fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Jangan Salah Mengartikan, Inilah Perbedaan Blog, Blogging Dan Blogger

Wiliam

Sebelum Bizzie mulai berblogging ria, ada beberapa istilah yang harus Bizzie bedakan antara lain perbedaan blog, blogging dan blogger. Ketiga istilah terlihat serupa tapi tak sama, karena memang semuanya artinya berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya sudah tentu melalui pengertian dari masing-masing istilah ini.

Jika Bizzie memang seseorang yang dekat dengan dunia blog, pasti mengetahui arti dari masing-masing kata itu dan bisa menjelaskan perbedaan blog, blogging dan blogging tersebut.

Pengertian Blog, Blogging dan Blogger

Menjabarkan pengertian istilah ini, artinya Bizzie memang bisa mencari perbedaan blog, blogging dan blogger. Dimulai dari blog adalah sebuah media online berupa website pribadi yang berisi berbagai macam konten baik artikel, foto maupun video yang dikelola oleh seseorang atau kelompok.

Blog juga bisa diartikan sebagai platform yang dimanfaatkan oleh seorang penulis yang ingin berbagi pbizziengan, opini, pengalaman dan ilmu yang dimiliki sesuai bidangnya. Aplikasi web dalam bentuk tulisan dan foto ini bisa berkembang sesuai manfaat dan tujuannya.

Blogger adalah seseorang yang bertindak melakukan blogging atau mengelola blog sesuai dengan aturan dan konten yang dipilih. Sedangkan, untuk blogging dapat diketahui dengan jelas merupakan kegiatan yang dilakukan seorang blogger dalam mengisi konten sebuah blog tadi.

Setelah menyimak masing-masing artinya, dapat diketahui perbedaan blog, blogging dan blogger tadi antara lain:

1. Berdasarkan Arti

Perbedaan berdasarkan arti ini sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa blog adalah media tempat melakukannya. Sedangkan, blogging adalah kegiatan yang berlangsung yaitu mengisi konten-konten pada media blog tadi dan blogger adalah pelakunya yang mengelola aplikasi blog tersebut.

2. Berdasarkan Fungsi

Mengetahui perbedaan blog, blogging dan blogger berdasarkan fungsi dan manfaatnya, blog memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai brand awareness, media promosi dan juga tampilan informasi teraktual 

Sedangkan, fungsi dari blogging yang mana merupakan kegiatan dalam mengelola blog adalah bisa mengasah kemampuan menulis, dapat mengembangkan bisnis, dapat berbagi dan bertukar informasi dan pengetahuan dan banyak lagi.

Lain halnya dengan menjadi seorang blogger, yang berfungsi bisa menjadikan seseorang menjadi lebih populer, bisa mendapatkan penghasilan atau keuntungan yang besar dan juga menyalurkan hobi dengan cara menyenangkan.

Cara Mendapatkan Uang Dengan Menjadi Blogger

Jika Bizzie sudah memahami mengenai apa perbedaan blog, blogging dan blogger serta pengertian masing-masingnya, perlu Bizzie ketahui juga manfaat dari melakukan blogging yaitu mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit. Namun, cara terbaik mendapatkan uang dengan menjadi seorang blogger adalah melalui cara:

1. Melakukan Riset

Sebelum melakukan sesuatu, tentunya diperlukan adanya survey atau riset terlebih dulu. Begitupun dengan menulis blog, karena Bizzie harus melakukan survey tren apa yang sedang banyak diminati dan apa yang menjadi kemampuan Bizzie terkait dalam hal menjadi blogger.

2. Menentukan Topik

Menentukan tema atau topik dari konten blog merupakan hal yang utama dan sangat berpengaruh. Karena, akan menentukan siapa pengunjung setia yang akan selalu hadir melihat konten blog Bizzie yang memang menjadi sasaran pembaca Bizzie sendiri.

Menentukan tema atau topik pun tidak boleh sembarangan, selain sesuai dengan tren yang sedang berkembang juga disesuaikan dengan kemampuan dan passion Bizzie dalam menjalaninya. Jika tidak terlalu mengada-ngada dalam konten tentunya akan bisa menghasilkan uang dengan cara apapun.

3. Merancang Struktur Konten

Perbedaan blog, blogging dan blogger cukup sederhana, tapi dalam menjalani kegiatan blogging maka seorang blogger tidak hanya harus mengisi konten dan menentukan topik yang tepat agar sesuai dengan yang banyak dicari masyarakat. Tetapi juga harus merancang struktur konten tersebut setelah semuanya didapat.

Karena, jika tidak terstruktur maka isi dan konten blog akan tidak terarah dan tidak menarik untuk dilihat dan dikunjungi. Bagaimana mau menghasilkan jika isinya tidak menarik. Struktur membuat blog yang harus diketahui diantaranya adalah beberapa istilah di bawah ini:

  • Navbar

Navbar adalah bagian penting dari struktur blog yang berfungsi user memilih kontennya serta memudahkan kebutuhan navigasi seorang blogger.

  • Header

Istilah kedua adalah header, yaitu berfungsi sebagai tempat membuat judul, deskripsi dan menu blog pada halaman artikel yang Bizzie buat.

  • Main Blog

Selanjutnya adalah main blog atau blog utama, yaitu isi utama sebuah blog dimana merupakan informasi yang sedang dibagikan dengan bantuan gambar, video, link yang dibutuhkan.

  • Side Bar

Masih ada sidebar yang berfungsi membuat artikel terbaru sebagai rekomendasi, terkait pada halaman blog utama.

  • Footer

Terakhir adalah footer, yaitu informasi seputar penulis atau si blogger, kontak penulis serta form untuk menuliskan alamat email.

4. Menggunakan Teknik SEO

Setelah berkutat dengan tema dan struktur konten serta menjalani riset yang dibutuhkan, maka saatnya Bizzie juga memikirkan teknik dalam menulisnya. Dimana teknik terbaik dalam menulis blog agar bisa menghasilkan uang adalah menggunakan teknik SEO.

Dengan menggunakan teknik ini, Bizzie bisa menjadi nomor satu atau pencapaian tertinggi saat digunakan sistem pencarian dengan kata kunci. Itulah yang membuat Bizzie bisa dicari banyak orang jika bisa mencapai hal tersebut.

5. Konsisten Menulis Artikel

Hal terakhir yang sepele tapi tidak boleh dianggap sepele saat memutuskan untuk menjadi blogger dan melakukan blogging adalah rutin dan konsisten dalam menulis artikel. Untuk mendapatkan sebuah keuntungan yang maksimal tentunya harus diimbangi dengan perbuatan yang sepadan.

Jika Bizzie tidak rutin dalam mengisi blog, tentunya blog tersebut makin lama akan makin berkurang pengunjungnya. Jelas saja hal tersebut akan mengakibatkan sesuatu yang sangat tidak menguntungkan, begitupun sebaliknya.

Jika dijabarkan secara detail seperti di atas, tentunya Bizzie lebih mudah memahami perbedaan blog, blogging dan blogger yang terbentuk. Dengan begitu, Bizzie pun juga lebih menguasai kegiatan menjadi blogger ini.

Baca Juga