fbpx

Jenis Aplikasi Server yang Populer di Pasaran, Wajib Tahu!

pada internet punya jenis yang beragam dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Untuk Anda yang sedang membutuhkan ini, ada beberapa jenis aplikasi server yang sudah cukup populer di pasaran.

Jenis Aplikasi Server Populer Saat Ini

jenis aplikasi server

Berikut beberapa jenis aplikasi server yang beredar di pasaran dan sudah digunakan banyak pengguna.

1. Web Server

Jenis aplikasi server komputer pertama yang sudah populer beredar di pasaran adalah Web Server. Anda bisa mengakses aplikasi ini melalui web browser di komputer.

Cara kerja server ini adalah dengan memberikan layanan permintaan melalui protocol https atau di PC Anda.

Dalam hal ini, web server akan mengirim permintaan melalui browser, bisa dalam bentuk , gambar, atau tulisan saja.  

2. Fax Server

Satu lagi jenis aplikasi server yang bisa Anda pilih adalah Fax Server. Sesuai namanya, cara kerja software ini adalah bekerja dengan perangkat mesin facsimile.

Secara spesifik, fax server dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan fax untuk komputer klien. Jenis software server ini cukup banyak digunakan karena lebih praktis.

Dengan kata lain, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda sudah bisa melakukan kegiatan penerimaan dan pengiriman fax melalui server.

3. Mail Server

Selanjutnya, ada mail server yang bisa Anda gunakan untuk mendukung Anda. Jika Anda lebih banyak berurusan dengan administrasi surat menyurat, menggunakan aplikasi ini cukup recommended.

Mail server dilengkapi web interface yang berfungsi mengorganisir atau menulis surat. Ini salah satu layanan pendukung dan termasuk salah satu kelebihan dari mail server.

Baca Juga :  Tentang Alamat IP khusus vs. alamat IP yang Perlu Diketahui!

Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan surat yang akan dikirim, karena aplikasi ini memiliki fitur khusus untuk menyimpan surat-surat tersebut.

4. FTP Server

File Transfer Protocol (FTP) merupakan salah satu jenis aplikasi server website yang dimanfaatkan oleh para pengguna untuk melakukan data transfer dalam server jaringan di internet.

Saat ini, server ini lebih banyak digunakan untuk mengunggah atau mengunduh file, baik dari maupun ke server.

Di pasaran, beberapa aplikasi server yang sudah cukup populer untuk FTP, antara lain WU-FTPD, VSFTPD, FTPD, dll.

5. Database Server

Pilihan yang lain adalah database server. Untuk Anda yang punya pekerjaan mengolah data (data processing) dalam jaringan komputer, database server adalah pilihan yang tepat.

Tipe aplikasi server yang satu ini tidak hanya untuk keperluan data processing namun juga untuk mengatur sekaligus menyimpan data.

Beberapa pekerjaan yang bisa menggunakan database server, seperti insert, delete, update, dll. Sedangkan untuk pilihan jenisnya, bisa Oracle Database, MySQL Database, dll.

4. Proxy Server

Salah satu fungsi utama adalah mempercepat akses internet. Dengan adanya proxy ini, website yang pernah Anda buka akan lebih mudah diakses.

Fungsi yang lain, mengatur sinyal, memblokir -situs terlarang, menangkal virus berbahaya ke jaringan, dll. Boleh dibilang, Proxy server berperan untuk mempercepat performa situs internet.

Untuk Anda yang ingin menggunakan jenis aplikasi server ini, ada dua pilihan model di pasaran, yakni  Transparents Proxy dan Nontransparent Proxy.

5. Virtual Private Network

Dalam dunia internet, jenis aplikasi server ini lebih dikenal dengan . Banyak orang menggunakan software ini karena alasan efisiensi. VPN memungkinkan pengguna dapat memangkas biaya operasional.

Baca Juga :  Apa itu VPS? Pengertian,Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Selain hemat biaya, cara kerja VPN juga tergolong sederhana. Anda hanya butuh Internet Service Provider (ISP) untuk bisa terhubung dengan internet pribadi.

Dengan dilengkapi teknologi tunneling dan enkripsi, Anda bisa menghubungkan jaringan meski punya tipe segmen yang berbeda.

Itulah 7 jenis aplikasi server yang bisa Anda pilih. Bagi yang membutuhkan aplikasi server untuk keperluan jaringan website, bisa menghubungi DewaBiz untuk akses internet yang tanpa batas.