fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessMedia SosialTechnology

Berbisnis Menggunakan Google Plus (G+) dengan Mudah

Yanti puspita

Google+ atau biasa di sebut Google Plus, merupakan salah satu platform jejaring sosial yang di kembangkan oleh Google. Jaringan ini di luncurkan pada tanggal 28 Juni 2011, dalam upaya untuk melengkapi jaringan sosial lain, seperti menghubungkan produk Google Drive, Blogger dan YouTube.

Google plus ini memberikan pengalaman jejaring sosial yang kaya akan fitur serbaguna dan menjadikan pengalaman Google+ kamu lebih istimewa.

Selain itu Google Plus juga bisa di gunakan untuk menunjang bisnis kamu dalam mencapai pasar yang lebih luas, lho. Berikut ini adalah beberapa fitur dan cara optimasi Google Plus untuk bisnis yang bisa kamu lakukan.

Fitur-Fitur Google Plus yang Bisa Menjunjang Bisnis

Oleh karena rendahnya keterlibatan pengguna dan kelemahan desain perangkat lunak, Google Plus di hentikan pada tanggal 7 Maret 2019 lalu, dan Google Plus ini juga di tutup untuk penggunaan bisnis dan pribadi pada tanggal 2 April 2019.

Namun, jika kamu masih ingin menggunakannya Google Plus ini masih tersedia sebagai “Google+ untuk G Suite”. Berikut ini adalah beberapa fitur Google Plus yang bisa kamu gunakan untuk menunjang bisnis kamu.

Google+ Circle

Fitur Google+ Circle adalah fitur yang berisi kategori untuk koneksi yang kamu miliki, sehingga kamu bisa berbagi pembaruan secara selektif dengan grup dan komunitas yang berbeda. Contoh kelompok tersebut bisa mencakup keluarga, teman, rekan kerja, dan orang-orang dengan minat khusus.

Circle ini bisa terpisah atau tumpang tindih. Jadi, jika rekan kerja kamu juga merupakan mitra klub buku, mereka akan mendapatkan pembaruan untuk kedua grup. Pengguna di luar Circle juga bisa melihat daftar nama anggota namun tidak dapat melihat apa yang ada di dalam Circle ini.

Google+ Hangouts

Hangouts adalah opsi untuk melakukan obrolan video dengan maksimal 10 orang pada waktu tertentu. Penekanan Google pada fitur ini adalah menciptakan ruang yang meniru pertemuan ad-hoc biasa di dunia nyata.

Google+ Huddle

Di Google+ ada fitur bernama Huddle. Huddle adalah opsi untuk obrolan grup perpesanan teks, dapat di akses melalui perangkat Android, iPhone, dan SMS.

Google+ Instant Upload

Instant Upload adalah opsi di Google+ untuk mengirim gambar dan video yang di ambil dengan ponsel secara otomatis ke album foto pribadi kamu. Pengguna Google+ Instant Upload bisa memutuskan apakah akan membagikannya secara publik atau ke Circle mereka sendiri.

Google+ Streams

Fitur yang ini mirip dengan update berita di Facebook. Namun, dengan Streams kamu bisa melihat pembaruan untuk Circle tertentu, dan bukan pembaruan untuk semua orang sekaligus.

Google+ Sparks

Di Google+, Sparks adalah topik yang ingin kamu bicarakan dengan orang lain. Antarmuka atau interfacenya merupakan adaptasi dari pencarian Google. Google+ terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya, seperti Gmail, Google Maps, Google Drive, dan Google Kalender.

Layanan ini di luncurkan dalam versi beta pada 28 Juni 2011 lalu . Setelah layanan ini keluar dari versi beta, Google berencana untuk meningkatkan keanggotaan Google+ secara bertahap.

Cara Mengoptimalkan Google Plus Untuk Bisnis

Popularitas platform jejaring sosial Google Plus mungkin kalah jika di sandingkan dengan Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya. Namun, khusus bagi pengusaha kecil atau UKM, keberadaan Google+ juga tidak bisa di anggap remeh.

Bagi pebisnis start-up dengan modal minim, Google+ bukanlah media sosial biasa karena layanan ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan traffic dan juga kunjungan website di halaman pencarian Google. Berikut beberapa hal yang dapat di lakukan oleh bisnis kecil untuk mendapatkan hasil maksimal dari Google Plus.

