fbpx

Inilah Cara Membuat Website Dengan Google Sites

Membuat website merupakan salah satu hal yang sering dianggap sulit oleh beberapa kalangan masyarakat. Seperti yang bizzie ketahui, disaat membuat website memang membutuhkan beberapa peralatan teknis tertentu.

Belum lagi, ada juga beberapa kebutuhan lain dan salah satunya adalah . Memang untuk membuat website memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pemula, terutama pada sisi keahlian dan juga biaya.

Akan tetapi, apakah bizzie mengerti bahwa sekarang membuat website dengan Sites kini menjadi solusi yang paling tepat. Sedangkan untuk bizzie yang ingin tahu lebih lengkap mengenai membuat website dengan Google Sites bisa simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Keunggulan Membuat Website Dengan Google Sites

Google Sites adalah salah satu platform punya Google yang hanya memberikan kemungkinan untuk membantu dalam pembuatan website dengan mudah. Selain itu, untuk platform Google Sites bisa digunakan secara gratis seperti beberapa jenis lainnya.

Ketika dibandingkan dengan beberapa platform pembuat website lainnya, pada membuat website dengan Google Sites ini mempunyai beberapa keunggulan. Untuk beberapa keunggulan ketika membuat website dengan Google Sites adalah:

1. Langsung Terintegrasi Dengan Google

Pada saat membuat website dengan menggunakan Google Sites sudah langsung dan tersimpan secara otomatis pada . Sehingga, untuk bizzie yang sedang membuat website tidak perlu lagi susah payah untuk melakukan backup data.

2, Memberikan Tampilan Admin yang Real dan Simple

Pihak Google Sites juga memberikan penawaran untuk tampilan admin yang mudah untuk dipahami. Sedangkan untuk para pengguna baru juga bisa diberikan kemudahan dalam mengingat semua tools yang ada di Google Sites.

3. Keamanan Data Terjaga Secara baik

Perlu bizzie ketahui pada saat membuat website dengan Google Sites semua data akan terjaga secara baik. Selain itu, untuk beberapa layanan milik Google lain seperti , dan gdocs juga aman digunakan dan terbebas dari virus.

4. Website Lebih Cepat

Pada saat bizzie membuat website dengan menggunakan Google Sites, maka akan langsung otomatis terhubung dengan Google. Maka dari itu, untuk kecepatan yang diberikan juga tidak perlu lagi dipertanyakan lagi.

Baca Juga :  Estimasi Biaya Pembuatan Website, Mahal atau Murah?

5. Mempunyai Fitur Sharing

Mengelola sebuah website yang dibuat dengan Google Sites ini sangat mudah. Apalagi di dalam Google Sites juga banyak fitur yang bisa digunakan seperti Google Drive dan Google Docs.

Cara Membuat Website Dengan Google Sites

Seperti yang sudah disebutkan diatas, pada saat membuat website dengan Google Sites ini bisa dilakukan secara mudah dan simple. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pengguna sebagai berikut:

1. Mengakses Google Sites

Langkah atau cara pertama yang harus dilakukan adalah mengakses Google Sites terlebih dahulu. Sedangkan untuk bizzie yang belum mempunyai akun Google Sites bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Sebaliknya, untuk bizzie yang sudah mempunyai akun Google Sites bisa langsung melakukan log in.

2. Membuat Draft Website

Ketika sudah berhasil masuk pada Google Sites, bizzie akan diberikan beberapa pilihan menu template yang biasanya berada dibagian atas halaman. Semua template yang disediakan oleh Google Sites ini sudah siap untuk dipergunakan.

Artinya untuk bizzie yang ingin membuat website dengan Google Sites bisa memilih template dengan desain instan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih menu opsi “blank” untuk memulai draft website tersebut.

3. Mengenali Editor Google Sites

Pada saat bizzie sudah memilih menu opsi “Blank” akan langsung dibawa pada halaman editor Google Sites. Selain itu, pada halaman editor Google Sites ini mempunyai tampilan yang cukup sederhana.

