fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanPengetahuanTechnology

Cara Riset Kata Kunci Youtube Buat Naikin Viewers

Yanti puspita

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan YouTube untuk keperluan bisnis, maka kamu perlu tahu cara riset kata kunci YouTube yang benar. Melakukan riset kata kunci ini sangat penting di lakukan sebelum membuat konten di platform apa pun.

Dengan kata kunci yang tepat, maka kamu bisa mendapatkan trafik atau audiens yang tinggi sehingga memudahkan dalam menjangkau target audiens kamu. Oleh karena itu, yuk simak cara riset kata kunci YouTube di bawah ini biar video kamu punya banyak viewer dan bisa masuk trending.

Cara Riset Kata Kunci Youtube

Ada banyak cara riset kata kunci YouTube yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kata kunci yang tepat untuk konten YouTube kamu, lho. Berikut ini adalah beberapa metode riset kata kunci YouTube yang bisa kamu coba, yaitu:

Tentukan Daftar Topik

Cara riset kata kunci YouTube yang pertama adalah dengan menentukan daftar topik konten yang ingin kamu buat di YouTube. Kamu bisa memulai riset kata kunci di YouTube dengan mencari referensi di kolom pencarian YouTube atau Google.

Setelah kamu menemukan referensi, maka kamu bisa membuat daftar berbagai topik nya. Kamu juga bisa menuliskan semua kata kunci yang di temukan dari hasil pencarian di YouTube atau Google.

Filter Topik dengan Hasil Terbaik

Setelah membuat daftar topik konten YouTube, cara riset kata kunci YouTube selanjutnya adalah memfilter topik dengan menentukan hasil terbaik nya. Dari hasil filter tersebut, hanya akan di peroleh beberapa kata kunci YouTube saja.

Usahakan untuk memilih kata kunci yang benar-benar memiliki hasil terbaik dan juga memiliki audiens yang banyak. Kemudian, temukan kata kunci yang sesuai dengan jenis konten kamu.

Cari Tahu Volume Pencarian Untuk Kata Kunci Tersebut

Cara melakukan riset kata kunci YouTube selanjutnya adalah dengan melihat volume pencarian kata kunci dengan volume pencarian tinggi. Hal ini di lakukan dengan tujuan agar konten kamu terlihat oleh lebih banyak orang.

Analisis Video Kompetitor

Saat melakukan riset kata kunci YouTube, kamu juga harus menganalisis konten video kompetitor kamu, lho. Di mulai dari menganalisis konten video yang relevan hingga video serupa dengan konten yang ingin kamu buat.

Hal ini penting agar kamu bisa menemukan perbedaan sehingga kamu bisa membuat konten yang berbeda dengan kompetitor. Pastinya konten yang berbeda akan menarik perhatian audiens. Kamu bisa mulai menganalisis pesaing kamu dengan menonton beberapa video mereka.

Lalu kamu bisa mencatat kelebihan dan kelemahan mereka, dan mempelajari apa yang dapat kamu terapkan pada video kamu. Pastikan juga kamu menemukan perbedaan dan ciri khas yang membedakan konten video yang ingin kamu buat dengan kompetitor.

Mengoptimalkan Kata Kunci dengan Konten Berkualitas

Terakhir, cara riset kata kunci YouTube adalah dengan mengoptimalkan kata kunci YouTube dengan menerapkan konten berkualitas. Buatlah konten menarik yang berkaitan dengan minat target audiens kamu.

Video berkualitas tinggi juga dapat menghasilkan penonton setia, bahkan kamu juga bisa mendapat lebih banyak pelanggan saluran YouTube. Totalitas dalam pembuatan konten juga di perlukan untuk menarik penonton yang lebih banyak.

Menggunakan YouTube Autocomplete

Cara termudah untuk menemukan kata kunci YouTube adalah dengan menggunakan YouTube Autocomplete atau Suggestion. Jika kamu memasukkan beberapa kata pada kolom pencarian, YouTube akan menyarankan kata kunci yang paling populer atau paling banyak di cari.

Misalnya saja saat kamu ingin membuat konten tutorial. Ketika kamu mencari “tutorial memasak” di bilah pencarian, kamu akan melihat beberapa saran kata kunci seperti, “tutorial memasak paling gampang”, “tutorial memasak untuk pemula”, dll.

