fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PengetahuanUmum

Apa Saja Jenis Tabungan yang Wajib Dimiliki?

Yanti puspita

Sebelun mengetahui apa saja jenis tabungan yang wajib dimiliki terlebih dahulu kamu harus mengetahui pengertian dari tabungan. Tabungan adalah simpanan uang yang berasal dari penghasilan kita yang tidak kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau kepentingan lainnya.

Tabungan berupa uang yang di simpanan dan dapat kita gunakan kapan saja tanpa terikat perjanjian atau waktu. Pada artikel kali ini kita akan menjelaskan kali ini kita akan menjelaskan kepada kamu tentang apa saja jenis tabungan yang wajib di miliki.

Jenis Tabungan yang Wajib Dimiliki

Jenis tabungan yang wajib dimiliki adalah sesuatu yang harus kita ketahui. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam menyimpan uang. Bagi kamu yang ingin mengetahui jenis tabungan lain yang sebaiknya di miliki untuk masa depan, maka kamu bisa membaca pembahasannya di bawah ini.

·         Tabungan untuk Dana Darurat

Jenis tabungan yang wajib dimiliki pertama adalah menabung untuk dana darurat. Jika terjadi hal yang tidak di inginkan, dana dapat di gunakan. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir untuk memiliki persiapan finansial terbaik.

Mengapa dana darurat itu penting? Sebab, kita tidak bisa memprediksi sepenuhnya apa yang akan terjadi di masa depan. Mirip dengan asuransi, namun berbentuk tabungan. Misalnya saja terjadi kecelakaan yang memerlukan biaya besar.

Tentu saja kondisi ini akan menimbulkan banyak tekanan, jika kamu tidak memiliki dana darurat. Namun, dengan penghematan ini, situasi penting dapat di selesaikan dengan lebih baik. Kamu bisa bangun lebih mudah karena sudah siap secara finansial.

Apakah kamu memiliki dana darurat? Jika tidak, mulailah memikirkannya. Bahkan konsultan keuangan menyarankan agar persentase yang cukup besar di alokasikan untuk dana darurat dari total gaji.

·         Tabungan Hari Tua

Tidak semua orang bekerja sebagai ASN dan menerima tunjangan hari tua atau pensiun. Oleh karena itu, sebaiknya kamu juga memiliki tabungan hari tua mulai dari sekarang. Dengan begitu, kamu bisa lebih menikmati masa tua tanpa beban finansial.

Tentu tidak ada seorang pun yang ingin menghabiskan masa tuanya dengan mengkhawatirkan keuangannya. Secara khusus, memiliki keterampilan dan kemampuan yang terbatas akan mempersulit perolehan uang.

Mulailah menyisihkan sebagian gaji untuk hari tua agar setelah pensiun kamu tidak mengalami masalah keuangan lagi. Dan bebas melakukan apapun yang kamku suka.

·         Tabungan untuk Kebutuhan Berkelanjutan

Kebutuhan akan tabungan berkelanjutan sering kali di abaikan. Padahal peran tersebut penting dalam menjaga stabilitas keuangan. Misalnya asuransi, cicilan, dana mudik lebaran atau natal. Meski terdengar sederhana, namun nominal dana yang di keluarkan tidak sedikit.

Untuk itu harus di siapkan dalam bentuk tabungan. Misalnya, sisihkan 5% dari total gaji bulananmu. Dengan begitu, dana sehari-hari tidak akan terganggu jika ingin kebutuhannya berkelanjutan. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari krisis akhir bulan dengan tabungan ini.

·         Tabungan Jangka Pendek

Kamu juga harus memikirkan tabungan jangka pendek. Jika kamu ingin memberi reward pada diri sendiri, maka tabungan jenis ini paling cocok. Penghematan terikat pada jangka waktu, dan alokasi persentasenya fleksibel.

Misalnya saja kamu ingin jalan-jalan ke luar negeri. Jadi, mulailah mempersiapkan tabungan jangka pendek. Kemudian masukkan gaji bulananmu ke dalam tabungan, sesuai dengan jumlah nominal yang di butuhkan.

Tabungan ini harus kamu miliki, selain untuk memberi hadiah, juga membantu membatasi pemborosan. Jadi, kamu akan lebih cenderung menabung jika mau, di bandingkan membeli tanpa memikirkan keadaan keuangan di masa depan.

