fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Ini Penjelasan Cara Kerja Jaringan Internet

Wiliam

Pemakaian internet tampaknya sudah tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kendati demikian tahukah Bizzie bagaimana cara kerja jaringan internet itu sendiri? Pasalnya masyarakat hanya bisa memahami menyambungkan jaringan internet menggunakan kuota data ke perangkat mereka baik berupa ponsel ataupun computer. Padahal ada proses panjang yang harus dilalui agar internet sampai pada akhirnya menampilkan informasi sesuai keinginan.

Apalagi para pengguna internet selalu mengakses hal tersebut setiap hari bahkan tiap detiknya. Selain itu keberadaan internet saat ini sangat krusial untuk semua bidang mulai dari pendidikan, pekerjaan, politik dan masih banyak lagi. Oleh sebab itulah tak ada salahnya bagi Bizzie untuk memahami bagaimana cara kerja jaringan pada internet itu sendiri sebagai tambahan pengetahuan tentang jaringan tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Jaringan Internet?

Sebagai informasi, cara kerja jaringan internet sendiri berlangsung secara kompleks. Kendati demikian kini pemakaian internet sudah menjadi kebutuhan utama. Berikut ini adalah penjelasan tentang mengapa ada internet dan bagaimana cara kerjanya.

1. Membentuk Jaringan Sederhana Terlebih Dahulu

Bisa diibaratkan saat seseorang hendak melakukan sebuah hubungan, maka perlu untuk membentuk suatu jaringan. Adapun jaringan ini berguna untuk menghubungkan komputer yang hendak berkomunikasi ataupun disambungkan tersebut kemudian nantinya akan dihubungkan kepada router. Dengan demikian cara kerja jaringan internet  yang pertama supaya dapat dipakai dan terhubung yaitu membuat jaringan secara sederhana dahulu.

2. Membentuk Jaringan di Dalam Jaringan

Berikutnya yang menjadi cara kerja internet yaitu membuat jaringan dengan skala lebih besar dan jauh lebih rumit dibandingkan jaringan sebelumnya. Dimana satu router ini umumnya akan melibatkan lebih dari satu komputer untuk ada di dalam jaringannya. Selain itu ada tambahan penyambung lain yaitu modem. Nantinya jaringan tersebut yang membentuk jaringan di dalam sebuah jaringan.

3. Mengirim Pesan ke Jaringan Tujuan

Untuk cara kerja jaringan internet berikutnya yaitu mengirim pesan ke jaringan tujuan. Jika sebuah jaringan telah terbentuk dan beberapa komputer yang diinginkan sudah saling terhubung, tetapi sampai saat ini internet belum tergabung di dalamnya. Agar internet bisa masuk di dalamnya, maka dapat dihubungkan ke Internet Service Procedure atau ISP. Nantinya ISP akan berfungsi untuk menghubungkan sejumlah jaringan dengan jaringan yang akan dituju.

4. Jaringan Akan Menemukan Komputer 

Agar internet dapat digunakan, maka seseorang bisa menghubungkan sebuah jaringan tersebut dengan perangkat digital yang diinginkan. Agar internet dapat terhubung, biasanya diperlukan perantara seperti jaringan nirkabel atau berupa modem dan wifi. Kedua alat tersebut nantinya membaca kode khusus yang hanya dipunyai oleh komputer agar internet dapat saling tersambung satu sama lain.

5. Internet Pun Mulai Terhubung

Sesudah melalui cara kerja jaringan internet  di atas, maka komputer pun akan mulai mendapatkan jaringan yang diinginkan. Setelah itu maka dapat dikatakan bahwa internet sudah saling terhubung. Agar dapat memastikan apakah internet telah terhubung, maka pengguna bisa mengecek koneksi internet yang terpasang di perangkat digitalnya. Dalam hal tersebut, komputer telah berhasil membaca jaringan yang sudah dicoba untuk disambungkan dengan perangkat.

6. Memakai Internet

Sesudah memahami cara kerja jaringan internet umumnya, maka berikutnya beralih ke cara kerja website. Untuk web ini agar bisa ditemukan harus mempunyai kode unik yang disebut sebagai IP Address. Semua komputer yang terhubung ke pastinya mempunyai IP Address tersendiri. Seluruh perangkat komputer yang saling terhubung dengan IP Address berguna untuk mengidentifikasi jaringan internet.

Sebagai informasi, IP address adalah kombinasi angka unik. Adapun IP Address tersebut membentuk beberapa angka yang mana setiap 4 angkanya dipisahkan oleh titik. Setiap IP Address perangkat tentunya berbeda satu sama lain. Hal ini berguna agar jaringan internet dapat menampilkan informasi yang benar dan tidak ‘salah alamat’. Sebab ada ribuan perangkat yang terhubung dengan internet dan mencari informasi nyaris serupa.

7. Internet Akan Membaca Kode Pencarian

Untuk cara kerja jaringan internet berikutnya adalah saat perangkat membaca kode pencarian. Tak bisa dipungkiri bahwa IP Address sangatlah rumit. Karena itulah website akan cenderung sulit menemukan IP Address tersebut. Karena itulah di dalam cara kerja website server, IP Addres akan diganti menjadi domain. Hal ini berguna agar para pengguna internet bisa lebih mudah mencari alamat atau informasi yang dibutuhkan maupun diperlukan.

Domain tersebut nantinya bisa pengguna tuliskan dengan mudah untuk mencari informasi yang diinginkan. Adapun domain internet akan menjadi kode pencarian yang memudahkan untuk para penggunanya. Inilah yang disebut internet membaca kode pencarian dari para pengguna.

8. Pengguna Akan Mendapat Informasi yang Dicari

Adapun cara kerja jaringan internet  yang terakhir yaitu pengguna akhirnya mendapat informasi sesuai pencariannya. Ketika seseorang mengetikkan domain yang ingin dituju, maka browser atau internet akan berusaha untuk mencari domain terkait. Browser nantinya mencari alamat server yang sebenarnya dimana lokasi situs terkait sebenarnya berada dengan DNS server. 

Setelah itu pesan HTTP request akan dikirim oleh browser yang diperuntukkan ke server untuk meminta Salinan dari website dan dikirimkan ke klien. Berikutnya pengguna bisa mendapatkan informasi yang diinginkan melalui internet.

Seperti itulah ternyata bagaimana cara kerja jaringan internet yang sebenarnya sangatlah rumit. Kendati demikian pengguna tetap bisa mengakses jaringan internet dalam waktu yang lebih cepat. Namun kecepatan pengaksesan internet sesuai jaringan yang dipilih oleh para pengguna dan kuota internet pilihannya.

Baca Juga