Cara Mudah Mendaftar Google Webmaster

Cara Mudah Mendaftar Google Webmaster

Perlukan mendaftar Google Webmaster atau yang sekarang ini dikenal dengan Google Search Console? Memantau perkembangan website adalah hal yang harus Anda lakukan sebagai pemilik. Anda tentunya selalu ingin meningkatkan kualitas website terlebih jika Anda memanfaatkannya untuk bisnis online. Dengan mendaftarkan website atau blog anda ke webmaster tools atau Google Search Console, maka otomatis juga bisa meningkatkan SEO pada website Anda. 

Mendaftar google webmaster atau google search console sangat penting. Peranan Webmaster tools adalah memonitor kondisi internal blog, seperti mendapatkan informasi tentang waktu perayapan Googlebot, memberitahu berbagai masalah yang muncul, dan masih banyak peranan penting lainnya.

Mendaftarkan website ke google webmaster secara otomatis akan meningkatkan SEO pada website Anda. Google webmaster atau google search console ini memiliki beberapa kegunaan yang sangat penting seperti memverifikasi website atau blog Anda dan memasukkan URL sitemap dari website blog Anda sehingga bisa di tangkap oleh Google setiap artikel yang Anda tambahkan atau yang sedang  Anda update.

Apa saja fungsi Google webmaster?

Jika dilihat dari pentingnya tool ini untuk memaksimalkan website, maka Anda juga harus tahu apa saja fungsi google webmaster. 

Fungsi google webmaster yang harus Anda tahu:

1.Menghapus URL yang sudah rusak

2.Menghilangkan backlink negatif 

3.Memantau error yang terjadi pada website Anda

4.Mengetahui situs Index artikel

5.Mengetahui daftar backlink blog Anda

Bagaimana cara mendaftar google webmaster?

Google webmaster merupakan sebuah fitur yang dirancang oleh Google untuk mempermudah penggunaan sebuah situs di “area” mesin pencari. Dengan adanya tool tersebut Anda akan lebih mudah memantau aktivitas situs dalam mesin pencari. 

Lalu bagaimana cara daftarnya? 

1.Masuk ke situs Google webmaster. Gunakan akun Gmail Anda untuk login. Jika Anda belum memiliki akun gmail sebaiknya Anda mendaftar terlebih dahulu.

2.Klik menu Add Property

Anda dapat menemukan menu ini di pojok kanan atas. Setelah itu masukkan alamat website atau domain Anda pada kolom “URL Prefix” dan klik “Continue”.

3.Masuk ke bagian verifikasi

Selanjutnya Anda akan di bawa ke bagian verifikasi. PAda bagian ini Anda akan melihat beberapa metode verifikasi situs. Sebaiknya Anda menggunakan “HTML Tag” jika Anda menggunakan WordPress atau blogger karena lebih mudah dan ada tempat tersendiri untuk memasukkan kode HTML Tag tersebut.

Pada bagian ini ada beberapa penjelasan;

  • Jika Anda memilih “HTML File”, maka Anda harus mendownload file html di nomor tersebut, dan setelah itu Anda upload ke folder root website Anda melalui FTP. Anda juga bisa upload melalui file manager di cPanel hosting yang Anda gunakan. Setelah upload selesai,silahkan klik tombol Verifiy.
  • Jika Anda memilih Alternate methods akan terdapat 4 pilihan. Tapi jika Anda menggunakan CMS WordPress atau Blogger, maka Anda harus menggunakan HTML Tag.

Untuk memasukkan kode ke dalam wordpress, Anda bisa memilih salah satu cara seperti berikut ini;

  • Jika Anda menggunakan WordPress.com (WordPress gratisan), Anda copy kode tersebut dan masukkan ke menu Tools, kemudian masukkan di kolom Webmaster Tools Google dan setelah itu aktifkan.
  • Jika Anda menggunakan Blogger.com, maka Anda copy code tersebut dan masuk ke dashboard akun blogger Anda dan klik menu Template » Edit HTML dan paste code verifikasi dibawah tag <head> dan setelah itu simpan dan verifikasi.
  • Jika Anda menggunakan WordPress Self Hosted, silakan copy code HTML tag dan masuk ke admin area WordPress Anda, kemudian klik menu Appearance » Editor dan cari file header.php dan paste code tersebut di bawah code tag <head> dan setelah itu klik tombol “update file” dan lakukan verifikasi.
  • Jika anda pengguna WordPress self hosted dan menggunakan plugin All in One SEO, Anda bisa memasukkan ke setingan All in One SEO di menu All in One SEO dan cari “Webmaster Verification”

Kemudian masukkan pada kolom “Google Webmaster Tools”, setelah itu klik “Save Settings” dan kembali ke Webmaster Tools untuk melakukan verifikasi. (Cukup Anda masukkan kode yang berada diantara tanda petik (“) dalam Content=”cukup bagian ini code yang dimasukkan“/>)

  • Jika Anda menggunakan plugin SEO by Yoast, silahkan paste kode tersebut di bagian pengaturan di menu SEO » General » Webmaster Tools dan masukkan pada kolom “Google Search Console”, jangan lupa klik “Save Settings” dan kembali ke Webmaster Tools dan lakukan verifikasi. (Cukup Anda masukkan kode yang berada diantara tanda petik (“) dalam Content=”cukup bagian ini code yang dimasukkan“/>)

Jika proses verifikasi sudah Anda lakukan berhasil dan melihat centang hijau, maka sekarang Anda harus memasukkan sitemap.xml website atau blog Anda juga dengan cara masuk kembali ke “Google Search Console” dan klik menu “Sitemaps” atau “Peta Situs” di samping kiri, Anda akan menemukan kolom untuk memasukkan URL sitemap Anda.

Pada umumnya URL sitemap adalah seperti “Sitemap.xml”, Namun jika Anda pengguna Yoats SEO maka tampilan URL sitemap seperti berikut “sitemap_index.xml”. Setelah itu klik tombol “Submit”. Jika dalam status terlihat hijau dan “Sukses” maka submit sitemap Anda berhasil.

Demikianlah cara mendaftarkan website pada google webmaster atau yang sekarang lebih populer dengan google search console. Tentu sangat mudah, bukan?

Related Posts