fbpx

Lelang Domain - Temukan Domain Bagus Disini!

General

Fungsi dan Kegunaan Fitur cPanel pada Web Hosting

Yodik Prastya

Mungkin ada beberapa di antara Anda yang merasa bingung tentang bagaimana mengelola sebuah website. Untungnya, sekarang ada cara yang mudah untuk mengelola website menggunakan control panel hosting atau cPanel. Kenali definisi dan fungsi cPanel pada web hosting di artikel ini!

Control panel adalah alat yang dapat digunakan untuk mempermudah pengelolaan website melalui satu dashboard. Salah satu platform manajemen hosting yang populer adalah cPanel. cPanel menawarkan beragam fitur dan antarmuka dashboard yang intuitif.

cPanel berfungsi sebagai panel kontrol untuk memudahkan pengelolaan layanan hosting, baik itu dari sisi server maupun website. Saat ini, cPanel merupakan salah satu control panel hosting yang paling banyak digunakan. Penasaran dengan fungsinya? Yuk cek lebih lanjut pada artikel ini!

Fungsi cPanel pada Web Hosting

Ada sejumlah fungsi utama yang ditawarkan oleh cPanel dalam web hosting. Ketahui lengkapnya pada bagian ini. Berikut ini adalah beberapa fungsi lain yang dimiliki oleh cPanel:

  • Memudahkan pengguna dalam mengatur layanan web hosting.
  • Membuat dan mengelola domain yang terdaftar pada akun hosting.
  • Mempermudah pengguna dalam mengonfigurasi website mereka.
  • Mengatur pengaturan PHP dan database website.
  • Mengelola file dan data yang terkait dengan website.
  • Membuat dan mengelola akun email terkait dengan domain hosting.
  • Memberikan laporan statistik pengunjung web yang membantu dalam pemantauan kinerja website.
  • Memungkinkan pengguna untuk menginstal dan mengelola berbagai CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan lainnya.
  • Memberikan pemantauan penggunaan resource hosting, sehingga pengguna dapat melihat dan mengelola penggunaan sumber daya hosting mereka.

Kegunaan Fitur-fitur cPanel

Sebagai pemilik website, penting bagi Anda untuk mengetahui fitur-fitur yang tersedia di cPanel yang dapat membantu meningkatkan kinerja dan optimalisasi website Anda. Berikut adalah beberapa fitur cPanel yang dapat dimanfaatkan:

1. Manajemen File

Anda dapat mengelola file-file pada cPanel melalui menu FILES. Di dalam menu FILES terdapat beberapa sub-menu, salah satunya adalah file manager.

Di file manager, Anda dapat menyimpan semua data website Anda, menghapus file, membersihkan cache, mengatur gambar website, dan melakukan berbagai tindakan pengelolaan file lainnya.

2. Manajemen Database dan Software

Sebuah website yang menggunakan CMS (Content Management System) membutuhkan database untuk menyimpan pengaturan, posting, dan data lainnya. Untuk mengelola database tersebut, Anda dapat menggunakan menu DATABASES dan memilih fitur seperti PHPMyAdmin atau MySQL Database.

Selain itu, untuk pengguna yang lebih ahli, cPanel juga menyediakan fitur untuk mengelola software menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP dan Perl. Fitur ini biasanya digunakan oleh pengembang website yang memiliki tingkat keahlian yang lebih lanjut.

3. Manajemen Domain dan Metrik

Pada layanan hosting, Anda dapat mengelola beberapa domain seperti subdomain, addon domain, dan parked domain melalui cPanel. Anda dapat menambahkan domain melalui menu DOMAINS di cPanel yang menyediakan fitur-fitur seperti subdomain, redirects, simple zone editor, dan lainnya.

Selain mengelola domain website, Anda juga dapat memantau metrik yang terkait dengan kinerja situs. Pada fitur METRICS, Anda dapat melihat laporan kunjungan situs harian atau bulanan, serta melihat kejadian downtime situs.

4. Manajemen Email

Banyak paket hosting menyediakan fitur email. Pada fitur email, Anda dapat melakukan berbagai konfigurasi, seperti membuat akun email dengan nama domain, mengirim dan menerima email, menggunakan autoresponders, dan berbagai fitur email lainnya.

5. Manajemen Keamanan

Keamanan situs web adalah hal yang sangat penting, namun Anda tidak perlu khawatir karena cPanel dapat membantu menjaga keamanan situs Anda dari virus, malware, dan pencurian data.

Penutup

Itulah beberapa fungsi cPanel pada Web Hosting sekaligus penjelasan tentang beberapa manfaat dari fitur-fitur yang ada dalam cPanel. Semoga bantu Anda makin paham dengan cPanel!

Baca Juga