fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Media Sosial

Cara Promosi Melalui Tiktok untuk Kampanye Sosial Media

Wiliam

belakangan, Tiktok banyak digunakan untuk berbagai macam kepentingan tak hanya sebagai media hiburan semata. Salah satu yang paling menguntungkan yakni adanya fitur penjualan serta pembelian produk. Tak heran, platform ini bahkan bisa menyaingi marketplace yang sudah terlebih dahulu melayani pembelian atau transaksi seputar jual beli produk.

Keunggulan Mempromosikan Bisnis Di Tiktok

Bagi pengguna Tiktok, pasti sudah mengetahui betapa menguntungkannya aplikasi ini sebagai media penjualan. Meski pada awalnya aplikasi Tiktok dikenal sebagai media tempat para pengguna yang narsis, kini empat from tersebut semakin maju dengan menghadirkan fitur Tiktok shop.

Kan sepanjang tahun 2020 hingga 2021, Tiktok menjadi top mobile apps paling banyak di download oleh orang-orang. Dengan pengguna aktif mencapai 3,7 juta jiwa. Coba bayangkan jika Anda bisa mempromosikan secara masif bisnis Anda di platform ini, apalagi menggunakan konten yang berkualitas.

Fakta tersebut menjadi peluang besar bagi bisnis Anda untuk berkembang lebih baik lagi dan mendapatkan atensi publik. Terlebih fitur di Tiktok sangat mendukung penjualan sehingga tidak salah apabila Anda mencoba untuk melakukan promosi di media sosial satu ini.

Bahkan, sebagian besar bisnis ini sudah merambah Tiktok untuk meningkatkan penjualannya, tentu Anda tidak ingin ketinggalan bukan? Selama masih ada kesempatan untuk meningkatkan brand awareness,  Salahnya untuk mencoba. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Tiktok ini.

Bergabung dengan aplikasi promosi yang sedang booming seperti Tiktok membantu Anda terus bersaing dengan para kompetitor agar usaha semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Tips Membangun Akun Promosi di Tiktok

Berbicara tentang Tiktok yang tengah ramai digunakan belakangan ini, berikut ini ada beberapa cara agar Anda bisa mempromosikan produk secara maksimal dengan memanfaatkan sosial media tersebut. Semakin formasi berikut untuk informasi lebih jelasnya:

  1. Membuat Akun Bisnis Tiktok

Langkah pertama setelah memastikan aplikasi Tiktok sudah terpasang pada ponsel Anda, selanjutnya buatlah akun bisnis Tiktok agar kegiatan promosi nantinya berjalan lancar. Masukkan data serta informasi yang valid kemudian alihkan akun yang sudah dibuat tadi menjadi akun bisnis.

Anda bisa mengubah akun melalui menu “kelola akun saya”. Pasang foto semenarik mungkin, kemudian tulis bio singkat dan jelas terkait bisnis anda kemudian jangan lupa sematkan link yang bisa membawa pengguna lain untuk memasuki website toko online atau marketplace lainnya.

  1. Pelajari Algoritma Tiktok

Setelah membuat akun dan memikirkan ide konten seperti apa yang akan dibuat di tiktok, selanjutnya jangan pernah berhenti belajar karena algoritma Tiktok setiap harinya selalu mengalami perubahan.

Tiktok memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan sosial media lain seperti Instagram. Kalau kita melihat kembali, Instagram dipenuhi postingan yang estetik dan fashionable sedangkan Facebook memiliki kesan tua dan punya fokus tersendiri.

Untuk aplikasi Tiktok, pengguna biasanya lebih banyak dari kalangan milenial atau generasi Z. Itulah sangat penting sebelum membuat konten, lakukan riset dulu mengenai konten yang disukai pengguna Tik Tok.

Kosong satu ini terkenal dengan postingan yang kreatif, Djenaka, hingga sesuatu yang menumbuhkan semangat serta inspirasi. Melakukan promosi di pasaran ini bukanlah pilihan buruh, anda bisa mengkreasikan ide konten sebaik mungkin dan mengemasnya menjadi sesuatu yang lebih menarik dan edukatif.

  1. Selalu Tingkatkan Kualitas Konten Setiap Harinya

Sebagai akun bisnis, tentu Anda harus bisa profesional dalam membuat konten. Tidak hanya konsisten mengupload, tapi memperhatikan kualitas video atau foto yang diunggah di platform ini. Jangan hanya ingin viral, tapi tidak mengedepankan kualitas dan sama sekali belum mencerminkan usaha yang anda geluti.

Berikan ada value tersendiri yang bisa Diunggulkan, sehingga calon pelanggan menilai akun Anda sebagai sesuatu yang profesional. Membuat konten menarik dan menyenangkan, tapi tetap ada nilai edukatif di dalamnya. Ikuti konten yang tengah viral, tapi jangan sampai memuat unsur SARA.

Ada beberapa jenis konten yang mungkin relevan dengan bisnis anda, seperti konten behind the scene yang menceritakan pemilik akun yang tengah membuat kontennya, memperlihatkan effort mereka serta perjuangan menciptakan sesuatu yang bisa dinikmati oleh penonton. 

Tahu Mungkin anda akan membuat konten Edukasi, tutorial, dan lain sebagainya. Pastikan konten tersebut relevan dan bisa berbaur secara alami serta tidak terkesan memaksa.

  1. Gunakan Filter, Hastag, serta Sound Viral

Beda dengan Instagram yang jangkauan penontonnya itu itu saja, di Tiktok peluang viral cukup besar bagi semua pengguna meskipun followersnya sedikit. Selain membuat konten menarik, jangan lupa sematkan hestek yang sedang viral, filter yang banyak digunakan oleh pengguna lain, serta sound booming lainnya.

Video yang menggunakan semua yang tengah trending  berpeluang untuk viral dan dijangkau oleh banyak pelanggan. Saat baru membangun akun, fokus utama bukanlah penjualan tapi branding diri terlebih dahulu.

Satu caranya yaitu memberikan manfaat kepada penonton bahwa akun Anda bisa mengedukasi banyak orang. Akun yang dinilai edukatif ini akan mendatangkan followers baru dan juga meningkatkan engagement rate akun Anda.

  1. Memanfaatkan Fitur “Stitch Tiktok”

cara promosi bisnis di media sosial Tiktok selanjutnya yakni memanfaatkan fitur stitch. Hampir sama fitur di Tiktok ini bisa mendukung Anda dalam membuat konten, namun strategi memanfaatkan fitur stitch (menanggapi berita atau menyambung video pengguna lain) bisa membantu akun Anda lebih berkembang dan dijangkau lebih banyak penonton.

Bagaimana dengan bisnis anda, sudahkah membuat akun di Tiktok untuk memaksimalkan penjualan seperti kompetitor lain? Jangan sampai ketinggalan agar usaha Anda bisa terus berkembang serta bersaing di era penjualan serba digital seperti sekarang.

Baca Juga