fbpx

Inilah Cara Menggunakan Google Trend yang Harus Diketahui

Melakukan riset pasar adalah satu hal yang sangat penting untuk semua ukuran bisnis. Sayangnya banyaknya metode riset pasar yang mempunyai biaya mahal dan banyak memakan waktu.

Akan tetapi, berkat adanya yang semakin canggih dan internet muncul cara menggunakan . Semua yang dibutuhkan pada saat mencari bisa didapatkan secara cepat dan mudah.

Untuk kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara menggunakan Google Trend. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran dengan pembahasan secara lengkap pada cara menggunakan Google Trend bisa simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Menggunakan Google Trend Untuk Menemukan Beberapa Topik Populer Di Dunia Industri

Google Trend memang salah satu tools yang dapat membantu bizzie untuk menemukan beberapa topik populer. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan pada cara menggunakan Google Trend untuk menemukan beberapa topik menarik. Untuk beberapa langkah atau cara yang bisa dilakukan adalah:

1. Langkah pertama, bizzie bisa langsung saja masuk pada menu navigasi explore.

2. Langkah kedua, bizzie bisa memilih wilayah yang ingin bizzie lakukan jelajah. Untuk menu kali ini bizzie bisa fokus pada semua negara, negara bagian dan juga kota. Kemungkinan di menu kali ini tidak terbatas.

3. Langkah ketiga, bizzie bisa memilih rendah waktu yang ingin bizzie lakukan penelitian. Bagi bizzie yang ingin melihat banyak topik secara menyeluruh di bisa memilih kerangka waktu lebih lama lagi.

Akan tetapi untuk bizzie yang ingin menemukan topik yang lebih baru, juga bisa memilih menu dengan kerangka waktu lebih singkat.

4. Langkah keempat, bizzie bisa memilih kategori sesuai dengan keinginan. Contoh mudahnya ketika bizzie ingin bekerja di dalam bidang . Maka untuk kategori yang bisa bizzie pilih adalah di bidang periklanan dan pemasaran.

5. Langkah kelima, bizzie melakukan penjelajahan atau penelusuran topik. Untuk langkah satu ini bizzie akan diberikan kemungkinan untuk menemukan beberapa hal yang sama sekali tidak terkait dengan topik .

Apalagi untuk kategori yang sedang naik daun pun juga bisa ditemukan pada langkah tersebut. Untuk cara kali ini hanya bisa menunjukkan apa saja yang dicari dan sedang tertarik dengan kategori lainnya.

Baca Juga :  Langkah Membuat Domain Untuk Sekolah

Cara Menggunakan Google Trend Untuk Menentukan Pola Musiman

Tidak ada salahnya ketika manusia mengalami mode pola musiman. Akan tetapi, untuk bizzie yang berada di mode pola musiman juga tidak perlu merasa khawatir dan juga bingung.

Semua masalah pada pola musiman ini bisa diatasi dengan Google Trend. Google Trend merupakan alat yang paling hebat untuk membantu para penggunanya. Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan pada cara menggunakan Google Trend pola musiman yaitu:

1. Langkah pertama, bizzie bisa memasukkan istilah pada mesin atau kolom pencarian tersebut. Lebih baik bizzie memastikan atau memilih topik pembahasan terlebih dahulu. Seperti yang bizzie ketahui untuk topik dan istilah penelusuran ini mempunyai ukuran yang berbeda-beda.

2. Langkah kedua, melakukan analisis dan merubah beberapa variabel sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Contoh mudah pada cara menggunakan Google Trend kali ini adalah ketika ingin melihat istilah pencarian “sepatu bot”.

Di saat bizzie menggunakan Google Trend, maka untuk 12 bulan terakhir ini akan muncul. Sehingga bizzie bisa melihat apakah tren yang sama telah berhasil di dalam jangka waktu lama atau pendek.

3. Langkah ketiga, bizzie dapat melakukan perbandingan hasil. Seperti pada  contoh sebelumnya mengenai “sepatu bot” yangs aat ini semakin populer semenjak musim dingin. Selain itu, juga akan mengalami penurunan ketika di musim panas mendatang.

