fbpx

Fungsi Mail Server dan Peranannya Bagi Web Bisnis Anda

Anda tentu pernah berkirim surat melalui internet alias , surek, atau surat elektronik. Email-email yang Anda buat bisa terkirim ke penerima karena peranan dan fungsi mail .

Sebelum melangkah lebih lanjut ke fungsi mail server dan peranannya dalam Anda, mari review kembali dasar mail server.

Mengenal Apa itu Mail Server?

fungsi mail server

Mail server adalah sebuah sistem yang terdapat pada sebuah komputer server yang bertugas untuk mengirimkan email dan menerima email.

Email server baru bisa bekerja setelah software atau mail server ter-install pada server. Software ini mengijinkan administrator sistem untuk membuat dan mengelola akun email bagi semua yang ter-hosting pada server tersebut.

Contoh jika server menghosting domain bernama tokosarungku.com, maka mail server dapat menyediakan akun email yang berakhiran nama domain, yaitu @tokosarungku.com. 

Umumnya aplikasi mail server dan web server ter-install pada satu mesin server. Namun layanan atau penyedia jasa email seperti dan Hotmail menggunakan perangkat mesin khusus untuk mengirimkan dan menerima email.

Mail server bekerja dengan 3 protokol, yaitu:

  • Protokol SMTP, bertugas untuk mengirimkan email dan permohonan email mau keluar. 
  • Protokol IMAP, berfungsi untuk mensinkronisasi keseluruhan email masuk.
  • Protokol POP3, memiliki peranan untuk menerima email masuk.

Dari penjelasan di atas, Anda sudah mengetahui definisi dan cara kerja mail server bukan? Lantas apakah fungsi dan peranan mail server? 

Peranan dan Fungsi Mail Server Bagi Akun Web Bisnis Anda

fungsi dan peranan mail server

Mail server sebagai sistem operasi pada server, bertindak sebagai tukang pos elektronik dalam lalu lintas surat menyurat elektronik. Berikut ini fungsi dan peran pentingnya untuk web bisnis Anda.

Baca Juga :  Apa Dampak Lupa Perpanjang Domain dan Hosting

Fungsi Mail Server

Berikut ini beberapa dari fungsi mail server :

  • Mengumpulkan dan mendistribusikan email ke alamat tujuan.
  • Melalui protokolnya, mail server berfungsi untuk mengatur lalu lintas email pada server hosting. 
  • Mengenkripsi perpindahan email. Hal ini berguna untuk melindungi informasi pada email dari akses luar. 
  • Memiliki fitur keamanan tambahan yang melindungi informasi pada email dari serangan cyber.   

Anda harus ingat, bahwa setiap Anda menerima dan mengirimkan email, semua itu terjadi karena mail server.

Dan jika Anda memiliki masalah dengan email, seperti keterlambatan penerimaan email, hal ini mungkin terjadi karena adanya masalah pada mail server. Inilah yang pada akhirnya menuntut mail server untuk  bekerja tepat waktu.

Peranan Mail Server

Memiliki mail server pada web bisnis bertujuan untuk meningkatkan branding, sampai kepada peningkatan . Biasanya saat Anda memiliki web bisnis, Anda juga mendapatkan fasilitas email bisnis yang alamat email tersebut mencantumkan domain web Anda. Contohnya order@tokosarungku.com.

Email domain ini Anda peroleh bisa lebih dari satu tergantung paket domain yang Anda pesan. Keuntungan menggunakan email domain ini adalah meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Anda bisa memanfaatkan email ini untuk mengirimkan informasi produk baru, produk ke pelanggan atau penawaran bisnis ke calon klien Anda. 

Email domain ini bisa ada karena peranan mail server. Software mail server yang ter-install pada mesin server membuat email-email bisnis Anda bekerja.

Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih layanan hosting dengan teknologi canggih agar surel-surel bisnis Anda bisa sampai ke pelanggan tepat pada waktu. Atau email pesanan dari klien Anda tidak terlewat sehingga Anda tidak kehilangan omset. 

Bagi Anda yang menjalankan bisnis hidup dan mati melalui web dan terhubung jaringan , email menjadi salah satu cara Anda melakukan penawaran door to door.

Penawaran ataupun penerimaan pesanan melalui email ini hanya terjadi dengan fungsi mail server. Oleh sebab itu, pilihlah layanan hosting yang kredibel, cepat dan up-to-date, seperti layanan yang disediakan oleh DewaBiz.

Baca Juga :  3 Cara Memperpendek Link Mudah dan Praktis untuk Situs