Cara Meningkatkan Memory Limit PHP Pada WordPress

Bagi anda yang sering menggunakan wordpress tentu sudah biasa dengan masalah fatal error PHP berkaitan dengan memori yang diizinkan. Hal ini akan dilaporkan oleh PHP saat file PHP terlalu banyak memproses dari batas yang ditetapkan. Limir PHP akan terlihat dengan alat debugging. Biasanya terjadi karena mengaktifkan terlalu banyak plugin atau tema yang besar sehingga memori PHP tidak cukup menangani. Dalam artikel kali ini, saya akan membahas cara meningkatkan memory limit PHP pada WordPress. Cara-caranya pun tergolong sederhana

Edit File PHP.INI

Bagi anda yng telah memiliki akses pada file php.ini maka anda dapat masuk ke file dan menyesuaikan batasan memori php yang digunakan. Sedangkan untuk anda yang belum memiliki akses ke file php.ini anda dapat membuat file baru kemudian di upload ke file pada directory root pada situs WordPress anda. Ketika anda sudah dapat membukanya, yang harus anda lakukan adalah membuka notepad lalu ketik memory_limit=64M kemudian simpan dengan nama php.ini. Kemudian upload ke dalam direktori root pada situs wordpress melalui ftp.

Edit File .HTACCESS

Cara meningkatkan memory limit php pada wordpress yang kedua adalah dengan mengedit file .htaccess. Cara ini cukup sulit, sehingga tidak jarang bila gagal ketika dicoba oleh sebagian orang. Namun jika terdapat server error ketika anda menambahkan kode, anda tidak perlu kawatir karena anda dapat menghapusnya. Cara meningkatkan memory limit php adalah dengan mengakses melalui ftp kemudian cari file dengan nama .htaccess lalu tambahkan perintah php_value_memory_limit 64M.

Edit WP-CONFIG.PHP

Tindakan yang paling sering di lakukan dan biasanya dilakukan oleh sebagian besar orang adalah dengan melalui file wp-config.php. Dalam file ini memberikn jaminan lebih aman. Cara meningkatkan memory limit php dengan menambahkan define (‘WP_MEMORY_LIMIT’,’64M’). Memory tersebut anda dapat sesuaikan dengan kebutuhan seperti misalnya, 128M, 256M atau 512M dan lain sebagainya.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan terkait beberapa cara meningkatkan memory limit php pada wordpress. Semoga dapat menambah wawasan anda dan tentunya sangat bermanfaat bagi anada. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *