fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

JavaScript untuk Desain Web serta Kelebihan dan Kekurangannya

Wiliam

Artikel ini membahas pro dan kontra menggunakan JavaScript untuk Desain Web Anda. Ini menunjukkan area di mana JavaScript menonjol sebagai bahasa pemrograman web, dan juga menjelaskan situasi di mana penggunaannya benar-benar dapat mengurangi kinerja situs web.

Pertama, JavaScript untuk Desain Web adalah bahasa pemrograman browser yang benar-benar bekerja di sisi klien. Ini berarti bahwa kode apa pun yang Anda tulis dalam JavaScript disertakan dengan halaman web Anda, dan skrip yang Anda tulis benar-benar berjalan di dalam browser pengguna, tidak langsung di server yang melayani halaman web.

Apa Fungsi JavaScript untuk Desain Web?

Ada kasus ketika JavaScript adalah solusi ideal untuk menerapkan fungsi murni dalam desain web, tetapi ada juga kasus ketika penggunaan JavaScript dapat berdampak negatif pada kinerja situs web Anda.

Dalam artikel ini, tujuan saya adalah menjelaskan cara terbaik menggunakan JavaScript dan cara mengatasi kekurangan menggunakan bahasa skrip universal dan kuat ini. JavaScript untuk Desain Web telah ada selama seperempat abad.

Istilah ini mengesankan untuk teknologi semacam itu. Selama waktu ini, JavaScript untuk Desain Web telah berjalan jauh dan telah menjadi alat yang ampuh dalam industri TI. Menurut tingkat kepopulerannya, bahasa itu ada di kelompok pemimpin.

Pada saat yang sama, itu dianggap dapat diakses untuk pengembangan, ramah untuk pemula. Mari kita pertimbangkan keuntungan utamanya.

1. JavaScript untuk Desain Web adalah bahasa pemrograman scripting dinamis tingkat tinggi

Hal ini tentang mendukung gaya fungsional, imperatif, dan didorong oleh peristiwa. Paling sering, bahasa ini digunakan untuk membuat halaman web dan aplikasi interaktif. Minat yang tinggi secara konsisten pada Javascript dikonfirmasi oleh peringkat internasional khusus. Indeks ini adalah data analitik berdasarkan:

  1. Pertanyaan tentang bahasa pemrograman di mesin pencari;
  2. Pertanyaan di forum profesional;
  3. Proyek yang dilaksanakan dengan menggunakan teknologi tertentu;
  4. Lowongan untuk programmer dari agen perekrutan terbesar.

JavaScript untuk Desain Web populer bukan karena kebetulan, tetapi karena manfaatnya yang tidak diragukan lagi dan penting untuk pengembangan web. Dukungan skrip untuk semua browser populer dengan Integrasi penuh dengan tata letak halaman (HTML+CSS) dan sisi server (backend).

2. Kesederhanaan dan rasionalitas aplikasi

Masalah sederhana dapat diselesaikan dalam 5 menit, tidak perlu melakukan pekerjaan ekstra. Untuk tugas yang kompleks, ada solusi, Anda dapat memilih yang terbaik, menyesuaikannya.

3. Kecepatan dan kinerja kerja

JavaScript untuk Desain Web memungkinkan Anda untuk memproses sebagian halaman web di komputer pengguna tanpa permintaan ke server. Ini menghemat waktu dan lalu lintas, mengurangi beban di server.

4. Kenyamanan antarmuka pengguna

Mengisi formulir, memilih tindakan, mengaktifkan tombol, memvalidasi input, menanggapi gerakan/klik mouse, dll. Ini memberikan tingkat kegunaan yang luar biasa.

5. Infrastruktur yang kuat (ekosistem)

Selama 10 tahun pertama, ini tidak terjadi. Kemudian jumlah solusi siap pakai di domain publik meningkat pesat sehingga bekerja dengan Javascript dan kerangka kerjanya menjadi menyenangkan.

6. Kemudahan pengembangan

Mungkin ini masalah kebiasaan. Pada awalnya, kodenya mungkin tampak rumit, tetapi Anda dengan cepat terbiasa dengan sintaks dan logikanya. Tampilan tindakan jelas menambah antusiasme.

7. JavaScript solusi yang sangat baik untuk memeriksa formulir klien

Ini berarti bahwa jika pengguna lupa, misalnya, untuk memasukkan namanya dalam formulir, fungsi verifikasi JavaScript dapat menampilkan pesan yang memberitahukan kelalaian tersebut. Ini adalah solusi yang jauh lebih baik untuk prosedur verifikasi sisi server untuk pemrosesan kesalahan, karena server tidak memerlukan pemrosesan tambahan.

Untuk melakukan tugas yang sama, Anda dapat menulis subprogram di asp atau php, tetapi JavaScript tidak akan mengizinkan Anda mengirim formulir jika tidak diisi dengan benar, yang merupakan solusi yang jauh lebih kuat.

Lalu, Apa Kelemahan JavaScript untuk Desain Web?

Salah satu kelemahan utama menggunakan JavaScript untuk Desain Web adalah sangat merusak halaman web. Kode JavaScript dapat dengan cepat menambahkan ratusan baris kode jika Anda menggunakannya untuk sesuatu yang menarik.

Namun, masalah dengan fragmen besar kode JavaScript mudah diselesaikan dengan menyimpan kode JavaScript di file sumber JavaScript terpisah dengan ekstensi JS. Ini membersihkan kode halaman web Anda, karena kode JavaScript disimpan pada halaman HTML terpisah, sehingga halaman web menjadi lebih bersih dan mudah dibaca.

Seperti bahasa pemrograman lainnya, Javascript memiliki beberapa kelemahan di antaranya:

1. Tidak ada kemampuan untuk membaca dan mengunduh file

Ini adalah batasan fungsionalitas sisi klien. Alasan utamanya adalah pertimbangan keamanan.

2. Tidak ada dukungan untuk akses jarak jauh

Oleh karena itu, bahasa tersebut tidak dapat digunakan untuk aplikasi jaringan. Untuk ini, Javascript bahkan tidak dianggap sebagai bahasa pemrograman yang lengkap.

3. Pengetikan tidak ketat dan interpretasi gratis

Bahasa mengabaikan inkonsistensi yang jelas. Ada interpretasi yang berbeda dari data. Tidak ada kemungkinan deteksi dini kesalahan. Semua kekurangan sudah diidentifikasi pada tahap pekerjaan.

4. Ketersediaan untuk penyerang

Dalam bahasa scripting gratis, cara termudah adalah dengan menyematkan sepotong kode berbahaya yang dapat membahayakan pengguna. Harapan hanya untuk antivirus dan firewall. Itulah ulasan mengenai JavaScript untuk Desain Web serta Kelebihan dan Kekurangannya, sekian dan terimakasih.

Baca Juga