fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Ingin Berkarir Sebagai Travel Blogger? Ini Panduan untuk Pemula

Wiliam

Di zaman sekarang ini begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bahkan, jika Anda senang jalan-jalan atau mengunjungi tempat baru, Anda juga bisa mendapatkan cuan. Bagaimana caranya? 

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan uang sambil liburan? Inilah yang membuat saat ini semakin banyak travel blogger yang membagikan kisah perjalanan mereka. Dengan menulis cerita perjalanan kemudian  dibagikan ke sebuah website, blog pribadi maupun media sosial, Anda berkesempatan mendapatkan penghasilan tambahan. 

Tak hanya sampai pada menghasilkan pendapatan dari menulis cerita perjalanan, jika semakin banyak orang yang membaca tulisan Anda, biasanya Anda akan mendapatkan keistimewaan untuk menjajal berbagai tempat wisata baru sebelum dibuka untuk umum. 

Artinya, Anda akan berkesempatan untuk menulis tentang tempat wisata itu sebelum orang lain bisa menikmatinya. Tak hanya tempat wisata saja, Banjaran travel blogger diundang untuk mendatangi tempat-tempat yang tidak dibuka untuk umum, misalnya mengunjungi pabrik. 

Secara singkat, jika anda serius menjadi travel blogger maka berbagai kesempatan bisa datang menghampiri Anda. Lantas bagaimana cara untuk mencari travel blogger? Berikut ini akan disajikan panduan menjadi travel blogger untuk para pemula. Hingga selesai, ya!

Apa Itu Travel Blogger?

Travel blogger merupakan seseorang yang melakukan perjalanan ke berbagai tempat kemudian menuliskan pengalaman yang mereka lakukan dan membagikannya melalui blog ataupun media sosial lainnya.

Biasanya travel blogger akan menulis terkait tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi, pengalaman yang mereka alami, hingga kau membagikan tips perjalanan yang bermanfaat bagi para pembaca.

Biasanya travel blogger berkesempatan mendapatkan sponsor atau menjalin kerjasama dengan agen travel yaitu dalam bentuk mempromosikan produk atau destinasi wisata. Yang mana seorang travel blogger menjadi salah satu sumber inspirasi dan referensi bagi para pembaca yang ingin melakukan perjalanan ke suatu tempat.

Panduan Menjadi Travel Blogger Untuk Pemula

Tentu saja untuk menjadi seorang travel blogger perlu hal-hal tertentu yang harus dilakukan, misalnya hal yang sifatnya teknis. Dimulai dengan membangun blog terlebih dahulu hingga bagaimana mengisi blog tersebut dengan konten-konten yang berkualitas. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini caranya:

1. Tentukan niche 

Hal paling pertama yang harus anda lakukan jika ingin memulai menjadi seorang travel blogger adalah menentukan Niche. Niche adalah topik atau tema khusus yang akan anda bahas di setiap konten yang akan anda bagikan. Anda perlu memilih satu dari sekian banyak topik tentang Travel sehingga Anda bisa lebih fokus sekaligus membangun personal branding. 

Contoh niche yang bisa anda pilih sebagai seorang travel blogger, yaitu kuliner, budaya, atau destinasi wisata alam. 

2. Buat Blog Pribadi 

Setelah menentukan niche dari blog yang akan Anda olah, selanjutnya adalah membuat website atau blog pribadi yang nantinya menjadikan salah satu platform untuk membagikan cerita perjalanan. 

  • Tentukan platform yang akan digunakan 

Anda perlu menentukan platform apa yang Anda akan gunakan untuk merintis karir sebagai travel blogger. Ibaratnya, Anda memilih rumah bagaimana yang ingin Anda tempati. Perlu jeli memilihnya sebab setiap rumah memiliki tipe dan fasilitas yang berbeda dan tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  • Tentukan domain 

Setelah anda menentukan platform apa yang ingin digunakan, Anda harus memilih nama domain. Nama domain ini sama seperti alamat rumah yang dapat diingat orang lain sehingga bisa berkunjung kembali ke blog anda.

Dalam memilih nama domain, ada 4 hal yang perlu anda perhatikan, yaitu nama domain yang dipilih haruslah mudah diingat sehingga pilihlah yang singkat, mudah diucapkan, pada, dan mudah diingat dan mudah dituliskan. Kedua, gunakan kata kunci sesuai dengan Niche blog Anda. Ketiga, hindari penggunaan simbol, dan yang terakhir gunakan ekstensi Top Level Domain (TLD). 

  • Pilih hosting 

Selanjutnya adalah memilih hosting yang berkualitas dan dapat menunjang segala konten yang ingin Anda bagikan. Hosting ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data konten yang akan ditampilkan pada blog sehingga penting untuk memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

3. Buat konten yang berkualitas

Setelah platform atau block yang akan digunakan untuk membagikan tulisan tentang travel yang dilakukan, selanjutnya Anda perlu membuat konten-konten yang berkualitas sehingga menarik minat para pembaca. 

Anda perlu menyajikan konten dengan cara yang menarik, sifatnya informatif, orisinal dan tentu gaya bahasa yang digunakan pun harus mudah dipahami dan enak untuk dibaca. 

4. Perhatikan penggunaan keyword

Selanjutnya yaitu menggunakan kata kunci atau keyword yang sesuai. Penggunaan kata kunci ini sangat penting untuk menentukan apakah artikel atau tulisan yang Anda buat muncul di halaman  mesin pencarian atau tidak. Jika partikel Anda muncul di halaman pertama otomatis pembaca akan lebih mudah menemukan website Anda sehingga bisa meningkatkan traffic. 

5. Bangun personal branding

Tak lupa pula Anda harus membangun personal branding sehingga ada hal yang membedakan Anda dengan travel blogger lainnya. Entah itu dari cara penyampaian, ide konten, atau Niche yang Anda pilih. 

6. Konsisten

Dan yang terakhir hal yang tidak kalah pentingnya yaitu konsisten dalam membuat konten. Memang sedikit orang yang akan langsung booming di awal membangun sebuah website. Perlu waktu tertentu yang dibutuhkan agar tulisan bisa dikenal oleh khalayak ramai. Dan untuk sampai pada titik ‘terkenal’ Anda harus konsisten menyajikan perjalanan Anda. 

Itulah panduan untuk menjadi travel blogger para pemula. Bagaimana, sudah siap menjadi travel blogger?

Baca Juga