fbpx

Estimasi Biaya Pembuatan Website, Mahal atau Murah?

sangatlah berguna untuk kehidupan manusia saat ini. Bukan hanya soal  urusan pekerjaan, kehadiran website semakin mempermudah pertukaran informasi. Untuk membuat sebuah website, ada banyak hal yang harus diketahui dan salah satunya berapa estimasi pembuatan website.

Secara garis besar, pembiayaan yang dikeluarkan untuk membuat sebuah website berkisar ratusan hingga puluhan juta rupiah. Harga yang dikeluarkan ini tentunya akan sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan sebagai salah satu cara branding bisnis.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Pembuatan Website

Ada bermacam-macam dan biasanya biaya yang dibutuhkan untuk membuatnya berbeda. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan perbedaan harga ini. Sebab, tidak semua situs memerlukan fitur yang sama. Ada sebagian orang yang merasa cukup dengan fitur yang sedikit, begitupun sebaliknya.

Tentu fitur yang lebih lengkap dan spesifik membutuhkan biaya yang lebih besar. Untuknya, sebelum memutuskan membuat website, Bizzie memang harus mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar dana dan kebutuhan situs bisa tercapai dengan baik.

Adapun faktor yang membedakan harga pembuatan website adalah sebagai berikut:

Fitur Website

Fakto satu ini sangat mempengaruhi bahkan menjadi penyebab utama perubahan harga. Fitur website ini telah mencakup nama domain, sertifikat , serta . Juga termasuk di dalamnya paket web hosting yang merupakan sewaan untuk menyimpan Bizzie.

Fungsi E-Commerce

Fitur ini meliputi manajemen stok bisnis, pilihan pembayaran, halaman produk hingga, pengiriman. Biasanya, estimasi membuat website bisnis online lebih besar Karena banyak fitur yang harus disediakan.

Marketing dan SEO

Membuat website tentu saja Anda berusaha untuk menampilkannya di halaman pertama Google. Faktor lain yang membuat biaya pembuatan website lebih mahal atau ,rah adaah marketing SEOnya. Calon pemilik situs harus menginvestasikan dananya untuk menggunakan jasa marketing atau membeli tool optimasi yang sesuai.

Baca Juga :  5 Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo Yang Perlu Diketahui

Desain Website

Pengalaman pengunjung sangatlah penting. Itulah mengapa desain website harus menarik agar  experience pengunjung baik. Anda sebagai pemilik haruslah cermat dalam hal memilih tema, desain web, sampai templatenya.

Estimasi Harga Pembuatan Website

Setiap developer menetapkan harga yang berbeda untuk membuat website. Sebagai estimasi, berikut perkiraan harga yang harus Anda bayarkan jika ingin membuat situs:

1.  Nama Domain

Layaknya rumah, domain fungsinya sangatlah penting bagi berdirinya sebuah situs. Nama domain fresh inilah yang nantinya akan menjadi nama url untuk situs Anda. Memilih nama domain harus direncanakan sebaik mungkin dan tidak boleh asal-asalan, terlebih lagi jika digunakan untuk kepentingan bisnis maupun instansi.

Nama yang digunakan haruslah mewakili bisnis yang sedang Anda jalankan. Adapun perkiraan harga domain yakni Rp150.000 s/d Rp500.000 (harga bisa jadi berbeda, jadi usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu).

2.  Hosting

Semakin mahal hosting, maka semakin banyak pula jumlah pengunjung yang bisa ditampungnya. Untuk hosting seharga Rp500.000 s/d Rp1.000.000 mampu menampung hingga 500 pengunjung setiap harinya.

Untuk Anda yang belum tahu apa fungsi dari hosting ini, merupakan fitur di mana pemilik website memajang content serta menampung visitornya. Ibarat manusia, hosting merupakan rumah untuk website Anda. Rumah ini bisa jadi besar, bisa jadi kecil tergantung harga yang Anda bayarkan di awal pembuatan.

3.  CMS dan Design

Content Management System CMS) merupakan mesin yang digunakan untuk membuka situs Bizzie mulai dari tahap pemrograman hingga desainnya. CMS ini sendiri termasuk yang paling disukai karena terkenal lebih murah, mudah dengan sistem pengelolaan dari perusahaan ternama. Terdapat banyak fitur bagus dan bermanfaat (termasuk untuk mengoptimasi SEO).

Untuk estimasi harganya pendiri berada di kisaran harga Rp500.000 s/d Rp1.500.000. Perlu diingat jika harga tersebut hanyalah perkiraan saja, jadi tidak bisa dijadikan patokan asti sebab bissa jadis etiap webs developer memberikan harga yang berbeda.

Baca Juga :  Strategi Penting Mengenai SEO Dalam Bisnis

4.  Desain Grafis

Berikutnya ada yang sedikit banyaknya dibutuhkan oleh pemilik website. Sebenarnya, Anda bisa mendesain website secara mandiri karena ada banyak sekali tema yang  bisa digunakan, namun, fitur-fitur layanan gratis tentu tidak eksklusif yang berbayar.

Bila Anda belum bisa membuat, cukup menyewa designer yang sudah berpengalaman agar situs Anda semakin terlihat profesional. Atau bisa juga dengan menggunakan tema berbayar agar fitur yang bisa digunakan lebih lengkap lagi.

5.  Plugin

sendiri merupakan tools yang  bisa menambah fitur-fitur tertentu dalam website Anda. Sama halnya tema, di WordPres, Anda bisa menggunakan plugin secara gratis (0 rupiah). Untuk pemula, mungkin tool tanpa bayar ini sudah cukup, namun bagi yang ingin mebangun website bisnis, disarankan menggunakan yang berbayar agar lebih profesional.

6.  Keamanan Tambahan

Estimasi membuat website selanjutnya adalah menyediakan dana keamanan tambahan. Perlu diingat jika yang satu ini sifatnya opsional. Bisa tidak digunakan tergantung kebutuhan Anda sebagai pemilik website.

Meski tidak wajib, tentu Anda harus tetap menyiapkan budget tambahan untuk mengantisipasi pengeluaran tambahan nantinya. Terlebih lagi jika ingin memperkuat keamanan website, maka ini ini sangat wajib untuk dipersiapkan.

Salah satu fitur keamanan yang bisa mengawasi pertukaran data adalah SSL. Hacker akan sulit menembus website dengan keamanan SSL ini. Untuk perkiraan harganya, umumnya layanan SSL ini seharga Rp 115/bulannya.  Dibandingkan menggunakan yang gratis, akan lebih baik memakai yang berbayar agar tingkat keimanan semakin sulit ditembus.

Itulah tadi estimasi biaya membuat website terbaru. Memang Bizzie harus mengeluarkan modal yang terbilang besar agar website yang dikelola nantinya lebih kredibel dan mampu mendatangkan benefit untuk Anda maupun instansi.