fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessTips & Trik

Mengembangkan Bisnis Menggunakan Iklan TikTok

Yanti puspita

Iklan TikTok adalah platform media sosial populer dan banyak di gunakan di Indonesia. Di luncurkan sejak September 2016, Tiktok telah berhasil menembus 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia dan akan terus meningkat setiap tahunnya.

Pada awalnya Tiktok di dirikan hanya sebagai platform musik, namun sekarang dapat di gunakan untuk mengembangkan bisnis. Nah, buat kamu yang masih bingung, berikut ini beberapa hal yang dapat sobat Dewabiz gunakan untuk mengembangkan bisnis menggunakan iklan tiktok.

Mengembangkan Bisnis Menggunakan Iklan TikTok

Strategi bisnis menggunakan iklan tiktok masih terbilang cukup baru. Namun siapa sangka potensinya begitu besar. Bayangkan, pengguna terbanyak di dunia, salah satunya Indonesia. Dan juga menjadi negara yang paling banyak mendownload TikTok.

Nah, inilah kesempatan yang bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan bisnis menggunakan iklan tiktok seperti di bawah ini:

·         Ketahui Cara Kerja Iklan TikTok

Iklan TikTok merupakan platform media sosial yang fokus pada berbagi konten video. Setiap video berdurasi 15 detik dapat di gabungkan menjadi 60 detik. Platform ini bisa menjadi sarana promosi produk bisnis.

Caranya adalah dengan membuat video produk, lalu menambahkan efek video dan musik latar yang akan menarik audiens. Nantinya, pengguna TikTok dapat berkomentar, menyukai, dan juga membagikan video produk tersebut.

Semakin banyak interaksi dari pengguna, semakin besar peluangmu di promosikan oleh TikTok ke pengguna lain. Selain itu, dengan tingkat engagement yang lebih tinggi di bandingkan Instagram, TikTok sudah pasti cocok untuk membangun brand awareness produk dengan lebih maksimal.

·         Temukan Ide Konten Menarik untuk Iklan TikTok

Apakah kamu sudah tahu cara kerja iklan TikTok? Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan saat membuat konten blog. Kamu dapat mencoba alat seperti Ahrefs atau Ubersuggest untuk mengetahui kata kunci mana yang sesuai dengan kebutuhan audiens terhadap produk bisnismu.

Cara lainnya adalah dengan bertanya kepada audiensmu melalui postingan di media sosial atau melakukan polling tentang beberapa topik yang mereka minati. Namun pada dasarnya, ide konten TikTok untuk bisnis akan selalu berkisar pada peluncuran produk, tutorial, dan tantangan hashtag.

·         Gunakan Hashtag untuk Membuat Video

Ingin strategi iklan TikTok kamu berhasil? Jangan lupa untuk menggunakan hashtag di setiap video yang kamu buat. TikTok sendiri mengatakan bahwa hashtag merupakan bagian dari informasi video, sebagai acuan untuk merekomendasikan video kepada pengguna lain.

Tapi, gunakan salah satu yang paling sesuai dengan konten dan bisnismu. Misalnya untuk konten tutorial makeup, kamu bisa menambahkan hashtag #makeupchallenge. Supaya lebih menonjol, gunakan promo branding yang kamu gunakan.

Misalnya saja Zalora membuat hashtag #ZStyleNow untuk mempromosikan acara Zalora Fashion Festival. Dengan hastag tersebut, semakin banyak orang yang mengetahui iklanmu, dan semakin banyak pula yang mengetahui produk bisnismu.

·         Berkolaborasi dengan Influencer

Meski sedikit berlebihan, namun daya tarik para influencer untuk memikat pengikutnya agar menggunakan produk cukup berhasil. Tidak mengherankan, 86 persen pengiklan memercayai influencer untuk meningkatkan penjualan dan kesadaran merek.

Ingin bukti? Merek Daniel Wellington Watch mampu meningkatkan penjualannya sebesar 4700 persen dalam tiga tahun. Menariknya, mereka menggunakan berbagai macam influencer, mulai dari mikro-influencer hingga beauty influencer ternama. Yang penting dalam strategi ini adalah memilih influencer yang sesuai dengan target audiens dan target promosi.

·         Posting Konten Secara Konsisten

Saat kamu mengunggah video, pengikutmu pasti akan melihatnya. Kemudian, jika mereka menyukainya, maka akan di tampilkan juga di halaman pengikut pengguna tersebut. Lebih baik lagi, video kamu akan di tampilkan di halamanmu. Bayangkan jika hal ini terjadi setiap hari, maka tujuan membangun kesadaran merek yang kuat lebih mudah di capai.

