fbpx

Fungsi RAM Pada Laptop yang Jarang Orang Tahu

Keberadaan RAM di laptop memiliki peran yang sangat penting. Inilah fungsi RAM pada laptop yang harus anda ketahui. 

Siapa pun pasti sudah mengetahui RAM merupakan salah satu komponen perangkat keras dalam yang mempunyai andil banyak dalam hal performa di sebuah perangkat. Supaya memperleh RAM tepat guna sebuah device, tentu Anda perlu mengetahui spesifikasi serta fungsi RAM pada laptop dengan detail lebih dahulu.

Pada berikut ini terdapat penjelasan tentang fungsi RAM pada laptop serta jenis-jenisnya yang beredar luas di pasaran. Tetapi sebelum mengetahui hal tersebut, penting untuk mengenali dari RAM itu sendiri.

Pengertian dan Fungsi RAM Pada Laptop

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yakni perangkat keras yang umumnya kita temukan dalam sejumlah perangkat pintar seperti laptop, komputer serta smartphone sekalipun. Sehingga kalau dilihat secara umumnya, fungsi RAM pada laptop yaitu guna menyimpan bermacam yang hendak diproses namun sifatnya hanya sementara atau temporary.

Kalau menelisik tentang sejarah RAM, perangkat keras satu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1968 silam oleh insinyur listri kebangsaan  Amerika Serikat yaitu Robert H. Dennard. Setelah itu RAM dikembangkan usai personal computer mulai beroperasi.  Sementara itu, dari segi strukturnya, RAM memiliki susunan yang terbilang sederhana yaitu :

  • Input Storage: Nantinya RAM mengumpulkan bermacam data yang pengguna input atau masukan dengan pemanfaatan alat tertentu misalnya lewat keyboard.
  • Program Storage: Pada tahapan tersebut, RAM mulai melakukan proses sebuah instruksi seluruh program ketika pengguna hendak mengaksesnya.
  • Working Storage: Sesudah sejumlah data yang Anda proses telah diolah, otomatis tahapan working storage menyimpannya.
  • Output Storage: Ini merupakan tahapan terakhir yang nantinya menampilkan hasil olahan data lalu didistribusikan menuju perangkat jenis output.
Baca Juga :  Wajib Tahu! Rahasia Membuat Website Portofolio¬†yang Keren

Perbedaan Antara ROM dan RAM

Kalau membahas tentang pengertian dan fungsi RAM pada laptop itu sendiri, kerap kali Anda mendapati bermacam informasi mengenai perbandingannya dengan Read Only Memory atau ROM. Sebenarnya fungsi antara RAM dan ROM hampir sama, tetapi ada sejumlah aspek dalam keduanya yang terbilang berbeda. 

1. Berdasarkan kecepatan dan data

Dari bidang pengaksesan sebuah data, RAM memiliki sifat yang tak permanen dan Anda pun bisa saja merubahnya beberapa kali. Lain halnya dengan ROM lantaran sifatnya lebih permanen.

2. Pemakaian, kapasitas dan ukuran

Sementara itu untuk kapasitas serta ukuran pada RAM tergolong jauh lebih tinggi serta besar jika dibandingkan dengan ROM. Sedangkan jika dari bidang penggunanya, ROM cenderung lebih dikhususkan kepada perangkat dengan kapasitas penempatan memori berukuran kecil yang diperlukan.

Sebagai sebuah tempat penyimpanan data-data fungsi RAM pada laptop mampu berpengaruh terhadap kecepatan suatu perangkat saat digunakan. Karena itulah tak mengherankan kalau Anda mencari informasi mengenai RAM. Perlu Anda ketahui terdapat sangat banyak tingkatan kapasitas yakni mulai di bawah 1 GB sampai 16 GB sekalipun.

Lalu apakah fungsi RAM pada laptop secara umum sekedar sampai situ saja? Jawabannya tentu tidak. Sebab keberadaan RAM begitu membantu Anda dalam pengoperasian sistem komputer saat melakukan proses recall untuk sebuah data.

Bukan itu saja, fungsi RAM pada laptop lainnya yaitu menjadikan tampilan grafis memiliki kualitas resolusi cenderung lebih tajam dan tinggi. Karena itulah kian suatu perangkat memiliki kapasitas RAM memadai dan besar, otomatis penampilan grafisnya terlebih saat pengguna bermain game nantinya menjadi semakin baik. 

Fungsi RAM dalam Laptop

Terdapat beberapa fungsi RAM pada laptop yang penting untuk Anda simak.

Baca Juga :  Apa Itu Level Domain? Kenali Fungsi di Setiap Tingkatannya

1. Penyimpanan untuk data dengan skala kecil

Adapun fungsi RAM pada laptop pertama berkaitan dengan penyimpanan data. Laptop sendiri adalah bentuk kompatibel dari perangkat komputer lantaran sangat mudah dibawa kemana pun. Karena itulah kapasitas dalam penyimpanan data pun pastinya tak sebesar perangkat komputer termasuk untuk kapasitas RAM di dalamnya.

Misalnya saja saat Anda tengah menulis artikel di layanan Microsoft Word namun tanpa melakukan tahap penyimpanan dengan cara manuali. Berikutnya RAM akan melakukan tahap simpan sementara tulisan yang sedang Anda ketik di MS Word agar mempermudah pengguna saat melanjutkan tulisan itu maupun langsung saja disimpan dalam sistemnya.

2. Memproses data-data yang cenderung lebih sederhana

Sementara itu fungsi dari RAM dalam laptop cenderung lebih dikhususkan guna mengolah data dengan sifat lebih sederhana, contohnya saja pemakaian MS Office untuk kebutuhan pekerjaan kantor maupun sekolah sampai melakukan tahap edit foto.

3. Mempercepat upaya olah data yang non kompleks

Walaupun RAM dalam laptop kapasitas penyimpannya tak sebesar perangkat komputer, namun kemungkinan adanya masalah seperti laptop jadi lebih lambat ataupun program yang berjalan tiba-tiba tak berfungsi. Dengan demikian RAM pun dibutuhkan guna melakukan tahap olah data non kompleks lalu disimpan secara sementara dalam sistem sebuah laptop.

Itulah beberapa fungsi RAM pada laptop yang penting untuk Anda ketahui sebagai pengguna perangkat tersebut. 

No tags for this post.