fbpx

Jenis-jenis VPS (Virtual Private Server) dan Penggunaanya

Saat ini, adalah pilihan yang paling tepat. Daripada layanan shared , kestabilan dan keamanan yang menggunakan VPS jauh lebih baik. Jenis-jenis VPS juga ada banyak, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Apa saja jenis-jenis VPS? Anda dapat menemukan jawabannya di ini lengkap beserta penjelasan dan penggunaannya.

Jenis-jenis VPS

jenis-jenis vps

Untuk mengetahui sebaiknya memilih VPS dengan jenis apa, berikut jenis-jenis VPS di masa sekarang yang sebaiknya Anda ketahui lengkap beserta penggunaannya.

1. OpenVz

Jenis VPS ini banyak Anda temukan di pasaran, khususnya untuk penggunaan OS yang bekerja pada server shared kernel.

Daripada jenis VPS lain, OpenVz memiliki penggunaan resource yang lebih rendah. Ini menyebabkan harganya pun lebih mahal. Namun, justru hal inilah yang membuat beban kerja server terlalu banyak dan performa VPS menjadi rendah.

Sayangnya, hanya OS Linux saja yang bisa menggunakan OpenVz. Bagi pengguna Windows sebaiknya memilih jenis VPS yang lain.

2. Microsoft Hyper V

Sesuai dengan namanya, jenis VPS ini mendukung sistem operasi berbasis Windows. Kelebihan VPS jenis ini yaitu seluruh panelnya sudah menggunakan GUI, sehingga mudah untuk digunakan. 

Namun, biayanya jauh lebih mahal dari OpenVz (VPS berbasis Linux). Sebab, di sini Anda perlu biaya untuk membeli lisensi Windows. Meski begitu, VPS Hyper V menjadi pilihan terbaik dibanding shared hosting. 

VPS dengan jenis ini mampu untuk mengemulasi lingkungan dari hosting secara khusus sehingga pengalokasian sumber daya sistem dapat terbagi rata di masing-masing .

Meskipun mendukung sistem operasi Windows, Anda juga bisa menggunakan operasi lain selain Windows. Seperti misalnya BSD, Linux, atau Solaris. 

Baca Juga :  4 Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen & Lupa Password

Ini menjadi pilihan yang tepat bagi para yang menginginkan seluruh mesin virtualnya dapat dikelola dalam satu tempat.

3. KVM

Jika Anda sedang mencari server yang memiliki kemampuan penuh, sebaiknya pilih VPS jenis KVM. VPS dengan jenis ini juga memiliki kontrol yang lebih lengkap dari OpenVz.

KVM atau Kernel Based Virtual Machine memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan terhubung dengan hardware tanpa harus menggunakan sistem operasi. 

Kelebihan inilah yang menyebabkan banyak pengguna lebih memilih KVM daripada OpenVz.

4. Xen HVM

Dari segi eksistensi, HVM merupakan yang paling populer di dan menjadi ketiga terbesar. HVM atau Hardware Virtual Machine memiliki virtualisasi yang berada di tingkat kernel. 

Ini hampir serupa dengan jenis VPS KVM. Keduanya sama-sama memberi pengguna kebebasan secara penuh terkait virtualisasi hardware dan mendapat dukungan dari perusahaan Xen.

Fitur-fitur pada HVM sangat cocok jika Anda pakai untuk toko online atau -website besar yang memerlukan kemampuan server mumpuni. Kelebihannya, jenis VPS ini bisa untuk sistem operasi Windows.

Tips Memilih VPS Terbaik

jenis-jenis VPS di masa sekarang

Mengetahui jenis-jenisnya saja tidak cukup jika Anda ingin mendapatkan VPS terbaik yang cocok dengan kebutuhan Anda. Maka dari itu, berikut adalah tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih VPS terbaik.

  1. Pertimbangkan kecepatan server dan bandwidth
  2. Sesuaikan jenis VPS dengan kebutuhan dari visitor
  3. Perhatikan keamanan
  4. Pertimbangkan teknologi dan resource
  5. Perhatikan kualitas hardware

Nah, jika Anda ingin berkeinginan untuk menggunakan layanan VPS tapi masih bingung harus ke mana, ada rekomendasi layanan VPS terbaik dari DewaBiz. Harganya murah dan resource yang bisa Anda terima tinggi.Namun, perlu Anda ingat, selalu perhatikan jenis-jenis VPS sebelum Anda membelinya. Jika operasi sistem Anda Windows, sebaiknya jangan gunakan OpenVz. Pilihlah Xen HVM atau Hyper V.

Baca Juga :  Cara Cek Lokasi Server Website yang Aman dan Mudah