fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessGeneral

Inilah Perbedaan Listrik Bisnis dan Rumah Tangga

Wiliam

Listrik merupakan salah satu kebutuhan primer di dalam kehidupan bizzie saat ini. Tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan penerangan saja, tapi listrik juga digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini penggunaan listrik terus meningkat dan menjadi penting bagi kehidupan manusia. Namun, di dalam menggunakan listrik bizzie harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu dan salah satunya adalah perbedaan listrik bisnis dan rumah tangga.

Di dalam kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai perbedaan listrik bisnis dan rumah tangga. Untuk bizzie yang belum tahu perihal perbedaan listrik bisnis dan rumah tangga, maka bisa simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Perbedaan Listrik Bisnis dan Rumah Tangga

Untuk perbedaan listrik bisnis dan rumah tangga yang paling menonjol, yaitu besaran daya listrik. Pada listrik bisnis biasanya hanya membutuhkan daya listrik yang lebih besar dibandingkan listrik rumah tangga. Selain itu, penggunaan listrik bisnis ini juga lebih intensif.

Saat ini, penggunaan listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Seiring dengan meningkatnya penggunaan listrik, tentunya bizzie harus memperhatikan beberapa faktor sebagai berikut :

●      Perbedaan listrik subsidi dan non subsidi.

●      Perbedaan tarif listrik rumah tangga dan bisnis.

●  Perbedaan tarif listrik sosial bisnis dan rumah tangga.

Apa Itu Tarif Listrik Bisnis ?

Tarif listrik bisnis merupakan tarif listrik yang diberikan oleh PLN kepada pemilik bisnis dengan harga berbeda dari tarif rumah tangga. Selain itu, tarif listrik bisnis lebih mahal dibandingkan tarif listrik rumah tangga karena penggunaan yang lebih intensif.

Perbedaan Tarif Listrik Bisnis dan Rumah Tangga

Selain itu, ada juga perbedaan tarif listrik bisnis dan rumah tangga yang harus bizzie ketahui. Tarif listrik bisnis biasanya lebih mahal dibandingkan tarif listrik rumah tangga. Hal ini disebabkan oleh penggunaan listrik yang lebih intensif di bisnis.

Kenapa Ada Tarif Listrik Bisnis?

Adanya tarif listrik bisnis ini bertujuan untuk memberikan layanan listrik lebih bagi kepada para pemilik bisnis yang membutuhkan. Selain itu, tarif listrik bisnis sudah disesuaikan dengan kapasitas daya listrik yang besar karena penggunaanya sangat intensif.

Dimana Bisnis Bisa Mendapatkan Tarif Listrik Bisnis?

Untuk mendapatkan tarif listrik bisnis, maka bizzie bisa menghubungi pihak PLN terlebih dahulu. Namun, untuk bisa menggunakan tarif listrik bisnis harus membayar tarif yang lebih mahal dibandingkan listrik rumah tangga.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Tarif Listrik Bisnis

Kelebihan menggunakan tarif listrik bisnis, yaitu kapasitas daya yang lebih besar. Sehingga, sangat cocok digunakan untuk keperluan bisnis yang membutuhkan daya listrik besar dan intensif.

Sedangkan untuk kekurangan menggunakan tarif listrik bisnis, yaitu tarifnya lebih mahal daripada rumah tangga. Penggunaan listrik bisnis juga harus membayar tarif yang lebih tinggi daripada penggunaan listrik rumah tangga.

Cara Mengajukan Pemasangan Listrik Bisnis

Untuk bizzie yang ingin mengajukan pemasangan tarif listrik bisnis, maka bisa menghubungi pihak PLN dan mengajukan permohonan terlebih dahulu. Namun sebelum mengajukan permohonan, bizzie harus sudah memperhitungkan biaya yang dibutuhkan untuk membayar tarif listrik bisnis.

Manfaat Listrik Bisnis dan Rumah Tangga Di Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah paham mengenai perbedaan listrik bisnis dan rumah tangga, maka hal lain yang juga harus dipahami adalah manfaat. Ada beberapa manfaat listrik bisnis dan rumah tangga di dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

1. Sumber Penerangan

Zaman dahulu manusia hanya menggunakan api seperti obor atau atau lilin sebagai penerangan di malam hari. Akan tetapi, dengan hadirnya listrik sekarang bisa dengan mudah bizzie menyalakan lampu disaat gelap. Maka dari itu, listrik ini sangat bermanfaat karena bisa membuat manusia beraktivitas di malam hari.

2. Menyalakan Alat Elektronik

Listrik merupakan salah satu energi yang bisa digunakan untuk menyalakan alat-alat elektronik. Beberapa contoh alat elektronik yang sering digunakan di dalam sehari-hari adalah kulkas, komputer, laptop, lif dan lain-lain. Tanpa adanya listrik, maka semua alat elektronik tersebut tidak akan bisa nyala.

3. Baterai

Baterai merupakan alat untuk menyimpan listrik yang dapat digunakan sampai daya listriknya habis. Misalnya, mobil yang menggunakan baterai listrik untuk menyalakan mesinnya.

4. Industri

Gaya dan energi listrik untuk menggerakan industri ini menjadi tiang perekonomian manusia. Selain itu, mesin-mesin produksi di dalam industri bisa menyala karena adanya aliran listrik. Sebagian besar produksi di dalam industri tersebut membutuhkan listrik sebagai bahan bakarnya.

5. Transportasi

Listrik bisa dimanfaatkan untuk menjalankan transportasi listrik. Ada beberapa contoh alat transportasi yang menggunakan listrik, yaitu kereta listrik, motor listrik, mobil listrik dan lain-lain.

6. Ilmu Pengetahuan

Listrik bisa digunakan untuk mendukung pengetahuan tentang alat elektronika. Misalnya, untuk menyalakan robot. Penemuan robot tersebut banyak yang dikirimkan ke luar angkasa untuk membantu di dalam proses penelitian, seperti menjelajahi mars dan bulan. 

Seperti yang disebutkan diatas, bahwa listrik adalah energi penting di dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dibuktikan, ketika terjadi pemadaman listrik di salah satu lingkungan.

Semua aktivitas bisa terganggu. Misalnya, berbagai aktivitas yang menggunakan alat elektronik. Perlu diketahui, bahwa listrik pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday.

Penemuan listrik ini menjadi pondasi kehidupan manusia di dalam saat ini. Maka dari itu, manfaat listrik ini sangat besar. Bahkan, manusia telah berhasil membuat pembangkit listrik dari berbagai sumber sebagai berikut :

●      Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

●      Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

●      Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTB).

●  Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO).

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai perbedaan listrik bisnis dan rumah tangga. Semoga informasi diatas bisa membantu.

Baca Juga