fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Sponsored

Cara Update Firmware SM-A125U dan Flashing Samsung Galaxy A12

dewabiz

Firmware SM-A125U adalah perangkat lunak yang digunakan pada HP Samsung Galaxy A12. Perangkat lunak ini memberikan performa yang sangat bagus di kelasnya. Tidak heran jika HP tersebut laris di pasaran karena kinerjanya yang tidak mengecewakan.

Firmware berperan sangat penting sebagai jembatan komunikasi antara software dengan hardware. Tanpa adanya firmware, sebuah perangkat tidak dapat berjalan dengan semestinya. Perangkat lunak ini digunakan di ponsel pintar dan dapat berdiri sendiri.

Supaya ponsel pintar berjalan sesuai performa, kamu harus selalu update firmware ke versi terbaru. Firmware SM-A125U yang digunakan untuk salah satu versi HP Samsung juga demikian. Jika tidak, maka bisa jadi perangkat mengalami error atau kurang optimal.

Beberapa permasalahan yang sering terjadi jika firmware tidak di update adalah kurangnya sinkronisasi. Misalnya touch screen yang kurang baik dalam menerima respon. Bisa juga masalah lain seperti tidak dapat digunakannya aplikasi tertentu.

Cara Update Firmware SM-A125U pada Samsung Galaxy A12

Setiap perangkat ponsel pintar memiliki firmware yang berbeda, tergantung dari versinya. Meski sedikit berbeda seri, tetap saja dalam hal teknologinya berbeda. Ini bisa berefek pada performa yang dimiliki, bagus atau tidaknya tergantung oleh firmware.

Tentu bukan hanya itu saja, karena ada faktor lain yang mempengaruhi. Sebagai contoh adalah besarnya RAM, chipset yang digunakan, hingga teknologi GPU. Meski demikian, dalam hal update Firmware SM-A125U tetap sama dengan versi HP lainnya.

Biasanya, secara otomatis perangkat memberikan notifikasi jika ada update terbaru. Namun ada baiknya jika kamu mengecek secara berkala untuk memastikannya. Tidak sulit, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana berikut.

  • Silahkan cek terlebih dahulu dengan membuka menu pengaturan.
  • Kemudian pilih Pembaruan Perangkat Lunak atau Software Update.
  • Pilih opsi Unduh dan Instal.
  • Jika ada pembaruan, maka akan muncul notifikasi berwarna merah.
  • Klik bagian tersebut, lalu pilih Instal Sekarang.
  • Kamu bisa mengatur jadwal update jika saat itu tidak memungkinkan.

Cara Flashing Samsung Galaxy A12

Selain mengetahui cara update Firmware SM-A125U, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara flashing Samsung Galaxy A12. Cara ini dilakukan apabila tidak ada update terbaru sistem, sedangkan sebenarnya versi Samsung firmware telah diperbarui.

Selain itu, HP yang mengalami error, bootloop, atau lupa sandi Gmail juga bisa di reset dengan flashing. Namun sebelumnya, kamu bisa mencoba reset factory dengan cara wipe data. Jika memang cara tersebut tidak berhasil, satu-satunya adalah flashing.

Flash juga perlu dilakukan ketika HP lemot, blank screen, touch screen kurang sensitif, dan bahkan stuck di logo. HP yang terkena virus atau malware dan tidak cukup hanya di instal ulang juga menggunakan cara ini sebagai solusi terakhir.

  • Langkah pertama adalah download firmware sesuai versi yang kamu gunakan.
  • Download juga Odin Tools dan instal di PC.
  • Matikan HP dan masuk ke Mode Download dengan cara menekan kombinasi tombol Volume Down + Home + Power.
  • Ketika ada pesan Warning, tekan tombol Volume Up.
  • Sambungkan perangkat HP dengan PC, gunakan kabel data bawaan Samsung supaya lebih lancar.
  • Buka Odin Tools, lalu pindahkan file firmware yang di download tadi pada kolom.
  • Pastikan tidak salah memasukkan file nya sesuai kolom.
  • Jika sudah yakin, silahkan klik Start untuk memulai proses.

Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Firmware SM-A125U, mulai dari cara update hingga cara flashing Samsung Galaxy A12. Sedikit saran, jangan lakukan flashing jika memang tidak terlalu penting. Pasalnya, cara ini hanya digunakan untuk langkah terakhir jika cara lain tidak berhasil.

[adv]

Baca Juga