fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Cara Promosi Website Guna Meningkatkan Penjualan

Wiliam

Memulai bisnis digital memang tidak mudah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar penjualan bisa semakin meningkat. Salah satunya yang terpenting adalah kegiatan promosi agar bisa dikenal masyarakat secara luas.

Berbeda dengan promosi secara komersial menggunakan banned atau papan iklan lainnya, kini promosi melalui website lebih mudah dan lebih luas menjangkau konsumen di seluruh Indonesia. Tidak heran jika hampir semua usaha yang berjalan sekarang memanfaatkan website sebagai media promosi paling ampuh.

Mengapa Penting untuk Pebisnis Online Memiliki Website?

Sudah bukan rahasia umum lagi jika website dikategorikan sebagai cara promosi produk barang dan jasa paling efektif. Sebab, cara ini tidak terbatas ruang dan waktu serta tentunya lebih hemat budget dibanding iklan di media lainnya. 

Selain bisa menjadi media promosi yang ampuh, website juga dimanfaatkan menjadi company profile yang bisa memberi informasi terkait bisnis yang sedang dijalankan. Toko online tanpa website rasanya kurang pas karena keduanya saling melengkapi dan mampu memberikan hasil yang maksimal untuk penjualan Anda.

Bagaimana Cara efektif Mempromosikan Website Bisnis?

Mempromosikan toko online dan website sebenarnya cukup berbeda, sebab ada hal-hal yang yang perlu dimaksimalkan saat promosi web. Sebagai informasi, berikut ini ulasan lebih lengkapnya untuk Bizzie:

1. Berikan Konten yang Berkualitas untuk Pembaca

Ini menjadi syarat penting agar website Bizzie bisa teroptimasi oleh Google. Pembaca akan mudah menemukan website Anda jika konten yang disajikan benar-benar berkualitas dan dibutuhkan oleh mereka. Konten tidak melulu harus seputaran produk, Anda bisa menyajikan berbagai tips, tutorial dan pada akhir artikel barulah mengarahkan mereka untuk melakukan action transaksi.

Sebelum membuat kontennya, Anda harus terlebih dulu melakukan riset kata kunci apa yang sedang viral dan banyak dicari oleh orang. Proses ini bisa dilakukan dengan bantuan tools ataupun melalui pencarian terbanyak yang ada di kotak pencarian Google.

2. Perhatikan Teknik SEO yang Anda Gunakan

Berkaitan dengan konten tadi, Anda juga harus menerapkan teknik SEO yang baik dan benar. Teknik ini sendiri merupakan proses yang bisa membuat konten dari website Anda bisa dijangkau secara luas oleh pembaca.

Menemukan kata kunci yang viral dan dibutuhkan itu perlu memperhatikan beberapa hal, meliputi: frekuensi pencarian, jumlah cpc, dan lainnya. Adapun kata kunci yang didapat ini harus masuk dalam judul artikel Anda, konten artikel, hingga meta deskripsinya.

3. Terapkan Ikan Pay Per Click

Tahapan berikutnya yang tidak boleh dilewatkan juga adalah berusaha menerapkan iklan pay per click guna meningkatkan traffic website Bizzie. Dalam hal ini, Anda yang berperan sebagai pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh pembaca website Anda.

Pay per Click ini memungkinkan Anda untuk mengatur audiens yang akan jadi target promosi bisnis Anda. Semakin besar target audiens, maka semakin besar pula anggaran yang perlu dikeluarkan.

Namun, jangan khawatir karena cara ini terbilang worth it untuk menaikkan traffic website dengan lebih cepat. Bahkan,  cara ini digolongkan sebagai strategi pemasaran paling ampuh meningkatkan penjualan produk bisnis Anda. 

4. Menggunakan Email Marketing

Cara promosi web selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah memaksimalkan penggunaan email marketing.  Penggunaan email ini berguna untuk memaksimalkan keterlibatan konsumen yang pada akhirnya membuat mereka melakukan pembelian produk. Menurut Forbes,  beberapa bisnis memang melibatkan konsumennya terlebih dulu sebelum akhirnya memutuskan akan dibeli atau tidak. 

Dalam prosesnya,  email marketing bekerja untuk mengirimkan email kepada pelanggan,  dengan memberikan penawaran menarik agar mereka berminat berkunjung ke web Anda. Tentunya,  email marketing dikirimkan harus semenarik mungkin agar pelanggan bisa berminat membacanya. 

5. Melalui Iklan Retargeting

Cara promosi website yang ampuh berikutnya adalah melalui menargetkan konsumen berdasarkan minat pelanggan.  Bila ada pelanggan yang pernah mengunjungi website Anda dan beralih ke website lain,  maka cookie pelacakan akan mengarahkan pengunjung tadi untuk kembali ke website Anda. 

Cara ini bisa menarik pelanggan agar berkunjung kembali dan melakukan pembelian.  Seputar identitas pelanggan tidak perlu dikhawatirkan,  karena retargeting tidak benar-benar mengetahui pasti identitas pelanggan. 

6. Manfaatkan Google My Business

Google My Business merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google dan kehadirannya sangat membantu bagi pemilik usaha.  Anda bisa membuat profil bisnis sehingga calon pelanggan bisa mengetahui lebih banyak akan usaha atau bisnis Anda.  Coba bayangkan,  jika informasi seputar alamat toko offline beroperasi,  kontak yang bisa dihubungi, hingga website tentu akan lebih memudahkan transaksi. 

Untuk memaksimalkan,  Anda tentunya harus memiliki toko offline sehingga bagi konsumen yang ingin berbelanja langsung bisa segera mendatangi toko Anda berdasarkan info resmi yang didapatnya dari Google My Business ini. 

7. Melalui Sosial Media

Pilihan terakhir yang cukup ampuh menarik konsumen ialah mempromosikan website toko online melalui sosial media.  Banyaknya pengguna sosmed memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan lebih banyak.  Cara kerja promosi satu ini sekilas mirip dengan email marketing.

Media sosial bisa menarik pelanggan untuk berkunjung ke website Anda lalu melakukan pembelian. Untuk menunjang hasil maksimal,  buatlah konten yang menarik dan up to date agar website dianggap lebih tanggap trend. 

TikTok,  Instagram,  Facebook kini sudah banyak menyediakan fitur yang bisa mendukung Anda mempromosikan produk maupun jasa secara lebih menarik.  Salah satunya melalui reels maupun stories. Jangan lupa untuk selalu update dengan isu sosial ataupun peristiwa yang sedang booming saat ini supaya traffic website bisa meningkat juga. 

Nah,  itulah tadi beberapa cara promosi website toko online yang efektif dan tentunya lebih hemat budget.  Bizzie bisa memilih beberapa cara di atas,  atau jika memungkinkan diterapkan ketujuh cara di atas agar penjualan bisa semakin maksimal ya. 

Baca Juga