fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikPengetahuanTechnology

Flowchart Adalah, Berikut Tips, Jenis Beserta Fungsinya

Yanti puspita

Flowchart adalah diagram yang menjelaskan alur proses dalam membangun suatu program. Flowchart berperan penting dalam menterjemahkan proses menjalankan program sehingga lebih mudah di pahami. Pada artikel kali ini kita akan menjelaskan secara detail kepada kamu mengenai Flowchart. Lantas bagaimana tips efektif, jenis beserta fungsinya? Mari simak ulasan di bawah ini.

Tips Membuat Flowchart Adalah

Flowchart adalah diagram yang menunjukkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan proses program. Setiap langkah di buat dalam bentuk diagram dan di hubungkan dengan garis atau panah.

Membuat flowchart yang efektif perlu mempertimbangkan beberapa tips untuk memastikan pembaca dapat lebih mudah memahami alur diagram. Dengan mengikuti beberapa tips ini, kamu dapat meningkatkan efektivitas diagram tersebut. Berikut beberapa tips membuat flowchart yang bisa kamu ikuti:

·         Tentukan Jenis Flowchart yang Tepat

Flowchart adalah sesuatu yang harus kita miliki karena sangat penting. Meskipun penting, pilihlah jenis flowchart yang paling sesuai dengan proses atau tugas yang kamu inginkan.

·         Buat Keterangan yang Singkat Dan Jelas

Pastikan label atau deskripsi pada simbol flowchart di buat singkat dan mudah di pahami. Hindari menggunakan kata-kata yang ambigu atau sangat teknis. Sebab, tujuan utama pembuatan flowchart adalah agar pembaca dapat dengan cepat memahami makna dari setiap langkah atau keputusan yang di ambil.

·         Sesuaikan Flowchart Agar Cukup Di Satu Halaman

Cobalah untuk menyesuaikan flowchart pada satu halaman. Jika flowchart terlalu besar, buat beberapa dokumen flowchart  dan letakkan tautan dokumen di file utama. Cara lain adalah dengan memperkecil ukuran flowchart. Tapi ingat, bahwa tulisan pada diagram masih terbaca.

·         Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Warna

Memang benar warna bisa memberikan efek visual yang menarik pada sebuah flowchart. Tapi, terlalu banyak warna dapat membuat flowchart terlihat rumit dan sulit untuk di baca. Gunakan warna yang konsisten, misalnya satu warna untuk simbol proses, satu warna untuk pengambilan keputusan, dll. Pastikan warna yang di gunakan juga kontras dan mudah di bedakan.

Beberapa Jenis Flowchart

Flowchart sendiri terdiri dari lima jenis, masing-masing jenis memiliki karakteristik dalam penggunaannya. Berikut jenis-jenisnya yaitu:

·         Flowchart Dokumen

Pertama adalah Flowchart dokumen, atau juga di kenal dengan paperwork flowchart. Flowchart ini bisa di gunakan untuk melacak alur form dari bagian pertama ke bagian lainnya, termasuk bagaimana laporan, di catat, di simpan, dan di proses.

·         Flowchart Program

Selanjutnya flowchart program, ini menjelaskan secara rinci prosedur proses program. Ada dua jenis diagram Flowchart program, yaitu:

  • Flowchart logika program
  • Dan flowchart program komputer terinci

·         Flowchart Proses

Flowchart proses adalah cara untuk menggambarkan teknik industri dan menganalisis langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem.

·         Flowchart Sistem

Flowchart sistem adalah seuatu yang menunjukkan langkah-langkah atau alur kerja yang terlibat dalam sistem secara keseluruhan. Flowchart ini menggambarkan urutan dari setiap prosedur dalam sebuah sistem.

·         Flowchart Skematik

Flowchart skematik adalah yang terakhir. Flowchart ini menunjukkan alur prosedur sistem, mirip dengan flowchart sistem. Namun, terdapat perbedaan penggunaan simbol dalam menggambarkan plot. Selain simbol, flowchart skematik juga menggunakan grafik komputer dan alat lain untuk membuat flowchart skematik lebih mudah di baca oleh orang awam.

Fungsi Flowchart

Setelah kamu mengetahui pengertian flowchart dan beberapa jenisnya, maka kamu juga harus mengetahui fungsinya, berikut di antaranya:

·         Memberikan Gambaran Proses

Ketika proyek akan dimulai, membuat flowchart merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Semua proses dan peluang yang akan terjadi dalam program di gambarkan dengan jelas dalam sebuah flowchart.