Cara Menggunakan Google Trend Untuk Melakukan Riset Pesaing

Sekarang Google Trend bisa digunakan untuk melakukan identifikasi beberapa istilah dan topik yang sedang populer. Contohnya adalah di saat bizzie melihat beberapa kata kunci atau tulisan yang sedang populer di beberapa tahun lalu. Untuk cara menggunakan Google Trend melakukan riset pesaing yang bisa bizzie lakukan adalah:

1. Cara menggunakan Google Trend kali ini adalah memasukkan nama pesaing. Contoh mudahnya bizzie bisa memasukkan kata kunci atau keyword Apple.

2. Menentukan atau menetapkan wilayah dengan rentang waktu. Pada cara menggunakan Google Trend kali ini bizzie bisa menentukan rentang waktu yang ingin dilihat.

3. Melakukan peninjauan istilah, topi, tren dan penelusuran yang populer. Untuk di cara menggunakan Google Trend kali ini bizzie bisa melihat beberapa hal yang sedang populer.

Bahkan untuk para pesaing di masa lalu juga bisa dibandingkan dengan hari tersebut. Contoh mudahnya ketika bizzie sedang mencari “apple store” dan “jam tangan apple” kini sedang menjadi salah satu istilah yang paling populer.

Baca Juga :  Plugin Menu Drop Down WordPress yang Wajib Anda Gunakan

Sedangkan untuk topik pembahasan mengenai sengketa enkripsi Apple tidak lagi relevan lagi. dari ide adalah analisis yang dilakukan pada musim yang berbeda supaya pesaing mengerti bahwa ada penawaran serupa dari tahun ke tahun. Disaat muncul beberapa antisipasi, bizzie bisa langsung mudah untuk menanggapi permasalahan tersebut.

Cara Menggunakan Google Trend Untuk Menemukan Pola

Menemukan pola adalah salah satu hal yang sangat berguna ketika ingin merencanakan aktivitas periklanan dan . Selain itu, dengan cara menggunakan Google Trend untuk menemukan pola ini akan mengetahui volume untuk istilah pencarian tertentu. Cara menggunakan Google Trend yang bisa digunakan adalah:

1. Langkah pertama, bizzie bisa memasukkan kata kunci sesuai dengan kebutuhan.

2. Langkah kedua, pilih saja wilayah mana yang ingin dijangkau oleh iklan tersebut.

3. Langkah ketiga, mulai saja melakukan analisis mengenai rentang waktu yang berbeda.

Untuk bizzie yang ingin melakukan rentang waktu kustom secara Mingguan atau Harian juga bisa dilakukan pada Google Trend. Akan tetapi, untuk pihak Google Trend kini tidak memberikan izin ketika para penggunanya melakukan pencarian lebih dari satu minggu.

Seperti yang bizzie ketahui untuk melakukan analisis data tidak bisa dilakukan dengan waktu singkat. Artinya pada saat melakukan analisis membutuhkan waktu yang lumayan supaya mendapatkan hasil temuan secara kuat.

Selain itu, bizzie bisa melakukan pemindaian dengan pola mingguan. Untuk pola pencarian yang harus bizzie perhatikan adalah ketika sedang terjadi penurunan pada volume pencarian.

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara menggunakan Google Trend yang dapat digunakan oleh kalangan masyarakat. Dengan menggunakan salah satu cara menggunakan Google Trend ini bisa mendapatkan insight supaya proses pemasaran lebih maksimal.

Google Trend juga dapat dijadikan sebagai salah satu alat yang sangat membantu untuk melakukan riset pasar. Selain itu, dengan adanya Google Trend jug mampu melakukan antisipasi tren di beberapa waktu tertentu.

Untuk hasil yang diberikan adalah keterampilan yang sangat berharga di dalam dunia bisnis dan pemasaran. Bagi bizzie yang mempunyai atau bisnis, lebih baik memahami prose pemasaran secara baik. Dengan mengetahui proses pemasaran yang baik juga akan membantu bizzie dalam membuat pembukuan.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara menggunakan Google Trend. Dengan harapan setelah adanya pembahasan mengenai cara menggunakan Google Trend bisa membantu kalangan masyarakat yang ingin mendapatkan hasil riset yang efektif.