fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Ingin Beriklan Di Google? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Wiliam

Google adalah salah satu mesin pencarian yang saat ini paling banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Melalui Google, para pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi yang mereka butuhkan. Fakta ini menjadi peluang bagi pebisnis yaitu memasang iklan di mesin pencarian tersebut.  

Memasang iklan di Google bukan lagi hal baru. Jangkauannya yang luas dan target market yang spesifik serta penggunaannya yang mudah menjadikan Google tempat yang cukup efektif untuk memasang iklan. Berbagai kelebihan tersebut berpotensi mendatangkan leads atau calon pembeli yang besar. Hal ini tentu akan berpengaruh pada penjualan produk yang ditawarkan tersebut. 

Meskipun memiliki banyak kemudahan, bukan berarti Anda bisa langsung memasang iklan di Google. Tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak salah saat mengambil langkah. Apalagi, saat memasang iklan pada mesin pencarian ini Anda diharuskan mengeluarkan sejumlah biaya sehingga Anda harus lebih teliti agar tidak mengalami kerugian. 

Adapun hal yang perlu diperhatikan saat hendak memasang iklan di Google akan dibahas pada artikel ini. Simak hingga selesai yah. 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beriklan Di Google

Tak dapat dipungkiri, beriklan di mesin pencarian Google memiliki manfaat yang banyak untuk kemajuan bisnis. Namun, sebelum memutuskan memasang iklan, Anda perlu memperhatikan berbagai hal berikut agar tidak mengalami kerugian dan menyesal. 

1. Tentukan Tujuan Beriklan

Sebelum memasang iklan di Google, Anda harus menentukan tujuan terlebih dahulu. Memasang iklan tanpa tujuan tidak akan memberikan hasil maksimal bahkan bisa jadi hanya buang-buang uang saja. Anda perlu merencanakan apa yang ingin dicapai setelah memasang iklan tersebut Hal ini juga akan membuat Anda lebih mudah membuat konsep iklan. Anda juga perlu menentukan target audiens Anda.

2. Relevansi Konten Dan Audiens

Setelah menentukan tujuan dan target audiens, Anda juga perlu melihat final konsep ikan yang Anda buat. Apakah konten tersebut sudah relevan atau sesuai dengan target yang dibuat atau tidak. Relevansi konten dan audiens ini sangat penting untuk memastikan apakah Anda bisa menarik minat audiens atau tidak melalui konten tersebut. 

3. Perencanaan Anggaran

Pemasaran secara online pada umumnya memang lebih murah dibandingkan jika Anda memasarkan produk secara offline. Bukan hanya murah, cara ini juga lebih simpel dan mudah dilakukan. Meskipun begitu, Anda tetap harus membuat perencanaan anggaran untuk menyesuaikan layanan yang ingin dipilih dengan budget yang dimiliki. 

Secara umum, Google Ads atau periklanan di Google menyediakan layanan berbayar dengan berbagai tingkat harga. Harga memasang iklan tersebut dipengaruhi oleh  banyaknya iklan tersebut ditayangkan dan layanan yang diberikan. 

4. Tentukan Layanan Yang Diinginkan

Hal lain yang juga perlu diperhatikan sebelum memasang iklan di Google adalah layanan apa yang ingin digunakan. Dalam hal ini, Google Ads memiliki 5 jenis pilihan layanan, yaitu :

  • Search Ads, yaitu layanan Google Ads yang memungkinkan iklan Anda muncul jika audiens melakukan pencarian di internet menggunakan kata kunci tertentu. Untuk memaksimalkan layanan ini, Anda tentu harus melakukan riset keyword sebelum membuat iklan. 
  • Display Ads, yaitu layanan Google Ads yang memungkinkan iklan Anda muncul di website tertentu. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari jenis layanan ini, Anda perlu mempertimangkan faktor lokasi, kata kunci serta minat audiens. 
  • Shopping Ads,yaitu layanan Google Ads yang memungkinkan iklan Anda muncul di program khusus yang target pemasarannya adalah audiens yang suka berbelanja secara online. Pada layanan ini biasanya akan memunculkan informasi terkait produk yang dijual. 
  • Video Ads, yaitu layanan iklan Google Ads yang memungkinkan Anda membuat video sebagai sarana promosi biasanya iklan ini akan muncul saat seseorang membuka aplikasi YouTube, misalnya saat Anda nonton YouTube lalu muncul iklan di sela-sela video yang sedang ditonton. Untuk memaksimalkan layanan iklan jenis ini, Anda perlu memiliki konsep visual menarik sehingga menarik minat para audiens. 
  • Universal App Campaign, yaitu layanan iklan Google Ads yang meunkinkan iklan yang Anda pasang muncul ada aplikasi yang ada di smartphone audiens. Misalnya, Anda mungkin pernah membuka aplikasi smartphone Anda lalu tiba-tiba iklan produk tertentu muncul. 

5. Kata Kunci Yang Digunakan

Hal lain yang juga perlu diperhatikan saat hendak memasang iklan di Google adalah memperhatikan kata kunci yang digunakan. Hal ini berpengaruh pada peringkat iklan Anda di Google Ads. Dengan penggunaan kata kunci yang tepat, traffic Anda akan meningkat. Untuk mencari kata kunci yang tepat dan relevan, Anda bisa menggunakan bantuan beberapa tools, misalnya Keyword Planner, Google Suggest dan KWFinder. 

6. Manfaatkan Bidding

Hal selanjutnya yang juga perlu diperhatikan sebelum beriklan di Google Ads adalah bidding. Yang mana, periklanan Google menyediakan sebuah fitur yang disebut Bidding yang memungkinkan Anda menghemat biaya saat beriklan. 

Jika Anda menyesuaikan bidding dengan baik amak Anda bisa menampilkan iklan lebih sering berdasarkan kapan, dimana dan bagaimana seseorang melakukan penelusuran. Strategi bidding merupakan strategi penawaran yang diberikan ke algoritma iklan digital dalam menggunakan budget harian dari iklan yang dipasang. 

itulah berbagai hal yang penting untuk Anda perhatikan sebelum memutuskan memasang iklan di mesin pencarian Google. Di manapun Anda melakukan promosi tentu perlu perencanaan yang baik dan ketelitian agar tidak membuang waktu, tenaga dan biaya percuma.  Bagaimana denganmu, apa sudah siap beriklan di Google?

Baca Juga