·         Mengelola Workflow

Fungsi flowchart selanjutnya adalah untuk membantu mengatur alur kerja suatu proses. Simbol flowchart dapat di gunakan untuk menggambarkan setiap proses yang terjadi dalam suatu program. Ini memudahkan pengembang untuk menggambarkan kemajuan pengembangan software mereka.

·         Mendokumentasikan Proses

Flowchart tidak hanya membantu kamu mengelola alur kerja, tetapi juga membantu proses dokumen kamu lebih efektif. Tidak perlu lagi merinci dan menghubungkan proses satu per satu. Proses dapat dengan mudah di dokumentasikan hanya melalui flowchart dan simbol garis.

·         Membantu Rancangan Program Menjadi Universal

Flowchart dapat membantu semua orang memahami alur suatu program, terlepas dari bahasa pemrograman yang di gunakan dan aspek teknis lainnya. Di sini, flowchart bisa menjadi jembatan antara pengguna dan pemrogram.

Pengembang mengubahnya menjadi kode program, dan pengguna dapat menggunakan flowchart untuk memahami urutan operasi dengan mudah.

Contoh Penggunaan Flowchart di Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini beberapa contoh Flowchart adalah:

·         Pembuatan Website

Pada langkah pengembangan web, flowchart dapat membantu kamu merencanakan tata letak halaman, termasuk elemen seperti:

  • Header
  • Footer
  • Sideba
  • Dan konten utama

kamku dapat menggunakan simbol flowchart untuk mewakili setiap elemen. Dan mengaitkannya dengan alur navigasi yang di inginkan.

Dengan menggunakan flowchart untuk merencanakan proses pembuatan website, kamu dapat dengan jelas menggambarkan struktur dan fungsionalitas website sebelum memulai proses coding dan desain grafis. Ini akan membantu kamu mengidentifikasi:

  • Kebutuhan
  • Kekurangan
  • Dan memberikan panduan yang jelas bagi pengembang dan desainer web untuk membuat situs web yang sesuai dengan visimu

Tidak hanya itu, flowchart juga dapat membantu meningkatkan user experience. Di mana user experience merupakan pengalaman pengunjung ketika berinteraksi dengan sebuah website dan menjadi salah satu faktor utama kesuksesan sebuah website.

Dengan flowchart, kamu dapat merencanakan interaksi pengguna dengan websitemu, misalnya proses pendaftaran keanggotaan. Karena langkah-langkahnya lebih detail, kamu akan memahami langkah-langkah yang kurang efisien dan membingungkan pengunjungmu.

·         Pengambilan Keputusan

Dalam setiap proses pengambilan keputusan, flowchart adalah alat yang efektif karena dapat membantu mengatur informasi terkait, sehingga kamu dapat membuat keputusan yang lebih logis. Melalui flowchart, kamu dapat mengidentifikasi berbagai faktor risiko.

Dan faktor keberhasilan untuk keputusan yang akan di ambil, sehingga kamu dapat menilai penilaian dengan cara yang lebih terukur. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memahami berbagai alternatif dan akibat dari keputusan yang akan di ambil dengan membuat flowchart.

·         Visualisasi Algoritma Pemrograman

Flowchart adalah alat visual yang sangat efektif untuk menggambarkan algoritma pemrograman secara terstruktur dan mudah di pahami. Bagi kamu yang belum tahu, algoritma pemrograman adalah serangkaian langkah terstruktur yang di gunakan untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan dalam pemrograman.

Nantinya, setiap langkah dalam algoritma dapat di gambarkan sebagai simbol atau bentuk dalam flowchart. Simbol-simbol ini mewakili:

  • Pernyataan logis
  • Pengambilan keputusan
  • Dan tindakan lain yang di perlukan dalam algoritma

Flowchart memungkinkan kamu untuk dengan mudah menggambarkan aliran logis dari suatu algoritma. Flowchart juga memungkinkan pemrogram untuk:

  • Merencanakan
  • Menganalisis
  • Dan meningkatkan algoritme dengan lebih efektif sebelum mengimplementasikannya sebagai kode

Demikian penjelasan mengenai flowchart adalah, tips, jenis beserta fungsinya yang bisa kita sampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan di atas dapat menambah wawasanmu.

Baca Juga