Akan tetapi, untuk bizzie yang baru saja ingin membuat website dengan Google Sites harus paham lebih banyak lagi. Perlu bizzie ketahui juga untuk Google Sites ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu tengah, atas dan kanan.

Untuk bagian tengah dari Google Sites ini menunjukkan menu preview website. Di halaman tersebut bizzie juga bisa melihat kustomisasi yang bisa terlihat pada bagian satu ini.

Bagian atas juga terdapat beberapa menu yang harus bizzie ketahui. Untuk beberapa bagian tersebut adalah:

●      Undo : Menu yang digunakan untuk membatalkan perubahan yang sudah dilakukan.

●      Redo : Menu yang digunakan untuk kembali kepada perubahan yang baru saja dilakukan.

●      Preview : Digunakan untuk melihat versi live pada website bizzie.

●      Copy Website : Alat yang digunakan untuk melakukan copy link draft website supaya bisa diberikan kepada orang lain.

●      Share With Other People : Menu yang mempunyai fungsi untuk menunjukkan draft pada website tersebut. Selain itu, di dalam menu tersebut juga bisa mengajak orang lain untuk melakukan kolaborasi draft website yang sedang dikerjakan.

Baca Juga :  3 Penyebab Artikel Sulit Diindex yang Sering Terjadi

●      Setting : Berisikan beberapa pengaturan terkait desain website. Di dalam menu tersebut bizzie juga bisa menghubungkan website dengan akun Google Analytics.

●      More : Menu yang digunakan untuk menampilkan fungsi tambahan.

●  Publish : Tombol menu yang digunakan untuk melakukan publikasi website setelah proses draft sudah selesai dibuat.

Untuk bagian kanan atau paling akhir juga terdapat berbagai menu yang digunakan untuk melakukan kustomisasi website. Ketiga menu tersebut adalah insert, pages dan themes.

Perlu bizzie ketahui di saat membuat website dengan Google Sites akan diberikan kurang lebih enam pilihan tema yang dapat memberikan tampilan menarik dan unik. Meski sudah menentukan satu tema, bizzie tetap masih bisa memilih ukuran font yang akan digunakan pada latar belakang.

4. Membuat Desain Pada Website

Setelah bizzie sudah mengerti semua menu yang ada di Google Sites, maka bisa dilanjut untuk membuat desain website. Ada juga beberapa langkah yang bisa dilakukan pada cara membuat website dengan Google Sites satu ini yaitu:

●   Berikan klik pada menu di bagian header dan ganti nama website sesuai dengan keinginan bizzie.

●   Setelah memasukkan nama, bizzie bisa memberikan klik pada “text box” dan “insert” untuk memasukkan teks di bagian bawah header. Pada langkah kali ini bizzie bisa mengisi deskripsi secara singkat tentang tujuan website.

●     Selanjutnya, bizzie bisa langsung saja membuat draft halaman website tersebut. Pada cara kali ini bizzie akan diberikan beberapa tema dan juga bisa menyisipkan gambar dan teks.

●  Menghapus beberapa elemen yang tidak digunakan untuk dihapus dengan cara mudah yaitu meletakkan kursor di bagian atasnya. Lalu klik ikon tersebut pada tempat sampah yang ada di sebelah elemen tersebut.

5. Melakukan Publikasi Website

Apabila bizzie sudah selesai pada draft desain dan konten website, maka bisa langsung melakukan publish. Untuk proses publish, bizzie bisa langsung saja memilih kolom yang bertuliskan “Publish”.

Sebagai platform Google Sites menjadi salah satu platform yang aman ketika ingin membuat website, maka semua sudah menggunakan protokol . Selain itu, dengan hal tersebut juga bisa membangun kepercayaan para pengunjung dan membangun upaya peningkatan .

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai membuat website dengan Google Sites. Semoga setelah adanya pembahasan diatas tidak ada lagi kalangan masyarakat yang merasa kesulitan dan bingung ketika ingin membuat website. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.