fbpx

Cara Mudah untuk Menonaktifkan Gutenberg

Pada kali ini melakukan sebuah pembaharuan yang cukup besar. Dengan WordPress mengganti sebuah editornya dengan Gutenberg pada versi 5.0. Pada perubahan yang satu ini ternyata tidak langsung diterima oleh semua pengguna WordPress yang sudah lama apalagi dengan pengguna WordPress yang baru.

Masalah tidak diterima langsung oleh para pengguna WordPress dengan pembaharuan baru adalah karena mungkin mereka sudah nyaman dan enak dengan fitur yang masih lama atau bisa jadi dalam pembaharuan WordPress yang baru ini agak susah untuk digunakan. Dengan kejadian itu tidak sedikit para pengguna WordPress ingin kembali ke editor lama dan mencari cara untuk bisa menonaktifkan Gutenberg.

Pada versi editor Gutenberg ini memang sangat berbeda tampilannya dengan editor WordPress yang lama. Pada editor Gutenberg ini ternyata mereka menggunakan Block Based User Interface (UI) yang mempunyai arti bahwa tampilan editor ini tersusun dari kotak – kotak modular yang bisa memindah-mindahkan pada setiap blocknya. Pada versi ini anda bisa memindahkan bagian atau block hanya dengan mengeserkan saja.

Namun bagi anda yang ingin mengganti Gutenberg ini ke versi editor yang lama, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang cara menonaktifkan Gutenberg diganti dengan menggunakan editor WordPress yang sudah lama.

Menonaktifkan Gutenberg Editor

Dengan pembaharuan pada WordPress dengan editor baru Gutenberg ternyata mempunyai respon yang tidak baik dari para pengguna WordPress. Pasalnya, melihat hasil dari tingkat kepuasaan para pengguna WordPress hanya 417 yang memberikan bintang lima, sedangkan pengguna yang memberikan bintang satu sebanyak 1424. Ini menunjukkan bahwa tingkat ketidaksukaan dengan editor baru cukup tinggi. Penyebab semua ini bisa jadi karena tampilan baru sangat susah digunakan atau mereka belum siap dan memilih editor lama yang sudah menemaninya dari dulu.

Dengan hasil yang tidak memuaskan dan banyak kritikan yang melayang pada WordPress. Namun mereka tetap untuk versi Default memakai editor Gutenberg. Tapi WordPress juga memberikan sebuah pilih untuk para pengguna agar bisa menggunakan editor versi lama.

Berikut ini adalah cara menonaktifkan gutenberg yang bisa anda coba untuk digunakan.

Cara Menonaktifkan pada Gutenberg WordPress

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk menonaktifkan gutenberg wordpress tersebut.

  • Pertama anda bisa menonaktifkan gutenberg ini dengan
  • Keuda anda bisa menonaktifkan gutenberg ini dengan kode
Baca Juga :  8 Rekomendasi Situs Download Lagu Gratis Terupdate Tanpa Aplikasi

Dua cara diatas bisa anda lakukan untuk menonaktifkan gutenberg wordpress dan kembali ke versi editor yang lama.

Nonaktifkan Gutenberg Oleh Plugin

Menonaktifkan Gutenberg dengan plugin merupakan cara sederhana dan paling mudah anda gunakan. Dalam penggunaan plugin untuk menonaktifkan gutenberg ini ada beberapa pilihan yang bisa anda gunakan. Bisa dengan plugin menonaktifkan gutenberg atau dengan install serta mengaktifkan plugin classic editor.

Plugin Disable Gutenberg untuk Menonaktifkan Gutenberg WordPress

Cara yang pertama untuk menonaktifkan gutenberg wordpress adalah dengan menggunakan plugin disable gutenberg. Pada penggunaan plugin ini, anda tidak hanya diberikan fasilitas untuk mengganti editor yang lama, namun anda juga bisa menggunakan ini dengan pengaturan yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Untuk memakai plugin ini adalah dengan melakukan instalasi plugin disable gutenberg dan pastikan anda sudah mengaktifkan plugin tersebut. Maka setelah itu plugin disable gutenberg ini akan mengganti editor baru ke editor lama. Untuk anda yang ingin menyesuaikan pengaturan dengan kebutuhan anda bisa dengan cara anda masuk ke setting kemudian disable gutenberg. 

Pada plugin itu anda bisa melihat pengaturan yang lainnya, anda klik menu opsi Click Here. Dalam pengaturan tersebut dapat menu diantaranya sebagai berikut ini!

Disable Gutenberg for any post/page IDs

Disable Gutenberg for any post type

Disable Gutenberg completely (all post types)

Disable Gutenberg for any user role

Disable Gutenberg for any

Disable Gutenberg admin notice (nag)

Option to hide the Gutenberg plugin menu item

Option to hide the plugin menu item

Apabila anda menggunakan plugin ini untuk menonaktifkan editor gutenberg sangatlah mudah dan simple. Pada plugin ini mempunyai sebuah kerjasama dengan plugin editor classic .

Pada saat anda mengubah sebuah pengaturan lain jangan lupa klik Save Change untuk perubahan.

Plugin Classic Editor untuk Menonaktifkan Gutenberg

Plugin yang ke dua dalam menonaktifkan editor gutenberg adalah dengan menggunakan plugin classic editor. Kabarnya, bahwa plugin ini dikelola dan dikembangkan oleh kontributor WordPress.

Untuk menggunakan plugin ini anda harus menginstalnya terlebih dahulu, setelah itu jangan lupa untuk menonaktifkan plugin tersebut. Saat plugin ini sudah aktif, otomatis tampilan WordPress akan menampilkan editor lama. Dengan plugin ini, anda juga diberikan sebuah opsi untuk menggunakan editor gutenberg dan editor classic pada waktu yang sama.

Baca Juga :  3 Cara Mengganti Username WordPress Secara Mudah dan Cepat 

Melalui pengaturan plugin anda bisa mengganti default editor dengan cara sebagai berikut!

Masuk ke menu Setting Lalu Writing dan akan ada pilihan Default Editor for all User dengan memilihnya satu. Setelah itu jangan lupa klik Saver Change untuk mengubah pengaturan

Nonaktifkan Gutenberg memakai Kode

Cara lain untuk menonaktifkan gutenberg selain dengan plugin-plugin diatas bisa dengan menggunakan baris-baris kode. Caranya anda hanya melakukan pergantian baris kode yang sudah ada di WordPress dengan baris kode yang baru.

Dua baris kode berikut bisa anda tambahkan ke dalam functions.php agar bisa menonaktifkan gutenberg secara menyeluruh. Perlu anda tahu, bahwa editor gutenberg ini bisa melakukan update kapanpun dan setiap waktu. Jadi anda perlu melakukan sebuah pengecekan terlebih dahulu sebelum anda mengganti baris kode dengan cara live atau .

// Disable For Post
add_filter('use_block_editor_for_post', '__return_false', 10);

// Disable For post Types
add_filter('use_block_editor_for_post_type', '__return_false', 10);

Bagi anda yang ingin menonaktifkan gutenberg dengan baris kode, bisa anda mencari tahu sebuah informasi yang lengkap di digwp. disana terdapat ulasan-ulasan tentang menonaktifkan gutenberg dengan baris kode. Tapi kami menyarankan untuk menonaktifkan gutenberg dan ingin memakai editor lama sebaiknya gunakan plugin saja.

Demikianlah pembahasan tentang cara menonaktifkan gutenberg dengan mengganti dengan editor lama. Perlu anda tahu, bahwa editor gutenberg yang disajikan oleh WordPress merupakan editor modern, namun dalam pembaharuan editor ini masih banyak kekurangannya jadi kurang diminati oleh para pengguna WordPress. Serta mereka lebih memilih ke editor classic atau dengan tampilan lama.

Namun bagi anda juga yang ingin merasakan tampilan gutenberg silahkan untuk mempelajarinya dengan tampilan modern dari WordPress. Jika ditengah jalan anda ingin kembali lagi ke tampilan yang lama bisa mengikut cara-cara diatas.

Itulah pembahasan dari ini, semoga bisa membantu dalam masalah anda yang ingin kembali lagi ke tampilan yang lama. Perlu anda tahu, bahwa .com bisa menjadi partner anda untuk melayani dan yang anda butuhkan. Jangan lupa untuk tanya-tanya pada CS kami tentang produk dewabiz.com