fbpx

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuat Website

Di era ini, Anda pasti sudah tidak asing dengan kata website. Yap, website merupakan sekumpulan halaman yang dapat diakses menggunakan oleh siapa saja melalui perangkat elektronik yang dimiliki. Website dapat dikelolah oleh individu maupun kelompok, baik untuk keperluan maupun untuk berbagi informasi terkini. 

Website dibuat oleh tim Berners-Lee, seorang fisikawan Inggris di Dewan Eropa untuk Riset Nuklir (CERN), pada tahun 1990. Tiga tahun setelah pertama kali rilis, CERN memberi pengumuman bahwa semua orang dapat mengakses dan menggunakan Wide  (WWW)  secara gratis. WWW sendiri adalah bentuk kesatuan website yang dapat diakses secara publik. 

Membuat website bukanlah hal yang sulit lagi dilakukan, terlebih lagi bagi para programmer dan desainer web. Namun, meskipun tidak memiliki ilmu tentang programing ataupun web desain, Anda tetap bisa membuat web sendiri, terlebih lagi karena sudah banyak yang memberikan informasi cara pembuatannya di internet. 

Sebelum Anda membuat website, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan agar hasilnya memuaskan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Tujuan Pembuatan Website

Hal paling dasar yang harus Anda ketahui sebelum membuat website adalah apa tujuan yang ingin Anda capai dalam membuat website. Setiap orang tentu memiliki tujuan yang berbeda-beda, Anda harus memahami dulu apa yang menjadi tujuan Anda, visi dan misi website Anda, dan output yang Anda harapkan setelah membuat website tersebut. 

Banyak orang yang menggampangkan tahap awal ini, padahal perencanaan yang baik adalah pondasi awal yang perlu dimiliki sebelum melakukan aktivitas apapun, baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang. 

2. Ketahui Hal-hal Dasar Mengenai Website

Setelah menentukan tujuan apa yang mendasari pembuatan website Anda, selanjutnya adalah mempelajari hal-hal dasar terkait website. Anda bisa mulai dengan mempelajari istilah-istilah pada web, langkah-langkah pembuatan web, dan hal yang secara umum menjadi kesalahan sehingga pembuatan website gagal. 

Baca Juga :  Jenis Bisnis yang Harus Punya Website

Pun misalnya Anda lebih memilih untuk menggunakan , Anda tetap harus mengetahui hal dasar tentang website, agar  Anda tetap paham dan bisa memberikan kontribusi dan masukan pada pengelolaan website nanti.

3. Mencari Jasa Pembuat Website Terpercaya

Jika Anda memilih untuk menggunakan jasa pembuat website, Anda perlu melakukan observasi dan pengamatan dahulu pada pihak yang menawarkan jasa. Perhatikan profil dan legalitas dengan saksama, lihat portofolionya, biaya yang diperlukan, lama waktu pembuatannya, desain umum yang digunakan, dan apakah Anda bisa berkomunikasi dengan baik dengan mereka atau tidak. 

Ada baiknya juga jika Anda melihat review dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa pembuatan website tersebut. Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi hosting yang ditawarkan, , serta fitur-fitur yang ada pada website tersebut. walaupun istilah yang sering didengar, ada harga ada kualitas, namun jangan sampai Anda sudah membayar mahal namun kualitas mengecewakan. 

4. Persiapkan Konten Yang Akan Dimasukan Ke Website

Hal yang tak kalah penting yang perlu Anda persiapkan sebelum membuat website adalah konten apa saja yang akan Anda tampilkan pada website Anda. Meskipun website yang Anda buat bagus namun isi atau konten yang ada di dalamnya tidak mendukung tentu tidak akan membuat orang lain tertarik. 

Dimulai dengan mempersiapkan logo yang akan menjadi identitas brand atau website, deskripsi website baik itu visi dan misi maupun deskripsi produk yang Anda tawarkan, dan konten-konten pendukung yang dapat menarik audiens untuk berkunjung ke website Anda. 

Penempatan konten harus tertata dengan baik, pemilihan font dan warna, serta tema yang sesuai dengan rancangan awal dan sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai. Konten yang dirancang pun harus sesuai dengan target pasar website, misalnya target pasar ditentukan berdasarkan umur, jenis kelamin atau status sosial. 

Baca Juga :  Panduan Belajar WordPress Paling Efektif untuk Pemula

5. Pemilihan Strategi Yang Tepat

Pemilihan juga perlu menjadi perhatian Anda agar website yang Anda buat tidak tenggelam oleh website lain. Apalagi saat ini, semakin banyak website yang bermunculan dengan berbaik topic dan strategi yang berbeda. Jika Anda tidak memiliki strategi yang tepat dan hanya asal-asal, maka yakin dan percaya website Anda tidak akan berkembang. 

Strategi yang saat ini sangat populer digunakan dan terbukti dapat meningkatkan traffic adalah penggunaan kata kunci atau yang tepat. Strategi ini disebut strategi SEO. Tujuan utama strategi ini untuk membuat konten atau artikel pada website Anda dapat berada di peringkat pertama mesin pencarian . Hal ini akan memudahkan Anda ditemukan oleh orang lain. 

6. Pilih Nama DomainĀ 

Pemilihan nama domain juga harus diberikan perhatian khusus sebab nama domain ini adalah nama unik yang menjadi identitas website. Pemilihan nama domain sebaiknya unik dan mudah diingat yang tentu juga menjadi grand tema pada website Anda. Nama domain diharapkan mampu memberikan gambaran secara garis besar tentang apa saja yang ditawarkan pada website Anda. 

7. Pilih Hosting Yang Terpercaya

Hosting adalah suatu layanan yang menjadi ruang penyimpanan file pada website yang akan Anda buat. Ketika Anda menggunakan suatu layanan hosting secara otomatis, file-file yang Anda unggah ke website akan tersimpan di perusahaan penyedia layanan hosting tersebut. Olehnya itu penting untuk Anda jeli dalam memilihnya.

Saat ini, sudah banyak penyedia layanan hosting yang beredar, Anda perlu memperhatikan spesifikasi yang ditawarkan agar tidak menyesal dikemudian hari. Jangan sampai tergiur dengan harga murah lantas Anda sudah tidak mengecek spesifikasi yang ada di dalamnya. 

Inilah 7 hal yang harus disiapkan sebelum membuat website. Semoga dengan artikel ini bisa membantu Anda dalam persiapan membuat website.