fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Inilah Alasan Kenapa Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Wiliam

Google Play Store merupakan salah satu layanan dari Google. Selain itu, play store adalah toko digital yang menjual berbagai aplikasi handphone yang menggunakan sistem operasi android. Tidak hanya aplikasi saja, untuk Google Play Store ini juga menjual berbagai produk media seperti buku. film. musik dan masih banyak lainnya lagi.

Semua produk yang dijual di dalam Google Play Store ini sangat beragam. Bahkan, banyak juga produk yang dijual secara cuma-cuma atau gratis. Ada juga beberapa produk yang dijual secara berbayar. Harga yang ditentukan oleh Google Play Store ini juga sangat bervariasi, ada yang cukup terjangkau dan ada yang mahal.

Bisa dibilang, untuk Google Play Store adalah aplikasi yang sangat penting di dalam handphone. Karena dari Google Play Store bizzie bisa mengunduh aplikasi dan mengakses berbagai macam hiburan di dalamnya.

Ketika Google Play Store tidak ada atau sedang mengalami eror, pasti semua pengguna smartphone akan merasa kerepotan. Mungkin juga bizzie juga pernah mengalami permasalahan Google Play Store sedang error.

Salah satu eror yang sering terjadi di Google Play Store adalah tiba-tiba tidak bisa dibuka. Untuk hal tersebut bisa terjadi, karena beberapa hal. Bisa karena ruang penyimpanan penuh maupun beberapa hal lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai kenapa Google Play Store tidak bisa dibuka. Sedangkan untuk bizzie yang sedang mengalami permasalahan dengan Google Play Store bisa langsung saja simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Permasalahan Kenapa Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa masalah kenapa Google Play Store tidak bisa dibuka yang harus bizzie ketahui, sebagai berikut:

1. Terjadi Error Pada Aplikasi

Penyebab pertama kenapa Google Play Store tidak bisa dibuka adalah terjadi eror pada aplikasi itu sendiri. Untuk masalah eror ini juga bisa disebabkan karena beberapa hal, contohnya adanya bug di dalam aplikasi dan file sampah menumpuk jarang dibersihkan.

2. Proses Pembaruan yang Terganggu

Penyebab kenapa Google Play Store tidak bisa dibuka selanjutnya, yaitu dikarenakan adanya gangguan di dalam proses update aplikasi. Sehingga, untuk proses pembaharuan tidak bisa berjalan dengan sempurna.

3. Memori Perangkat yang Penuh

Penyebab Google Play Store tidak bisa dibuka ini bisa disebabkan karena memori pada perangkat yang digunakan sudah penuh. Pasalnya, ketika kapasitas Ram yang sudah penuh dengan berbagai file maupun data ini bisa memberikan pengaruh terhadap kinerja dari sistem operasi tersebut.

Bahkan, dengan kondisi tersebut juga bisa lambat dan terasa susah dibuka sama sekali. Salah satu ciri-ciri kenapa Google Play Store tidak bisa dibuka adalah memori RAM yang sudah penuh akan muncul pemberitahuan force closed atau langsung ditutup secara paksa.

Cara Mengatasi Google Play Tidak Bisa Dibuka

Setelah paham mengenai masalah kenapa Google Play Store tidak bisa dibuka, maka ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebagai berikut cara yang bisa bizzie lakukan :

1. Menyelaraskan Waktu dan Tanggal

Cara untuk memperbaiki masalah pada Google Play Store yang pertama, yaitu menyelaraskan waktu dan tanggal. Satu hal perlu bizzie ketahui, bahwa Android merupakan perangkat yang didesain serba tersinkronisasi baik dengan aplikasi bawaan, tanggal dan waktu.

Jadi, ketika bizzie tidak bisa membuka aplikasi Google Play Store. Maka, untuk hal pertama yang bisa bizzie lakukan adalah melakukan pengecekan waktu dan tanggal. Sebagai berikut cara atau langkah yang bisa bizzie lakukan :

●   Membuka pengaturan setelan di perangkat Android yang sedang bizzie gunakan.

●   Setelah itu, pilih pengaturan “tanggal dan waktu”.

●   Hidupkan settingan tanggal dan waktu secara otomatis.

●       Pastikan juga untuk menu pengaturan “time zone” ini sudah tersetting secara otomatis.

Ketika bizzie sudah melakukan beberapa langkah diatas, maka bisa mencobanya untuk kembali lagi ke Google Play Store. Biasanya, kenapa Google Play Store tidak bisa dibuka karena settingan hp Android yang digunakan masih manual.

Maka dari itu, pastikan bahwa settingan tanggal dan waktu di perangkat yang digunakan sudah tersetting secara otomatis. Namun, ketika cara diatas masih belum berhasil maka bisa mencobanya untuk memperbaiki Google Play Store dengan cara lainnya.

2. Uninstall Pembaruan Google Play Store.

Ketika Google Play Store tidak bisa di login atau tidak bisa dibuka, maka bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu sudah melakukan pembaruan atau update otomatis dari Google atau tidak. Ketika iya, bizzie bisa mengikuti beberapa langkah uninstall pembaruan Google Play Store untuk download kembali sebagai berikut :

●   Membuka pengaturan setelan di perangkat smartphone Android yang bizzie gunakan.

●   Pilih menu “aplikasi” atau “aplikasi dan notifikasi”.

●   Cari aplikasi “Google Play Store”.

●   Lalu uninstall pembaruan Google Play Store dengan memilih tombol “paksa berhenti” atau “copot pembaruan”.

●       Coba membuka Google Play Store kembali.

3. Restart HP Android

Untuk mengatasi kenapa google Play Store tidak bisa dibuka selanjutnya, yaitu melakukan restart HP. Sebagai berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan restart HP :

●   Tekan dan tahan tombol daya di perangkat Android yang sedang bizzie gunakan.

●   Akan muncul pop up menu.

●   Pilih menu “restart” atau “mulai sekarang”.

●   Perangkat Android akan melakukan proses restart di dalam waktu beberapa saat.

●   Tunggu sampai dengan proses restart sampai dengan benar-benar selesai.

●       Ketika sudah selesai di restart, bizzie bisa membuka kembali aplikasi Google Play Store”.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai masalah dan cara mengatasi kenapa Google Play Store tidak bisa dibuka. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang sedang mempunyai masalah dengan Google Play Store.

Baca Juga