fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Domain .club, Ini Alasan Kita Perlu Memanfaatkannya

Muhammad Rizqy

Ingin mengembangkan diri bersama komunitas dan mengumpulkannya di website? Coba pakai domain .club, aja! Domain .club ini cukup populer untuk komunitas-komunitas kreatif secara online.

Memangnya kenapa harus menggunakan domain .club untuk mengembangkan komunitas? Sebelum membahas apa saja keunggulan domain ini, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu domain .club.

Pengertian Domain .club

Domain .club adalah bagian dari gTLD atau Top Level Domain Generic versi baru. Biasanya, pengguna domain atau gTLD .club ini adalah orang-orang yang bergelut di dunia bisnis, termasuk untuk para organisasi yang akan menciptakan komunitas daring.

Domain .club (dot club) sendiri berasal dari istilah yang populer pada suatu organisasi atau kelompok. Misalnya seperti:

  1. Komunitas Penggemar Sepak Bola

Website dengan domain .club sebagian besar berisi kelompok atau komunitas pecinta klub sepak bola tertentu. Salah satunya agar setiap anggota dalam komunitas penggemar mendapatkan informasi lebih lengkap terkait klub atau pemain sepak bola yang menjadi favorit mereka. 

  1. Forum Diskusi Online

Tidak jarang, domain .club menjadi sarana forum diskusi bagi kelompok-kelompok tertentu. Misalnya seperti forum mahasiswa, kelompok aktivis, maupun sekedar kelompok fanbase. 

  1. Club Hobi

Kesamaan hobi bisa mendorong orang-orang untuk berbagi pengalaman satu sama lain. Melalui website domain .club, kegiatan-kegiatan berbagi hobi bisa tersalurkan dengan baik. Termasuk juga tips dan trik tentang hobi untuk menambah pengetahuan anggota club yang lain. 

Karena club tersebut berdasarkan pada kesamaan visi-misi, hobi, tujuan, dan lainnya, eksistensi domain .club menjadi pilihan terbaik, alih-alih menggunakan domain besar seperti .com atau .id. 

Keunggulan Domain .club

Seperti yang kita ketahui, ada banyak komunitas terbentuk seiring berjalannya waktu. Setiap komunitas tentu saja memiliki caranya sendiri untuk mengembangkan dan memaksimalkan kelompok tersebut. Salah satunya adalah dengan membuat suatu website .club.

Kehadiran domain .club menjawab permasalahan luasnya jaringan komunikasi dalam sebuah komunitas untuk membuatnya menjadi lebih terjangkau. Karena hal ini, domain .club jadi salah satu solusi terbaik bagi komunitas. 

Ekstensi domain .club akan memudahkan orang-orang dengan minat yang sama dan akan menghubungkan satu sama lain dalam satu tempat yang sama. Mungkin kamu juga menyadari banyaknya komunitas dalam sosial media sebagai wadah komunikasi.

Untuk menunjang hal ini, domain .club menjadi wadah yang lebih besar dan lebih interaktif. Apalagi untuk mengirimkan informasi dan karya-karya terbaik yang akan tersimpan  secara sistematis. 

Kenapa Sebaiknya Menggunakan Domain .club?

Dari keunggulan yang cukup jelas melalui penggunaan ekstensi domain .club tersebut, terdapat beberapa alasan kenapa sebaiknya kita segera mendaftarkan domain .club.

  • Domain .club Cukup Simpel, seperti kebanyakan domain, penggunaan domain .club cukup singkat dan simple. Anda bisa mengingat domain ini dengan lebih mudah karena penggunaan kata yang familiar di keseharian. 
  • Domain yang General, hampir di seluruh dunia, istilah club memiliki arti yang sama. Domain .club juga merupakan TLD sosial yang mempermudah antar individu dari berbagai tempat untuk menghubungkan pemikiran satu sama lain guna membentuk komunikasi di komunitas yang lebih besar. 

Bagaimana Jika Domain .Club Telah Expired?

Karena eksistensi domain memang tidak bertahan selamanya, otomatis dalam jangka waktu tertentu domain akan kadaluarsa. 

Nah, kira-kira apa yang sebaiknya kita lakukan ketika domain sudah kadaluarsa? Apa domain .club hilang dan harus membuat website dengan domain .club yang baru?

Tergantung, Jika status expired atau kadaluarsanya masih berada di rentang 1-2 bulan setelah pengumuman expired, Anda masih bisa memulihkannya. Namun, Anda harus buy domain .club dari awal jika sudah lebih dari 2 bulan setelah peringatan. 

Intinya, website dengan domain .club jadi salah satu pilihan terbaik untuk kita yang ingin mengelompokkan sebuah komunitas dalam satu wadah besar. Domain .club sudah optimal untuk hal ini, kita bisa saja tidak bergantung pada domain raksasa seperti .com.

Baca Juga