fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Sejarah Domain .TV dan 4 Kelebihannya

Muhammad Rizqy

Apa yang Anda pikirkan saat pertama kali membaca atau mendengar tentang keberadaan domain .tv? Pasti imajinasi Anda akan langsung melayang pada sebuah perangkat elektronik sebagai penangkap siaran gambar, bukan?

Anggapan ini memang tidak salah, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui secara lebih mendalam. Dengan begitu, Anda akan semakin yakin untuk memasang domain tersebut.

Sejarah Domain .TV

Dikutip dari Namecheap (https://www.namecheap.com/domains/registration/cctld/tv/) mengatakan, bahwa domain .tv adalah salah satu jenis top level domain atau ccTLD untuk negara Tuvalu. Wilayah ini merupakan sebuah pulau di Polinesia, yakni negara kecil yang berada di sebelah selatan pasifik.

Negara ini memang memiliki domain dengan kode “TV” yang identik dengan dunia pertelevisian atau video. Seperti yang diketahui bersama, saat ini gambar visual memiliki peranan penting, terutama dalam bidang pemasaran.

Hal ini selaras dengan meningkatnya data konsumsi masyarakat terhadap video yang beredar di internet dari tahun ke tahun. Melansir dari laman Statista (https://www.statista.com/statistics/420791/daily-video-content-consumption-usa-device/), pada tahun 2020 lalu, konsumsi video internet di Amerika melonjak dari 62 menjadi 109 menit per hari.

Kondisi inilah yang menjadi latar belakang penggunaan domain (dot) tv untuk berbagai situs berbasis internet secara global. Sesuai prediksi, kini keberadaan ekstensi (dot) tv menyumbang pendapatan pemerintah Tuvalu hingga 10% setiap tahunnya.

Kelebihan Domain TV Commercial

Penggunaan domain (dot) tv pada sejumlah bisnis yang berhubungan dengan pembuatan video bukanlah tanpa alasan. Namun, ekstensi ini memang menawarkan berbagai kelebihan, di antaranya:

1. Kemudahan dalam Branding

Dengan sekali baca, siapapun akan mengetahui bahwa situs Anda menyuguhkan tayangan yang berisi video. Kondisi tersebut menjadi pembeda yang sangat signifikan dengan jenis ekstensi yang lain, misalnya (dot) com.

Menurut kacamata Anda pribadi, antara ceritarakyat.tv dengan ceritarakyat.com, mana yang lebih terlihat sebagai channel video? Tentu penggunaan nama domain ceritarakyat.tv, bukan?

Di sinilah kelebihannya, Anda tidak perlu bersusah-payah untuk membangun branding dari situs tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan dana untuk melakukan promosi.

2. Lebih Mudah untuk Mendapatkannya

Meski tergolong populer, tetapi belum terlalu banyak perusahaan yang mendaftarkan bisnisnya dengan ekstensi (dot) tv. Itu berarti, Anda mempunyai peluang yang sangat besar untuk menjadi pemakai pertama.

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki situs dengan brand tertentu, kondisi ini tentu sangat menguntungkan. Sebab, Anda dapat mempunyai nama domain yang sama dengan ekstensi berbeda.

Contoh, tadinya Anda memiliki website resepboenda.com, kemudian membuat lagi dengan nama resepboenda.tv. Keuntungannya, audiens tetap akan masuk ke website Anda, apapun ekstensi yang mereka pilih.

3. Mengundang Traffic Organik

Tak dimungkiri, saat ini masyarakat lebih gemar menonton video dibandingkan membaca tulisan. Lebih baik mereka mengeluarkan budget untuk menonton daripada membeli buku bacaan.

Dengan branding yang kuat sebagai situs penyuguh video, situs Anda akan mampu menarik traffic organik. Kabar baiknya, saat audiens merasa nyaman dan cocok dengan sebuah channel, mereka cenderung setia.

Dalam artian, audiens akan selalu kembali pada channel yang sama untuk mencari tontonan yang mereka sukai. Menariknya, traffic seperti ini justru mampu bertahan lebih lama daripada menggunakan strategi yang berbayar.

4. Mendatangkan AdSense

AdSense atau iklan berbayar sangat menyukai keberadaan traffic organik. Jika mampu mengelolanya dengan baik, situs tersebut juga dapat menjadi ladang cuan. Selain itu, Anda tentu juga sangat familiar dengan istilah endorsement, bukan?

Lalu lintas situs yang padat juga akan menarik perhatian para pebisnis untuk meminta Anda mengiklankan produk mereka. Tawaran ini juga dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup banyak.Untuk mendapatkan domain .tv, pastikan Anda memesannya pada jasa penyedia hosting dan domain yang sudah berpengalaman, seperti Dewabiz. Bersama tim ahli, mari bangun website sesuai kebutuhan dan target.

Baca Juga