fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Meningkatkan Trafik Website Praktis dan Efektif

Yanti puspita

Setiap pemilik website tentunya  ingin trafik mereka meningkat dari waktu ke waktu. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana cara meningkatkan trafik website? Website adalah salah satu alat yang tepat untuk mendirikan bisnis online atau sekedar membangun brand.

Saat pertama kali membuat website, Anda pasti berusaha meningkatkan trafik dengan berbagai cara, mulai dari membuat konten secara konsisten, berbagi di media sosial dan lain sebagainya. Namun, Anda percaya bahwa trafik tidak meningkat. Jadi bagaimana cara meningkatkannya? Jangan khawatir, di sini kami akan menjelaskannya kepada Anda.

Cara Meningkatkan Trafik Website

Ada berbagai teknik dan metode yang bisa Anda coba untuk meningkatkan trafik website. Namun, melakukan semuanya sendiri mungkin agak mustahil. Jika Anda sudah memiliki tim, Anda dapat membagi kegiatan dan memilih metode yang paling tepat untuk audiens target Anda. Tanpa basa-basi lagi, lihat cara berikut untuk meningkatkan trafik website Anda.

Riset keyword

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan trafik website adalah dengan melakukan riset keyword atau kata kunci. Meskipun menulis konten secara pribadi terdengar sangat menarik, itu tidak selalu disarankan. Pasalnya, jika tidak ada yang tertarik dengan ide tersebut, maka trafik website akan sulit meningkat.

Dengan melakukan riset kata kunci, Anda dapat menemukan kata kunci yang dicari orang di Google. Anda perlu menulis konten dengan topik yang banyak dicari orang. Dengan cara ini, situs web Anda berpotensi berada di peringkat tertinggi Google dan mendapatkan banyak lalu lintas.

Ada banyak cara untuk melakukan riset kata kunci. Anda dapat menggunakan alat seperti Ahrefs, SEMrush, Google Keyword Planner, dan sebagainya. Dengan alat ini Anda dapat menemukan kata kunci yang tepat untuk konten situs web Anda.

Buat judul yang menarik

Kebanyakan orang akan tertarik untuk mengklik sebuah konten jika judulnya terlihat sangat menarik. Setelah Anda menemukan kata kunci yang tepat untuk ditulis, tugas Anda selanjutnya adalah memikirkan judul click-bait.

Ada banyak metode di mana penulis dapat membuat berita utama menarik. Salah satunya termasuk angka dan daftar. Judul yang menyertakan angka berpotensi menarik pengunjung untuk mengkliknya. Misalnya, “Memahami 5 Tips Menurunkan Berat Badan”.

Maksimalkan SEO On Page

Pada akhirnya, Google akan memilih konten berkualitas. Namun, jangan lupa untuk tetap memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) On Page.

Dengan memaksimalkan SEO on-page berpotensi meningkatkan trafik website Anda. Buat tautan internal di konten Anda, lalu sertakan deskripsi meta agar pengunjung dapat melihat konten Anda dengan jelas. Jangan lupa sertakan gambar sebagai pemanis konten Anda agar pembaca tidak merasa bosan.

Tingkatkan kecepatan website

Cara lain untuk meningkatkan trafic website adalah dengan memperhatikan kecepatan website Anda. Apakah situs Anda cepat atau membutuhkan waktu lama untuk memuat?

47% pengunjung mengharapkan situs web dibuka dalam 2 detik atau kurang. Di sisi lain, 40% orang akan meninggalkan situs web yang memuat lebih dari 3 detik. Oleh karena itu, jika situs web Anda membutuhkan waktu lama untuk dimuat, pengunjung cenderung meninggalkannya, sehingga menghasilkan rasio pentalan.

Rasio pentalan adalah persentase pengunjung yang meninggalkan situs web. Jika rasio pentalan situs web meningkat, peringkat situs web pada halaman pencarian dapat menurun.

Aktif di komunitas online

Setiap blogger, pebisnis atau internet marketer pasti memiliki komunitas online yang tersebar luas di berbagai forum media sosial, seperti Facebook, Kaskus, dan lain sebagainya.  Anda dapat bergabung dengan komunitas online berdasarkan website yang Anda kelola. Selain menambah jaringan, Anda juga dapat mempromosikan situs web di dalam komunitas.

