fbpx

Perbandingan Head to Head cPanel vs DirectAdmin

Jika Anda seorang pengelola , tentunya tidak asing dengan panel kendali web , seperti ataupun DirectAdmin. Artikel ini akan menyuguhkan perbandingan head to head antara cPanel vs DirectAdmin dari segi kemudahan penggunaannya oleh user.

Overview cPanel vs DirectAdmin

cPanel vs DirectAdmin

Sebelum membuat perbandingan cPanel vs DirectAdmin, mari mengenal secara singkat apa itu cPanel dan DirectAdmin.

Apa itu cPanel ?

cPanel adalah kontrol panel web hosting yang berbasis GUI (perangkat antarmuka grafis). cPanel, LLC merancang automation tools ini guna membuat proses pengelolaan hosting menjadi lebih sederhana ketika pemilik web akan mengelola isi webnya hanya dengan menggunakan web standar.

Apa itu DirectAdmin?

DirectAdmin juga merupakan panel kontrol web hosting yang memiliki basis tampilan web grafis. Perangkat lunak ini menyediakan fitur administratif untuk situs web Anda hanya dengan menggunakan web browser standar dan mampu menyederhanakan konfigurasi server dan hosting.

Perbedaannya dengan cPanel adalah dengan DirectAdmin pengguna bisa mengelola beberapa model akun hosting. Sementara cPanel hanya bisa mengelola satu akun hosting saja.

Perbandingan Fitur Antara cPanel vs DirectAdmin

perbedaan fitur cPanel vs DirectAdmin

Walaupun keduanya sama-sama merupakan kontrol panel untuk web hosting, namun tetap memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini perbedaan fitur cPanel vs DirectAdmin.

1. Dari Segi Tampilan

Kedua perangkat pengelola hosting ini berbasis web grafis yang user friendly dan mudah untuk Anda gunakan. Secara tampilan keduanya menyediakan tampilan yang sleek, tersusun rapi, dan modern.

Baca Juga :  Belajar Tentang SEO dan Cara Kerjanya

2. Dari Segi Tingkat Akses

cPanel dapat melayani pengguna yang dibuat oleh root ataupun reseller, namun tidak memiliki opsi untuk mengelola semua akunnya sekaligus dalam satu interface.

Sedangkan DirectAdmin memiliki opsi untuk menggabungkan semua tingkat akses (admin, reseller, user) dalam satu interface tunggal. Anda dapat beralih untuk login sebagai admin ataupun user melalui fitur ‘Show All Users’.

Dari segi pengelolaan tingkat akses, DirectAdmin terlihat lebih mudah Anda gunakan untuk mengelola beberapa akun hosting atau sekaligus.

3. Dari Segi File Manager

Dari kemudahan penggunaan File Manager, cPanel terasa lebih mudah untuk Anda gunakan. Karena semua pilihan fiturnya mudah untuk langsung Anda akses (ada di tampilan awal file manager-nya).

Sedangkan untuk DirectAdmin, fiturnya tidak langsung tampil. Melainkan akan muncul melalui tooltips ketika Anda akan mengubah file atau direktori yang akan Anda ubah.

4. Dari Segi Penggunaan Sumber Daya

Karena memiliki lebih banyak fitur, cPanel memakan kapasitas memori dan penyimpanan ketimbang DirectAdmin. Namun, kelebihan DirectAdmin adalah penggunaan memory yang jauh lebih rendah ketimbang cPanel.

5. Dari Segi Manjemen PHP & WebServer

cPanel mempercayakan manajemen PHP dan web server-nya kepada EasyApache. Sedangkan DirectAdmin, menggunakan CustomBuild untuk manajemen PHP dan web servernya.

DirectAdmin memiliki dukungan versi web server yang lebih banyak ketimbang cPanel yang hanya memiliki support webserver Apache, Nginx dan Litespeed.

6. Dari Segi Opsi SQL

Dari opsi SQL yang mendukung untuk cPanel terdiri dari : MySQL, Postgress, MariaDB, dan PHPMyAdmin. DirectAdmin memiliki semua pilihan SQL cPanel yang ada kecuali Postgress.

7. Dari Segi ‘Pricing’

Head to head cPanel vs DirectAdmin dari segi harga, cPanel sebagai panel kontrol yang sudah lebih dulu ada dan memiliki fitur yang lebih lengkap tentu saja memiliki harga yang lebih mahal ketimbang DirectAdmin. Anda bisa menyesuaikan dengan web dan yang sedang Anda kelola.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Cara Memindahkan Hosting Website Antar Cpanel

Dari perbandingan cPanel vs DirectAdmin yang sudah Anda ketahui, kira-kira mana yang lebih cocok untuk Anda gunakan untuk mengelola web hosting? Jika Anda ragu ingin menggunakan panel kontrol hosting yang mana, Anda bisa menghubungi DewaBiz untuk menentukan pilihan yang tepat.