fbpx

Inilah Penjelasan Lengkap Cara Riset Produk Dengan Google Trend

Menggunakan Google Trend untuk melakukan riset produk adalah salah satu langkah strategi dalam membangun suatu yang sukses. Terlebih lagi sekarang ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Google Trend.

Semua tool yang ada di Google Trend ini ada yang bisa digunakan secara berbayar dan gratis. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara riset produk dengan Google Trend paling lengkap sebagai berikut.

Cara Riset Produk Dengan Google Trend

Google Trend merupakan salah satu yang bisa digunakan untuk melakukan riset beberapa kata kunci. Bahkan untuk website kali ini sedang menjadi topik hangat yang sedang banyak diperbincangkan oleh kalangan masyarakat.

Pada saat bizzie menggunakan Google Trend, maka para pengguna juga bisa mencari beberapa keyword yang sedang populer. Tidak hanya itu saja, bizzie juga diberikan hasil mengenai keyword yang sering atau banyak dicari oleh kalangan masyarakat pengguna .

Selain itu, untuk keperluan riset pembuatan artikel Google Trend juga bisa digunakan untuk menyesuaikan produk dengan tren konsumsi di tengah kehidupan masyarakat. Maka dari itu, bizzie harus mengetahui cara riset produk dengan Google Trend supaya bisa dijadikan bekal strategi .

Ada beberapa cara riset produk dengan Google Trend yang harus dilakukan oleh kalangan masyarakat. Untuk beberapa cara atau langkah yang perlu dilakukan adalah:

1. Membuka Situs Google Trend

Cara riset produk dengan Google Trend yang paling pertama dilakukan adalah dengan membuka situsnya terlebih dahulu. Pada saat bizzie sudah berada di halaman utama langsung diberikan tulisan “temukan apa yang dicari dunia”.

2. Melakukan Perubahan Lokasi

Cara kedua yang bisa bizzie lakukan adalah merubah lokasi. Untuk bizzie yang ingin merubah lokasi bisa memilih menu yang berada di pojok kanan atas. Pilih saja lokasi negara sesuai dengan tempat tinggal.

Ketika kamu tinggal di Indonesia bisa memilih Negara Indonesia. Setelah bizzie memilih akan diberikan tulisan “apa saja yang di di Indonesia”. Ketika bizzie ingin mengetahui apa saja yang sedang trending di negara tersebut akan muncul semua.

Baca Juga :  5 Jenis Layanan Hosting serta Kelebihan dan Kekurangannya Masing-masing

Paling terpenting bizzie memilih salah satu negara sesuai dengan yang bizzie butuhkan. Hal tersebut juga harus diperhatikan, karena semua hasil pencarian juga berdasarkan dengan negara yang dipilih.

3. Menuliskan Kata Pencarian

Setelah bizzie memilih negara sesuai dengan keinginan. Maka, untuk cara riset produk dengan Google Trend selanjutnya adalah memasukkan kata pencarian yang ingin bizzie ketahui.

Masukkan saja satu kata yang detail dan juga jelas. Contohnya ketika bizzie ingin mencari suatu produk yang ramai di tahun ini. Untuk keyword atau kata kunci yang bisa bizzie tuliskan pada kolom tersebut adalah “Fashion 2022”.

Setelah itu, bizzie bisa langsung menekan tombol enter. Tunggu sampai dengan beberapa saat dan sampai muncul grafik tren pengguna dari kata kunci fashion di satu tahun terakhir.

Di cara riset produk dengan Google Trend kali ini bizzie juga bisa mengatur rentang waktu pencarian yang diinginkan. Untuk menu yang bisa bizzie pilih adalah custome time range di bagian paling atas.

Tidak hanya grafik saja yang ditampilkan pada menu tersebut, akan tetapi di bagian bawahnya juga ditemukan beberapa pembagian ketertarikan dari para pengguna. Kemudian di bagian paling bawah akan ada keyword yang related topic.

Untuk keyword yang related topic ini sangat penting dan banyak dicari oleh kalangan pengguna Google Trend. Para pengguna juga akan diberikan beberapa daftar topik dan hasil pencarian dengan mempunyai keterkaitan dengan keyword yang sedang dicari.

