fbpx

Cloud Hosting Adalah : Pengertian dan Kelebihannya

Saat ini minat untuk membuat sebuah web semakin tinggi. Hal ini juga didukung oleh informasi yang semakin berkembang dengan sangat pesat. Karena hal itu, berbagai layanan juga menjadi lebih variatif. 

Cloud hosting adalah salah satu jenis pilihan layanan hosting yang saat ini diminati oleh banyak pemilik web. Sebab hosting yang satu ini memiliki beberapa kelebihan  yang membedakannya dengan layanan lain.

Tapi apa itu sebenarnya hosting? Dan apa saja fungsi atau kelebihannya? Bagi Anda yang masih awam tak usah khawatir. Simak artikel ini sampai selesai agar Anda setidaknya bisa memahami apa itu cloud hosting secara umum. 

Pengertian Cloud Hosting

cloud hosting adalah

Cloud sendiri merupakan sebuah istilah metafora yang berkaitan dengan segala layanan atau fitur tertentu yang berhubungan dengan . Misalnya saja istilah penyimpanan Cloud, maka artinya adalah penyimpanan yang menggunakan basis internet.

Lalu hosting sendiri merupakan sebuah “rumah” yang menyediakan beragam sumber daya untuk kebutuhan server. Jadi, cloud hosting dapat Anda pahami sebagai suatu yang menggunakan basis penyimpanan secara cloud. Dengan kata lain, server ini adalah virtual. 

Kelebihan Cloud Hosting

cloud hosting adalah

Setelah mengetahui apa itu cloud hosting, maka perlu untuk mengetahui kelebihannya. Fungsi cloud hosting adalah membuat pengoperasian server menjadi lebih praktis. Sebab dengan menggunakan cloud hosting, Anda tidak membutuhkan lagi penyimpanan yang berbentuk fisik. 

Tak hanya itu saja, cloud hosting punya berbagai kelebihan yang membuatnya lebih unggul daripada server tradisional. Berikut adalah beberapa di antaranya 

Baca Juga :  Macam-Macam Penyebab CPC Adsense Kecil 

1. Kemudahan Akses

Pengaksesan data bisa dengan mudah Anda lakukan bila menggunakan cloud hosting. Tidak ada batasan waktu atau tempat. Bahkan sarana device yang Anda akses bisa ditentukan.

Bahkan apabila Anda melakukan pengelolaan server secara cloud, maka hal ini bisa Anda lakukan melalui ponsel. Hal ini memungkinkan sebab akses ke server pusat bisa terhubung hanya dengan koneksi internet.

2. Serbaguna dan Lebih Bebas

Kegunaan dari cloud hosting sangat beragam. Pemilik web dapat menentukan kebutuhan dan keinginannya sendiri.  Bila dengan server tradisional, Anda mungkin mendapatkan beberapa paket layanan yang sekiranya tidak Anda perlukan. Fitur layanan ini dapat Anda tentukan sendiri dengan cloud.

3. Lebih Hemat Biaya

Menggunakan server tradisional perlu berbagai biaya pengadaan untuk perangkat, penyimpanan, dan berbagai hardware lainnya. Belum lagi ada biaya tambahan lain untuk operasional, perawatan, atau membayar jasa-jasa teknisi lainnya. Tentunya operasional akan lebih hemat apabila Anda menggunakan .

4. Performa yang Lebih Baik

Performa dari server pastinya adalah hal yang menjadi pertimbangan utama untuk menjalankan sebuah web. Tipe hosting biasa server-nya cenderung lebih lambat sebab banyak user yang juga menggunakannya secara bersamaan. Sistem kerjanya yang virtual membuat cloud hosting cenderung lebih minim kendala.

Pertimbangan untuk Menggunakan Cloud Hosting

kelebihan cloud hosting

Seperti yang sudah artikel ini jelaskan sebelumnya bahwa cloud hosting memang cenderung unggul daripada server tradisional. Meskipun begitu, bukan berarti menggunakan cloud hosting adalah pilihan mutlak.

Tentunya Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan. Misalnya saja apabila web yang Anda miliki masih memiliki traffic yang tidak terlalu tinggi, maka menggunakan server tradisional lebih baik. Terlebih lagi bila Anda tidak memiliki dana yang mendukung.

Baca Juga :  5 Jenis Layanan Hosting serta Kelebihan dan Kekurangannya Masing-masing

Sehingga, pertimbangkan dengan baik faktor-faktor yang sekiranya relevan dengan kebutuhan dan kondisi Anda saat ini.Jadi itu dia sedikit penjelasan mengenai cloud hosting beserta kelebihannya. Bila Anda sudah merasa harus melakukan karena pertumbuhan web semakin tinggi, cloud hosting adalah pilihan yang tepat.

Percayakan pembuatan dan maintenance hosting Anda hanya pada DewaBiz, penyedia layanan .