·         Tabungan untuk Kebutuhan Bulanan

Jenis tabungan yang wajib dimiliki berikutnya adalah menyiapkan dana untuk kebutuhan bulanan. Seperti membeli material rumah, membayar listrik, air, dll. Semuanya harus di persiapkan dengan matang.

Tabungan jenis ini di sebut dana dasar. Jadi, gajimu di prioritaskan untuk tabungan tersebut. Buatlah perhitungan optimal mengenai kebutuhan pokok yang harus di laksanakan setiap bulannya.

·         Tabungan Pendidikan

Biaya pendidikan semakin lama semakin mahal, sehingga tidak ada salahnya menabung untuk pendidikan masa depanmu. Pendidikan semakin mahal, di tambah lagi inflasi yang meningkat, sehingga penting untuk mempersiapkan tabungan pendidikan dengan baik.

Ada baiknya bagi orang tua untuk mulai menyisihkan sebagian penghasilannya untuk tabungan anak. Tidak ada rasio pasti, tapi ini lebih baik daripada tidak sama sekali. Apalagi jika orang tua menginginkan pendidikan terbaik untuk mempersiapkan anaknya menghadapi zaman modern.

Beberapa Manfaat Menabung

Setelah mengetahui apa saja jenis tabungan yang wajib dimiliki. Maka selnjutnya kamu juga harus mengetahui beberapa manfaat menabung.

Setiap orang menabung karena alasan yang berbeda-beda, namun memiliki tabungan umumnya akan menguntungkanmu di masa depan. Baik untuk menghadapi kesulitan atau membeli sesuatu yang di inginkan, berikut beberapa manfaat menabung yang bisa kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

§  Dana Darurat

Pandemi Covid-19 adalah contoh terbaik mengapa kamu harus menabung sejak dini. Hal ini menandakan bahwa akan ada kemungkinan terjadi sesuatu yang tidak terduga dan mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang lebih banyak saat kamu tidak mempunyai banyak uang.

Di saat seperti ini kamu bisa memanfaatkan dana darurat. Dana darurat juga dapat membantu kamu menutupi biaya pengobatan tak terduga yang mungkin terjadi meskipun kamu memiliki asuransi kesehatan.

§  Simpan Jika Kehilangan Pekerjaan

Jika kamu kehilangan pekerjaan, maka akan sangat bersyukur karena telah menyisihkan sejumlah besar uang untuk di tabung. Tabungan ini akan berguna untuk menunjang biaya hidupmu sampai menemukan pekerjaan baru yang tidak dapat di prediksi.

§  Kamu Akan Lebih Cepat Mandiri Secara Finansial

Jika kamu tidak menyukai dukungan orang tua, menjadi mandiri secara finansial adalah pilihan yang tepat bagi kebanyakan orang dewasa. Jadi, kamu tidak perlu lagi bergantung pada siapa pun, sehingga kamu memiliki kendali penuh atas uangmu.

Dengan menabung sejak dini, kamu dapat mencapai tujuan. Karena tabunganmu dapat di gunakan untuk membeli properti atau aset.

§  Cicilan Rumah

Saat ini sudah banyak program yang memberikan cicilan untuk membeli rumah. Meski berbeda syarat dan ketentuan, namun mayoritas memiliki satu kesamaan, yaitu DP dan tabungan harus stabil.

Oleh karena itu, uang muka akan lebih cepat terpenuhi jika kamu menabung sejak dini. Ini berarti kamu dapat merencanakan untuk memiliki tempat tinggal sendiri lebih cepat

§  Kebutuhan liburan

Akui bahwa pekerjaan adalah aktivitas yang membuat stres. Setelah seharian bekerja, kamu layak menghilangkan stres dan penat dengan berlibur. Tujuan liburan kamu, bisa terlaksana dengan baik jika kmu menabung sejak awal. Dengan menabung, kamu bisa memastikan bahwa kamu memiliki cukup uang untuk liburan.

Penutup

Tabungan seperti inilah yang sebaiknya kamu miliki bagi yang baru bekerja. Sebenarnya, kamu tidak harus memiliki semua jenis tabungan dalam satu waktu. Itu semua tergantung pada kebutuhan dan prioritasmu. Jadi kamu bebas memilih jenis tabungan yang menjadi prioritasmu.

Demikian penjelasan dari kami tentang apa saja jenis tabungan yang wajib dimiliki dan beberapa manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga