu menarik perhatian atau pelanggan agar mau melakukan transaksi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membuat konten yang sesuai dengan tren pasar.

4.      Personalisasi Pelanggan

Cara berjualan di WhatsApp yang keempat adalah dengan mengirim pesan yang di personalisasi. Pesan ini lebih di sukai pelanggan karena akan lebih hormat dan dekat. Kamu dapat mengirimkan pesan kampanye yang di personalisasi ke beberapa kontak sekaligus.

5.      Gunakan Call To Action (CTA)

Pastikan setiap bagian pemasaranmu menyertakan (CTA) dalam konten pemasaran. Sebelum mengirimkan siaran WhatsAppmu ke pelanggan. Cara jualan online di WA ini sangat penting karena CTA secara tidak langsung dapat mempengaruhi prospek atau pelanggan untuk melakukan transaksi.

6.      Hanya Gunakan Satu Nomor untuk Berjualan

Cara paling populer untuk berjualan di WhatsApp adalah dengan memisahkan kontakmu untuk penjual dengan nomor pribadi. Hal ini akan memudahkanmu membedakan pesan pelanggan dengan rekan kerja.

Jika kamu kesulitan menangani permintaan pelanggan dan memiliki banyak Admin, maka bisa menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp API memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk mengakses satu akun WhatsApp dengan beberapa admin dari perangkat berbeda (multi admin) secara bersamaan.

7.      Beralih ke Akun WhatsApp Business

WhatsApp Business di rancang khusus untuk memudahkan bisnis berjualan di platform WA. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan keuntunganmu, ada baiknya beralih dari akun pribadi ke WhatsApp Business.

WhatsApp juga meluncurkan varian terbaru WhatsApp Business, yaitu WhatsApp Business API dengan fitur lengkap. Fitur API WA membantu transaksi jual beli dengan lebih efektif dan efisien. Berikut cara mendapatkannya:

Cara Menggunakan Aplikasi Whatsapp Business untuk Penjualan Online

Untuk cara jualan online di WA ini, kamu bisa menggunakan WhatsApp Business. Aplikasi ini di rancang untuk memudahkan bisnis berjualan di WhatsApp. Namun sebelum berjualan, kamu perlu menginstal aplikasi WhatsApp bisnis sebagai berikut:

• Download aplikasi WhatsApp Business gratis di Apple App Store dan Google Play Store

• Klik “Setuju” dan “Lanjutkan” setelah menerima persyaratan layanan WhatsApp Business

• Daftarkan nomor WhatsApp Businessmu dengan memilih kode negaramu, lalu masukkan nomor telepon

• Klik “Selesai atau Lanjutkan”, lalu “OK” untuk mengirimkan kode verifikasi 6 digit melalui SMS atau telepon.

• Lalu masukkan kode 6 digit yang di terima

• Buat profil akun dengan memasukkan nama bisnismu, kemudian pilih kategori bisnis, lalu memilih foto profil

• Klik JELAJAHI > Profil Bisnis untuk menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya

Cara Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business API untuk Berjualan Online

Aplikasi WhatsApp Business API adalah solusi tepat untuk membuat penjualan onlinemu. Pasalnya WhatsApp API di dukung fitur-fitur canggih seperti chatbot yang dapat membalas pesan pelanggan secara otomatis dan centang hijau WA yang meningkatkan kredibilitas bisnis.

Selain itu, ada juga fitur WhatsApp blast yang memungkinkan kamu mengirim pesan promosi ke banyak kontak sekaligus dengan satu klik. Berikut cara mendapatkan Aplikasi WhatsApp Business API untuk berjualan online yaitu:

• Daftar ke mitra WhatsApp resmi

• Verifikasi akun manajer bisnis

• Aktifkan nomor yang ingin di daftarkan

• Buat daftar kontak prospek atau pelanggan

• Buat templat pesan promosi

• Kirim pesan melalui WhatsApp blast resmi

8.      Maksimalkan Penggunaan Chatbot

WhatsApp Chatbot memainkan peran penting bagi bisnis terutama untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan chatbot dalam merespon pelanggan dengan cepat setiap saat.

Bahkan di luar jam operasional, chatbot tetap dapat membantu pelanggan dalam proses transaksi jual beli. Kamu dapat menggunakan Chatbot untuk memberikan semua jawaban FAQ (pertanyaan yang sering di tanyakan) oleh prospek/pelanggan dalam sebuah template.

Ini akan sangat membantumu menangani permintaan pelanggan otomatis. Perlu di perhatikan juga bahwa chatbot hanya bisa di dapatkan dari WhatsApp Business API. Di mana untuk menggunakannya sebaiknya bermitra dengan BSP terbaik.

9.      Kirim Siaran WhatsApp

Cara jualan online di WA kesembilan adalah dengan mengirimkan siaran berisi promosi kepada pelanggan dan prospek. Namun, kamu tidak harus sering-sering melakukan siaran karena pesan siaran yang terlalu sering akan terdeteksi sebagai spam dan akun kamu akan di blokir oleh WhatsApp.

Kamu tidak akan di blokir jika melakukan siaran dari WhatsApp Business API. Karena WhatsApp API memiliki fitur WA blast atau pengirim massal yang dapat menyebarkan pesan ke banyak nomor sekaligus dalam waktu singkat.

Selain itu, WhatsApp API hanya bisa di dapatkan dari partner resmi WhatsApp API. Jadi akun WhatsApp kamu tidak akan di banned oleh WhatsApp.

10. Membangun Hubungan Dekat dengan Pelanggan

Cara jualan online di WA yang terakhir adalah dengan memberikan kepuasan pelanggan melalui layanan pelanggan yang baik. Bangun komunikasi dengan memberikan wawasan bermanfaat terkait produkmu. Karena dengan begitu, kamu dapat menjangkau pelangganmu dengan mudah

Kesimpulan

Cara jualan online di WA pun bisa di lakukan dengan konsisten, di mana kamu terus melakukan semua strategi pemasaran sesuai jalurnya. Namun, jika kamu menemui hambatan dalam perjalanan, segera identifikasi dan perbaiki.

Demikian penje;asaan 10 cara jualan online di WA ini kami sampaikan. Bagi kamu yang tertarik dengan untuk mencobanya, maka kamu bisa menggunakan cara yang telah Dewabiz ini sampaikan.

Baca Juga