fbpx

9 Istilah dalam Web Hosting yang Wajib Diketahui

Saat ini teknologi dalam operasional dan pembuatan web semakin berkembang. Bahkan, jumlah pengguna atau pelaku baru yang berminat membuat sebuah situs web juga semakin meningkat. Namun ketika hendak berkecimpung di hal tersebut, maka akan bertemu dengan berbagai istilah baru.

Banyak sekali istilah dalam web . Istilah-istilah ini juga tak jarang yang berasal dari serapan bahasa asing dengan kata-kata yang kurang populer. Ada pula istilah yang merupakan sebuah singkatan. Tak jarang, banyaknya istilah ini membingungkan. Terlebih lagi bagi para pemula yang masih awam.

Istilah-istilah Penting dalam Web Hosting

Istilah dalam Web Hosting

Bagi Anda yang hendak mendalami dunia web hosting atau hendak membuat web, maka simak ini. Tujuannya agar pengetahuan Anda terkait web hosting bisa bertambah dan dapat memahami berbagai istilah lain. 

1. Web

Pertama-tama, mari kita mulai dari sebuah istilah yang benar-benar sangat mendasar dalam dunia pembuatan web. Web atau website sendiri merupakan laman yang dapat diakses melalui web

2. Hosting/Web hosting

Selanjutnya adalah istilah dalam website hosting yang juga masih menjadi dasar, yaitu hosting. Berasal dari kata host yang artinya adalah rumah atau tuan rumah. 

Web hosting adalah sebuah layanan yang berguna untuk penyimpanan dan pertukaran data agar operasional web bisa berjalan optimal. Ibaratnya seperti sebuah rumah. Layanan hosting biasanya menyediakan berbagai server dengan berbagai jenis dan spesifikasi. Sesuai dengan kebutuhan para .

Baca Juga :  Mengenal Istilah Tier Data Center dan Klasifikasinya

3. Bandwidth

Bandwidth bisa Anda pahami sebagai kapasitas atau volume maksimal dari sebuah data yang bisa ditransferkan antara situs, server, dan pengguna. Satuan untuk penghitungan bandwidth adalah Byte per second. Misalnya 10 MB/s, 100 MB/s, 1 GB/s. Semakin besar bandwidth, maka semakin cepat pula proses transfer datanya.

4. Shared Hosting

Istilah hosting yang satu ini kerap ditemukan pada opsi penyewaan layanan hosting. Shared hosting adalah sebuah layanan hosting dengan sistem penggunaan bersama. Jadi, dalam satu server, ada banyak penggunanya. 

5. VPS

kepanjangannya adalah Virtual Private Server. Dalam bahasa Indonesia, artinya adalah server yang penggunaannya diserahkan secara pribadi. Artinya, pengguna pemakai layanan ini adalah pemilik yang  dapat melakukan kontrol secara penuh pada server yang dimilikinya.

Biasanya, salah satu layanan hosting server yang umum adalah shared hosting. Dengan sifatnya yang eksklusif dan tidak berbagi dengan yang lain, maka VPS unggul dari segi kecepatan.

6. Disk Space

Disk berarti penyimpanan, sedangkan space adalah ruang kosong, sehingga disk space dapat Anda artikan sebagai ruang kosong. Disk space juga merupakan ruang penyimpanan untuk berbagai data-data yang ada miliki.

Dalam layanan hosting, jumlah ini biasanya menyesuaikan dengan paket yang Anda ambil, sehingga bila ingin space yang lebih besar, maka perlu biaya lebih.

7. CMS (Content Management System)

CMS merupakan produk layanan yang memungkinkan pengguna dapat membuat sebuah web dengan mudah. Tak perlu keahlian khusus untuk programming. Salah satu contoh CMS adalah WordPress.

8. Uptime Server

Dalam operasional server, hal ini termasuk penting. adalah sebuah waktu yang dibutuhkan untuk server benar-benar berjalan. 

9. Parked Domain dan Addon Domain

Addon domain adalah sebuah fitur dari suatu layanan hosting yang memungkinkan pengguna bisa menambahkan banyak domain. Sementara merupakan fitur untuk untuk membuat sebuah domain baru yang dapat mengarahkan ke domain utama (redirect)

Baca Juga :  Apa itu Wirausaha? Pengertian dan Kelebihannya

Itu dia 9 istilah dalam web hosting yang harus kamu ketahui. Selain itu, masih banyak istilah-istilah lain yang juga tak kalah penting. Namun setidaknya istilah yang artikel ini berikan bisa menjadi dasar untuk kamu memahami istilah lainnya.

Untuk membuat dan mengelola web bisnis Anda, percayakan pada DewaBiz, penyedia layanan dan berkualitas.