Bahkan para pengguna juga bisa mengetahui apakah nilai topik dari keyword tersebut terus mengalami peningkatan dalam persentase. Ketika keyword tersebut masih mempunyai tulisan breakout, maka untuk keyword tersebut sedang mengalami peningkatan mencapai dengan 5.000 persen.

4. Membagikan Keyword

Cara riset produk dengan Google Trend paling akhir adalah membagikan beberapa keyword. Pada cara kali ini bisa digunakan untuk membandingkan performa keyword yang sedang bizzie miliki.

Selain itu, bizzie bisa tinggal memasukkan saja keyword pada kolom “compare”. Untuk kolom tersebut biasanya berada di halaman yang paling atas dan bersebelahan dengan keyword pertama.

Sedangkan untuk grafik dan beberapa informasi lainya akan muncul di bagian bawah. Untuk hasil kali ini juga akan disesuaikan lagi dengan keyword yang akan dibandingkan pada sebelumnya.

Beberapa Pengaruh yang Diberikan Ketika Menggunakan Cara Riset Produk Dengan Google Trend

Saat ini berjualan di media sosial sedang banyak dilakukan oleh kalangan masyarakat. Seperti yang bizzie ketahui dengan berjualan di media sosial menjadi salah satu cara berjualan paling efektif.

Baca Juga :  Cara Agar Viewers Website Semakin Meningkat

Apalagi untuk di era seperti sekarang ini banyak dari kalangan masyarakat yang sudah menggunakan media sosial. Maka dari itu, untuk bizzie yang ingin terjun atau berjualan di media sosial menjadi salah satu cara tepat.

Sebelum melakukan produk di media sosial, lebih baik bizzie sudah memiliki beberapa strategi terlebih dahulu. Tujuannya dengan adanya strategi tersebut bisa melakukan pengemasan produk yang akan dijual ini bisa sesuai dengan mangsa tren dan pasar.

Ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan ketika menggunakan cara riset produk dengan Google Trend. Untuk beberapa keunggulan yang bisa didapatkan oleh para penggunanya adalah:

1. Dapat Menemukan Ide Produk yang Potensial.

Seperti yang bizzie ketahui bahwa di setiap tahun ada saja produk-produk baru bermunculan. Maka dari itu, dengan bizzie melakukan cara riset produk dengan Google Trend ini bisa mendapatkan atau menemukan ide yang potensial.

2. Bisa Mempertajam Pemasaran Produk

Memang untuk sekarang banyak sekali dari kalangan masyarakat lebih memilih berjualan atau sendiri dibandingkan kerja dengan perusahan. Akan tetapi, untuk bizzie yang tidak mempunyai pemasaran produk secara baik akan kalah dengan beberapa usaha sebelumnya.

Langkah yang bisa diambil adalah menerapkan cara riset produk dengan Google Trend terlebih dahulu. Dengan melakukan riset pada Google Trend ini akan mendapatkan hasil pemasaran produk yang tajam atau tepat sasaran.

3. Mempermudah Para Pemilik Usaha Untuk Mendapatkan Insight

Mendapatkan insight di era perkembangan seperti sekarang ini bukan menjadi suatu hal yang mudah. Maka dari itu, untuk bizzie yang ingin terjun di dunia usaha bisa menggunakan cara riset produk dengan Google Trend supaya bisa meningkatkan insight tentang apa yang sedang dibutuhkan oleh kalangan masyarakat.

4. Memberikan Pemahaman Mengenai Cara Menarik Konsumen Dengan Tren Produk Terlaris

Pengaruh menggunakan cara riset produk dengan Google Trend kali ini sangat memberikan dampak positif para pemilik usaha. Sehingga para pemilik usaha pun juga bisa mengerti apa saja produk yang sedang tren atau naik daun.

5. Mempunyai Sifat Gratis

Pada saat bizzie menerapkan cara riset produk dengan Google Trend ini akan diberikan fitur gratis. Sehingga, semua para pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya ketika akan menggunakan cara tersebut.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai cara riset produk dengan Google Trend. Besar harapan setelah adanya pembahasan diatas bisa membantu kalangan masyarakat yang ingin mempunyai usaha.