fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Daftar Harga Domain dan Hosting Per Tahun Yang Umum Digunakan

Rianda

Dalam membuat website, ada berbagai biaya yang perlu dipertimbangkan dan dikalkulasikan. Salah satu biaya yang penting adalah domain dan hosting, yang merupakan bahan utama dari terbuatnya website. Maka itu, harga domain dan hosting harus dihitung mengingat pembayarannya secara per tahun.

Tergantung dari layanan hosting yang dipilih, ternyata ada sebagian yang memberikan layanan pembuatan website dengan domain atau hosting gratis. Hanya saja, akan lebih baik untuk membuat website secara konvensional untuk kustomisasi secara penuh, dengan domain dan hosting pilihan.

Mengenal Apa Itu Domain dan Hosting

Sebelum mengetahui harga domain dan hosting, ada baiknya untuk mengetahui apa itu domain dan hosting. Meski kedua hal tersebut hanya identik, namun masih banyak segelintir orang yang menanggapi kedua hal tersebut sama.

Hosting adalah tempat penyimpanan data-data yang akan dimuat di website. Berbeda dengan hosting, sementara itu domain adalah alamat dari website. Dari sini, jelas terlihat bahwa kedua hal tersebut cukup berbeda.

Meski demikian, website akan membutuhkan domain dan hosting agar dapat dijalankan. Bila tanpa domain, orang tidak akan dapat mencari website tersebut. Apabila tanpa hosting, website tersebut tidak dapat diakses bahkan dijalankan.

Berikut Perkiraan Harga Domain dan Hosting Per Tahun

Saat ini, domain dan hosting web memiliki harga yang berbeda-beda. Harga yang ditawarkan tentu disesuaikan dengan domain dan jenis hosting yang pilih oleh pembuat website.

Besar kecilnya harga yang diberikan, belum bisa dipastikan sebagai penentu kualitas dari layanan tersebut. Maka itu, simak perkiraan harga-harga yang ditawarkan dari berbagai pilihan domain dan hosting per tahun berikut:

1. Daftar Harga Domain Yang Umum Dipakai

Dalam dunia internet, ada berbagai jenis domain yang umum digunakan sesuai dengan tujuan pembuatan website tersebut. Harga yang ditawarkan juga berbeda-beda, sehingga memberikan banyak pilihan untuk yang ingin membuka domain baru. Berikut macam-macam jenis dan harga domain yang umum dipakai:

  • .com, merupakan domain yang paling sering digunakan secara general. Kisaran harganya yaitu Rp110.000,- hingga Rp190.000,-.
  • .org, merupakan domain yang umum dipakai untuk komunitas atau organisasi tertentu. Kisaran harganya yaitu Rp200.000,- hingga Rp240.000,-.
  • .id, merupakan domain yang bisa digunakan oleh website Kisaran harganya yaitu Rp200.000,- hingga Rp340.000,-.
  • .net, merupakan domain yang digunakan dalam perusahaan dan forum. Kisaran harganya yaitu Rp200.000,- hingga 240.000,-
  • .xyz, merupakan domain yang dikenal lebih murah biayanya. Kisaran harganya yaitu Rp14.000,- hingga Rp18.000,- untuk tahun pertama.
  • .info, merupakan domain untuk sekedar memberikan informasi. Kisaran harganya yaitu Rp220.000,- hingga Rp340.000,-.
  • .biz, merupakan domain yang digunakan untuk bisnis. Kisaran harganya yaitu Rp175.000,- hingga Rp300.000,-

2. Daftar Harga Berbagai Jenis Hosting

Sama halnya dengan domain, setiap penyedia layanan hosting juga memberikan harga yang berbeda-beda. Harga dapat ditentukan dari jenis hosting atau server yang dipilih. Langsung saja, berikut jenis-jenis hosting dan rata-rata harga yang ditawarkan:

  • Shared hosting, adalah jenis hosting Kisaran harganya yaitu Rp10.000,- hingga Rp150.000,-.
  • Cloud hosting, adalah jenis hosting yang mirip shared, namun memiliki bandwidth lebih tinggi. Kisaran harganya yaitu Rp150.000,- hingga Rp1.200.000,- tergantung kapasitas website.
  • VPS hosting, adalah hosting dengan server terpisah-pisah tiap penggunanya. Kisaran harganya yaitu Rp90.000,- hingga Rp900.000,-.
  • Dedicated hosting, adalah hosting yang khusus untuk satu website Kisaran harganya yaitu sekitar jutaan, tergantung dari spesifikasi server yang dipilih.

Perlu diingat jika layanan provider hosting terkadang memberikan diskon atau promo pada hosting yang dipilih. Selain itu, harga yang dicantumkan belum termasuk PPN.

Sekian informasi mengenai berbagai harga domain dan hosting per tahun. Sesuai dengan budget yang dimiliki, pastikan untuk memilih domain dan hosting web yang tepat sebelum membeli. Hal ini terutama bagi domain, dimana domain tidak dapat diubah setelah dibuat.Daftar Harga Domain dan Hosting Per Tahun Yang Umum Digunakan

Baca Juga