Lihat Tag Video Kompetitor

Sebenarnya dengan melihat judul dan deskripsi kompetitor, kamu bisa mendapatkan kata kunci YouTube yang potensial. Namun jika ingin meneliti lebih dalam, kamu bisa mencoba melihat meta tag video tersebut. Untuk melakukannya, klik kanan di area deskripsi, lalu klik Lihat sumber halaman.

Kemudian tekan CTRL+F dan masukkan kata kuncinya. Kamu akan melihat kata kunci YouTube yang di gunakan. Ya, kamu juga bisa menggunakan kata kunci ini untuk membuat dan mengoptimalkan konten kamu. Misalnya dengan memasukkan judul, deskripsi, tag, dan juga script yang akan di rekam.

Memanfaatkan Aplikasi Keyword YouTube

Selain beberapa cara riset kata kunci YouTube yang telah di sebutkan di atas, kamu juga bisa memanfaatkan alat SEO yang kini sudah banyak tersedia. Ada banyak alat SEO YouTube yang bisa kamu gunakan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya!

KeywordTool.io

Tools penelitian kata kunci di berbagai platform, mulai dari Google, Bing, Amazon, Instagram, dan YouTube ini di sebut KeywordTool.io. Dengan tools ini, kamu bisa mendapatkan ide kata kunci YouTube beserta volume, tren tahun lalu, BPK, dan informasi persaingan kata kunci.

Kamu juga bisa menggunakan tools ini secara gratis dan berbayar. Namun, jika menggunakan versi gratis nya, kamu tidak akan dapat melihat informasi volume, tren, BPK, dan persaingan.

WordTracker

Tools penelitian kata kunci YouTube lain yang bisa kamu coba adalah WordTracker. Tools ini sebenarnya sangat mirip dengan KeywordTool.io, bedanya tool ini bisa di gunakan secara gratis dengan batasan penggunaan satu kali sebanyak 10 studi.

Selainn itu tools ini juga dapat memberikan beberapa informasi kata kunci, seperti volume, tren, dan pesaing. Untuk menggunakannya, kamu cukup pilih tab YouTube, lalu masukkan kata kunci yang ingin kamu periksa, lalu pilih negara target audiens kamu dan klik Cari.

VidIQ    

Jika kamu ingin tools yang lebih mudah di gunakan, tanpa harus memindahkan perangkat, kamu bisa menggunakan VidIQ. Tools ini tersedia sebagai ekstensi yang dapat kamu pasang di browser kamu.

Setelah terinstal di browser, kamu bisa menggunakan VidIQ untuk melihat ide kata kunci yang tren, video populer pesaing, dan lainnya saat kamu membuka YouTube.

Google Trends

Kamu juga bisa melakukan cara riset kata kunci YouTube dengan menggunakan Google Trends. Mungkin kamu juga sudah familiar dengan tools ini. Tools ini juga sering di gunakan untuk meneliti kata kunci website atau blog dan memahami tren pencarian di Google.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, cukup ketikkan kata kunci pada kolom pencarian. Misalnya kamu akan menggunakan kata kunci “ tips mengatasi anemia”.

Di Google Trends, kamu juga bisa memasukkan kata kunci lain untuk membandingkan dan melihat kata kunci yang lebih potensial. Oh iya, kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai kata kunci yang juga populer saat ini. Kamu dapat melihatnya di menu Related queries.

Kesimpulan

Nah, itulah dia cara riset kata kunci YouTube yang bisa kamu coba terapkan. Kamu bisa menggunakan cara paling praktis dan yang paling sederhana dengan YouTube Autocomplete.

Atau, kamu bisa meneliti video pesaing. Sedangkan untuk riset lebih mendalam, kamu bisa menggunakan SEO tools YouTube, gratis atau berbayar, seperti yang sudah di jelaskan pada pembahasan sebelum nya.

Melakukan cara riset kata kunci YouTube sama pentingnya dengan melakukan riset kata kunci untuk membuat halaman blog atau website. Dengan melakukan riset kata kunci YouTube, kamu bisa membuat konten yang di cari oleh target audiens kamu. Jadi, peluang mendapatkan viewer menjadi lebih besar.

Baca Juga