·         Menanggapi Komentar dari Pengguna

Menanggapi komentar dan menjawab pertanyaan pengguna pada postingan bukanlah hal yang sepele lho. Karena inilah yang dapat meningkatkan keterlibatan akunmu. Tunggu.. Berarti semua komentar harus di balas? Tentu saja tidak!

Pilih hanya yang memberikan informasi paling positif tentang produkmu. Selain itu, jangan ragu untuk mengomentari postingan pengguna lain karena dapat meningkatkan brand awarenessmu. Pasalnya, ketika kamu mengomentari postingan orang lain dan mendapatkan like, maka nama brand kamu bisa berada di bagian atas komentar.

·         Buat Tantangan Hashtag

Penghuni TikTok menyukai tantangan. Misalnya, #lalalachallenge menarik lebih dari 200 juta pengguna, mulai dari netizen biasa hingga publik figur. Apa artinya bagi bisnis kamu? Dengan merancang tantangan yang terkait dengan produk, maka kamu dapat mencapai popularitas yang sama.

Apakah bisa? Bisa, karena Dewabiz sudah membuktikannya. Mereka menggunakan tantangan hashtag #InMyDenim untuk mempromosikan produk denim terbaru mereka. Alhasil, banyak pengguna TikTok yang membuat video dengan menggunakan produk denim.

Hashtag Challenge ini cukup efektif untuk mempromosikan produk bisnis. Sebab, untuk mengikuti tantangan tersebut, kreator TikTok harus memiliki produknya terlebih dahulu.

Jika tantangan video terlihat bagus, orang yang menontonnya akan tertarik untuk membuat tantangan video serupa. Itu berarti lebih banyak orang akan membeli produk tersebut.

·         Pakai TikTok Ads

Salah satu strategi iklan TikTok yang sayang untuk di lewatkan adalah menggunakan TikTok Ads. Tak mau ketinggalan dengan platform media sosial lainnya, TikTok juga menyediakan layanan iklan berbayar lho. TikTok menawarkan empat jenis produk periklanan:

  1. InFeed Ads: iklan muncul saat pengguna menelusuri feed mereka
  2. Promotes Hashtag Challenge: iklan yang mendorong pengguna untuk menggunakan tantangan hashtag
  3. Branded Effect atau Filter: filter atau efek khusus yang berisi informasi produk
  4. Brand Takeover: iklan eksklusif berupa gambar, gif, atau video yang hanya muncul satu kali dalam sehari saat pertama kali membuka aplikasi.

·         Lihat Analisis Data Iklan TikTok

Dalam menjalin hubungan pun perlu di ketahui rekam jejak orang tersebut, apalagi dalam hal promosi. Jadi, jika kamu menggunakan TikTok Ads, kamu akan mendapatkan data tersebut. Selanjutnya, kamu juga dapat menganalisis apakah promosi tersebut akan berjalan dengan baik.

Untuk melakukannya, cukup klik menu Analytics di akun TikTok kamu. Lalu klik “view analytic” untuk melihat hasil analytic pada setiap postinganmu. TikTok juga memiliki fitur Followers Analytics, yang dapat memberi kamu wawasan tentang perilaku pengikutmu.

Mulailah dengan konten apa yang paling sering mereka tonton, kapan mereka online, dan lainnya. Jadi, kamu bisa membuat konten yang lebih baik dan sesuai dengan tujuanmu. Dengan demikian, peluang mendapatkan uang melalui TikTok terbuka lebar.

·         Menautkan Akun Media Sosial Lainnya

Tahukah kamu bahwa dengan aplikasi tiktok kamu juga bisa membuka link yang terhubung dengan platform media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Instagram, bahkan Youtube. Ini adalah kabar baik jika kamu sudah memiliki profil bisnis di platform tersebut.

Bukan hanya bisa mendapatkan banyak viewer baru, keuntungan yang di dapat pun bisa berlipat ganda. Kamu hanya perlu login ke akunmu>> Edit Profil Saya. Pada menu ini akan muncul kolom untuk menambahkan akun media sosial lain ke akun Tik Tokmu.

Kamu juga dapat meningkatkan pengikutmu dengan mengintegrasikan video TikTok yang kamu buat dan unggah ke YouTube. Jika video kamu menarik, maka akan lebih banyak orang yang tertarik dan melihat profil TikTokmu.

Demikian penjelasan mengenai mengembangkan bisnis menggunakan Iklan TikTok yang bisa di sampaikan. Kita bereharap ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasanmu.

Baca Juga