Optimasi SEO of page

Seperti namanya, SEO off-page adalah langkah optimasi yang dilakukan dari luar konten dan website Anda. Beberapa cara umum adalah membangun link building, membuat konten yang mendatangkan prospek, atau menulis posting tamu.

Semakin banyak backlink atau semakin sering website Anda disebutkan, semakin tinggi kualitas otoritasnya. Jika konten blog Anda unik dan informatif, orang yang menyukainya cenderung memposting tautan ke situs web Anda di situs web mereka.

Katakanlah Anda tahu banyak tentang anjing dan sering membagikan pengetahuan Anda melalui blog. Anda juga telah menulis artikel komprehensif tentang penelitian baru yang menjelaskan cara melatih anjing dengan lebih baik.

Ketika jumlah backlink ke artikel meningkat, mesin pencari akan merekomendasikan konten Anda lebih banyak untuk menjawab pertanyaan seperti “cara melatih anjing” atau mungkin “tren melatih anjing”.

Singkatnya, tujuan SEO off-page adalah untuk membuat backlink dari situs web lain ke konten asli Anda untuk meningkatkan popularitas situs web Anda.

Kelola email marketing

Gunakan email untuk memberi tahu orang-orang tentang penjualan, fitur baru, atau pembaruan konten. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda. Dengan membangun daftar email yang solid dan membangun strategi pemasaran email yang tepat, Anda dapat meningkatkan lalu lintas situs web dan tingkat konversi Anda.

Namun, pengguna harus setuju untuk menerima buletin Anda, jadi jangan “meminjam” atau membeli email. Setelah Anda memiliki daftar email yang lengkap, pilih layanan pemasaran email yang akan membantu Anda dengan strategi pemasaran Anda.

Beriklan di media sosial

Menurut The Next Web, lebih dari 3,48 miliar orang menggunakan media sosial pada tahun 2019. Dengan jenis jangkauan ini, pemasaran media sosial memiliki potensi besar untuk menarik trafik, prospek, dan meningkatkan eksposur merek, yang pada akhirnya meningkatkan konversi.

Perbarui konten lama

Tahukah Anda bahwa Anda masih dapat meningkatkan trafik situs web yang ditargetkan dengan konten blog lama? Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan informasi terbaru dan melakukan peningkatan SEO di halaman pada konten Anda.

Lebih berhati-hati dengan lebih banyak konten berita di blog Anda. Dengan algoritma Freshness, Google memprioritaskan situs web yang secara teratur memperbarui kontennya. Misalnya, seseorang yang menelusuri “Jam tayang film Disney” mungkin mencari informasi terbaru tentang jam tayang di wilayah mereka.

Jadi mereka harus memiliki timeline untuk film Disney terbaru dan bukan informasi minggu lalu. Juga, mengunjungi kembali konten lama adalah kesempatan untuk memeriksa apakah tautannya masih berfungsi.

Hampir 90% pelanggan online cenderung tidak kembali ke situs web setelah mengalami pengalaman buruk, sehingga memiliki situs dengan tautan yang rusak atau usang dapat mengirim pesan yang salah kepada pengunjung dan mengurangi kualitas SEO.

Tapi jangan lakukan sendiri. Anda dapat menggunakan tools untuk membantu Anda menemukan dan memperbaiki tautan yang rusak di situs web Anda. Dengan Google Search Console, Anda dapat melihat apakah situs Anda memiliki kesalahan pengindeksan pencarian. Screaming Frog adalah alat gratis yang dapat memeriksa tautan yang rusak.

Terakhir, karena ada banyak cara untuk meningkatkan trafik website, penting untuk mengingat mengapa orang-orang datang ke situs Anda dan memperkuatnya. Jika pengunjung Anda menyukai konten blog Anda atau hanya menawarkan produk untuk menyelesaikan masalah mereka, pastikan untuk menempatkan faktor “itu” di tengah situs web Anda.

Baca Juga