fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikDomain

Cara Sukses dan Tips Menjual Domain: Terbaru 2023

Wiliam

Ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa Anda coba sekarang ini, salah satunya jual beli domain. Anda yang bergelut di dunia website tentu tidak asing lagi dengan istilah domain. Bahkan untuk pemula sekalipun, bisnis jual domain ini tergolong cukup menjanjikan. 

Seperti apa keuntungan jual beli domain? Berikut akan dibahas secara lengkap agar anda punya pedoman saat akan memulai usaha satu ini.

Keuntungan Bisnis Jual Beli Domain

Domain sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan alamat Yang dituju saat membuka halaman sebuah website. Seperti yang kita ketahui bersama, jika website amat penting peranannya untuk para pelaku usaha maupun toko publik untuk melakukan digital marketing atau personal branding.

Selamat teknologi adalah dan website masih digunakan, jual beli domain tetap menjanjikan karena kehadirannya sangat dibutuhkan dan tidak bisa digantikan dengan apapun. Sejumlah keuntungan pun bisa langsung anda rasakan saat memulai bisnis ini, diantaranya:

1. Pesaing sedikit

Keuntungan berikutnya jual beli domain dibandingkan produk lainnya adalah kedainya tergolong sedikit. Banyak yang belum menyadari keuntungan usaha satu ini, sehingga itu jadi peluang besar untuk meraup cuan dari jual beli domain.

Di jika Anda memiliki ketertarikan menekuni bidang ini, itu adalah hal yang positif mengingat sekarang apa-apa serba digital yang melibatkan website.

2. Memulainya cukup dengan modal kecil

Kenapa bisa dibilang jual beli domain cukup dengan modal kecil untuk memulainya? Anggapan ini tidaklah salah, karena anda bisa memulai jual beli produk satu ini mulai dari harga Rp18.000 saja, sangat murah bukan? Hanya itu saja, bahkan pemula sekalipun bisa mulai berjualan domain meski tidak ada pengetahuan mendalam.

Biasanya, penyedia layanan domain ini memberikan harga termurah untuk anda jual kembali dengan berbagai keuntungan lain. Ada banyak sekali ekstensi, salah satunya harga 18 ribu tadi, contohnya domain XYZ.

3. Harga domain yang bervariatif

Keuntungan dari usaha ini adalah harga domain yang bervariatif dan cenderung meningkat setiap harinya. Mulai dengan modal kecil Tapi terus ditekuni setiap harinya memungkinkan Anda meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

4. Flexibel

Jual beli domain dikategorikan sebagai usaha yang sangat fleksibel karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Dengan model komputer maupun ponsel serta jaringan internet, anda bisa melakukan jual beli domain dengan klien dan tentunya Cuan terus mengalir.

Tips Jual Beli Domain yang Cuan

Apapun usaha yang ditekuni, baik itu menyediakan jasa ataupun jual beli produk dan layanan tentu ada tips dan trik tertentu agar penjualan laris manis. Nah, untuk Tips jual beli domain sendiri, ada beberapa trik yang bisa Anda coba. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Peka terhadap peluang

Mindset utama yang harus dimiliki pebisnis adalah peka terhadap peluang apapun yang ada di depan mata. Sama halnya saat berjualan domain, Anda harus peka terhadap kebutuhan konsumen atau klien. Pastikan target pasar sudah ditentukan sebelumnya agar fokus penjualan bisa lebih tertata.

Ibarat memancing, pasti ada saatnya anda memfokuskan untuk menangkap beberapa jenis ikan saya. Tidak mungkin kan ingin menjaring semua spesies yang ada di laut? Nah hal ini juga berlaku saat jual beli domain, dimana  sangat penting menargetkan konsumen agar bisa lebih fokus berjualan.

2. Pelajari semua ekstensi domain

Saat memutuskan untuk berjualan domain, itu berarti Anda siap belajar semua ekstensi domain. Mengingat ada banyak sekali jenis domain dan setiap klien tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Coba bayangkan jika Anda tidak memahami produk yang dijual, bagaimana pelanggan akan percaya terhadap produk yang Anda tawarkan?

Berbicara soal ekstensi domain, sebenarnya terdiri dari beberapa level. Biasanya setiap penyedia memberikan penawaran serta informasi lengkap mengenai hal tersebut. Jadi jangan sampai kelewatan satu informasi apapun, ya!

3. Buatlah nama domain yang menarik dan memiliki nilai jual

Biasanya, nama diam-diam itu hampir-hampir mirip, jadi pastikan buatlah nama domain yang sesuai dan memang dibutuhkan oleh pelanggan yang sudah ditarget. Jadi sebelum masuk dalam tahapan ini, penting sekali menentukan target pasar yang akan dijangkau. Dalam melakukan tahapan tersebut ada beberapa strategi yang bisa dilakukan, diantaranya:

  • Membuat nama domain baru

Apabila menggunakan strategi ini berarti anda siap membuat nama domain yang unik. Harus dilakukan riset kembali mengenai domain yang belum terdaftar dan apa yang paling dibutuhkan pelanggan

  • Beli domain yang sudah tersedia

Strategi ini mengharuskan anda membeli domain yang punya peringkat bagus di Google. Nama domain semacam ini biasanya sudah tidak digunakan karena Kadaluarsa atau tidak diperpanjang lagi.

4. Pilih penyedia layanan domain yang terpercaya 

Selanjutnya penting juga untuk memilih penyedia layanan domain terpercaya. Pastikan responsif dan mampu membimbing anda saat pertama kali melakukan penjualan. Salah satu penyedia layanan yang bisa anda tempati adalah Dewabiz. Sudah terpercaya oleh banyak website dalam hal beli domainnya.

5. Beri harga yang masuk akal

Tips jual beli domain selanjutnya adalah memberikan harga yang sewajarnya. Jangan karena mau untung banyak, anda melakukan penjualan di atas harga pasaran. Pelanggan tentu akan kabur duluan jika harga yang ditawarkan menurut mereka tak wajar.

Nah itulah beberapa informasi mengenai peluang bisnis jual beli domain beserta tipsnya. Bagaimana, sejauh ini apakah Anda tertarik dengan bisnis satu ini? Jika ya, jangan lupa untuk membikin penyedia layanan domain terpercaya, ya!

Baca Juga