fbpx

Cloud VPS VS Cloud Hosting, Manakah yang Sesuai Bisnis Anda?

Ada dua istilah dalam cloud komputasi yang hampir mirip, yaitu cloud dan . Banyak orang yang menganggap kedua istilah ini sama, padahal sebaliknya. Nah, kenali perbedaan vs cloud hosting dari masing-masing sisi di artikel ini.

Pengertian Cloud VPS dan Cloud Hosting

cloud VPS vs Cloud Hosting

Untuk mencari tahu perbedaan antara cloud VPS vs cloud hosting, ada baiknya kembali sedikit mengulang tentang definisi dari kedua istilah tersebut.

Cloud VPS secara sederhana merupakan bentuk dari layanan VPS yang dapat membagi sumber daya sebuah fisik menjadi beberapa bagian secara virtual.

Kata lainnya adalah setiap VPS diinstal dalam sebuah server fisik dan berbagi sumber daya mesin secara virtual dalam lingkungan kerja cloud.

Sedangkan Cloud hosting adalah sebuah layanan hosting yang membuat ataupun web dapat diakses dengan memanfaatkan sumber daya cloud

Berbeda dari hosting tradisional, cloud hosting ini tidak ditempatkan pada satu server tunggal melainkan pada sekumpulan server. Dimana jaringan server tersebut berupa fisik maupun virtual yang terhubung.

Apa itu cloud server? Cloud server merupakan sebuah infrastruktur fisik atau virtual yang kuat yang mengkinerjakan aplikasi dan informasi serta penyimpanan -data pemrosesan. 

Cloud server ini dibuat dengan menggunakan software virtualisasi untuk membagi server fisik menjadi banyak server virtual.

Baca Juga :  Apa itu Startup dan Ciri-Cirinya

Perbandingan Cloud VPS VS Cloud Hosting, Manakah yang Lebih Baik?

 

perbedaan dari cloud VPS dan cloud hosting

Perbedaan dari cloud VPS dan cloud hosting terletak pada infrastruktur yang melekat dan cara sistem kedua hosting ini bekerja.

1. Dari Segi Infrastuktur

Perbedaan paling menonjol dari cloud VPS dan cloud hosting adalah dari insfrastruktunya. Ini penjelasannya. 

2. Infrastruktur Cloud VPS

Infrastruktur dan cara kerja pada cloud VPS adalah hanya menggunakan satu server fisik yang bekerja dengan sistem cloud. Di dalam server tersebut, cloud bekerja untuk saling membagi sumber daya mesin antara satu server virtual dengan server virtual lainnya.

Kelebihannya adalah jika web Anda membutuhkan tambahan sumber daya sewaktu-waktu bisa secara otomatis mendapatkan tambahan sumber daya yang tersedia pada mesin server tersebut.

Kekurangannya adalah jika web membutuhkan tambahan sumber daya yang lebih besar sementara single server yang dipakai terbatas dan kebutuhannya melebihi kapasitas single server, maka web memerlukan single server baru dengan kapasitas yang besar. 

3. Infrastruktur Cloud Hosting

Sementara pada cloud hosting, infrastruktur yang hosting ini pakai adalah jaringan cloud server yang terhubung dan berada dalam satu cluster. Cara kerjanya adalah dengan berbagi sumber daya yang ada pada cloud server dalam satu cluster.

Kelebihannya adalah jika web atau aplikasi Anda membutuhkan sumber daya yang besar saat kunjungan memuncak maka web Anda secara otomatis akan di- route ke server lain dalam satu cluster tersebut. 

Begitu pula jika terjadi malfungsi atau sistem internet down, maka Anda masih tetap dapat mengakses web Anda. Karena dalam prosesnya sistem akan me-route situs ini ke server lain dalam cluster yang sama.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Wordpress Hosting

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kelebihan cloud hosting vs cloud VPS adalah cloud hosting lebih handal dari cloud VPS.

4. Dari Segi Fleksibilitas, Skalabilitas, dan Keamanan

Keduanya memiliki keunggulan yang sama. Sama-sama bisa mengatur web atau aplikasi sendiri secara remote dan kapan saja. Serta dapat menentukan sendiri kebutuhan dan keamanan tinggi karena merupakan sistem tertutup.

Pilih Mana, Cloud VPS atau Cloud Hosting untuk Bisnis Anda? 

kelebihan cloud hosting vs cloud VPS

Jika Anda pemilik bisnis dan web merupakan hidup mati Anda dalam menjalankan bisnis, mungkin Anda sebaiknya menggunakan layanan cloud hosting. Terutama jika web Anda berupa e-commerce.

Tapi jika Anda hanya memiliki web yang butuh kunjungan seperti web penyaji informasi konten atau aplikasi web sosial media, maka Anda sebaiknya menggunakan cloud VPS.

Setelah mengetahui Cloud VPS Vs Cloud Hosting, manakah yang akan Anda pilih untuk keperluan web bisnis Anda? Untuk penjelasan lebih detail, Anda bisa berkonsultasi tentang kebutuhan web Anda kepada dewabiz.com.