Menggunakan SEO di Google Plus

Perbedaan utama antara Google+ dan jejaring sosial lainnya adalah bahwa Google+ mencakup mesin pencari terbesar di dunia, yaitu Google Inc. Karena merupakan produk Google, manfaat terbesar yang bisa kamu peroleh dari penggunaan Google+ adalah manfaat SEO bagi pemilik situs web.

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari poin ini, maka kamu bisa memanfaatkan fitur laman Google+ Bisnis Lokal. Setelah memanfaatkan kedua fitur tersebut, kamu dapat meningkatkan peringkat bisnis berdasarkan lokasi atau peta.

Gunakan Fitur Circle untuk Mengelola Segmentasi Jaringan

Circle Google+ adalah fitur yang efektif untuk mengelola sejumlah besar orang yang terhubung, dan memperbarui jaringan bisnis yang terfragmentasi. Melalui Circle Google+ kamu bisa membuat lingkaran sendiri berdasarkan teman, pelanggan, mitra bisnis, dan pemberi pengaruh yang kamu ikuti di Google+.

Ini akan membantu kamu mengelompokkan pembaruan ke audiens tertentu menurut minat mereka. Beberapa orang bahkan menggunakan Circle ini untuk mengirim pembaruan ke grup yang lebih besar melalui Gmail.

Hubungkan Seluruh Audiens dengan Google+ Events

Fitur Google+ Events adalah fitur yang memungkinkan pengguna Google+ mengirimkan undangan khusus kepada siapa saja, baik pengguna Google+ maupun bukan.

Google+ disinkronkan dengan baik dengan Google Kalender dan otomatis di  tampilkan ketika pengguna telah mengonfirmasi kehadiran di suatu acara. Kamu juga bisa mengirimkan undangan ini ke webinar, acara kerja, pesta, dan lainnya.

Google+ events juga bisa mengirimkan undangan ini ke Google+ Hangouts. Dengan demikian kamu juga bisa meningkatkan awareness dan jumlah peserta evebts kamu melalui fitur Google+ Hangout ini.

Memublikasikan Klaim Konten (Google Authorship)

Ini adalah strategi terbaik di Google+, yang memungkinkan kamu menautkan postingan di Google+ dengan laman resmi situs web. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu menambahkan sebaris kode unik dari Google+ ke template website yang kamu miliki.

Ini juga akan memudahkan Google dalam mengidentifikasi halaman website, sehingga ketika seseorang mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis kamu ke Google, maka informasi halaman web kamu akan muncul di sisi kanan hasil pencarian.

Pantau Rekomendasi untuk Mengetahui Keinginan Pengunjung

Menggunakan fitur Lokal di Google Plus akan membantu kamu memahami rekomendasi apa saja yang di tulis pengunjung tentang bisnis milikmu. Pengunjung yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi suatu lokasi bisnis bisa saja menulis rekomendasi di Google Plus Lokal.

Hal ini dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas usaha yang kamu kelola. Kamu bisa mempelajari apa yang di inginkan pengunjung dari usaha kamu dan kemudian melakukan perbaikan terus-menerus untuk memenuhi keinginan pengunjung tersebut.

Bagikan Foto Lokasi untuk Menarik Lebih Banyak Calon Pengunjung

Melalui Google Plus Lokal, kamu juga bisa berbagi foto lokasi bisnis, lho. Karena selain rekomendasi tertulis, Google Plus juga menyediakan fitur Snapshot.

Dimana fitur ini memungkinkan pengunjung tempat usaha kita berbagi foto yang di ambil. Hal ini tentu menjadi bentuk promosi yang efektif, karena aktivitas berbagi foto kuliner atau lokasi menarik sudah menjadi bagian dari sosial budaya masyarakat.

Penutup

Google Plus mungkin bukan jejaring sosial terpopuler, namun jejaring sosial ini sangat mudah di gunakan dan juga menawarkan keuntungan bisnis yang tidak kalah dengan media sosial lainnya.

Jika kamu baru memulai bisnis dan masih berupa bisnis kecil, maka kamu bisa menggunakan Google Plus ini untuk bisnis kamu tanpa biaya tambahan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga