fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikPanduanTechnologyWordpress

Cara Meningkatkan CTR Adsense Terbukti Ampuh

Yanti puspita

CTR orang yang memiliki blog tentu berbeda. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi naik turunnya ctr blogging tentunya Anda ingin tahu bagaimana cara meningkatkan CTR google adsense. Menurut ahli yang baik, CTR tidak boleh melebihi 18-20%, dan juga untuk meningkatkan CTR tentunya perlu waktu untuk menganalisa posisi mana dan faktor apa yang menyebabkan CTR tidak naik.

Kenaikan CTR sebanding dengan peningkatan pendapatan adsense, tentunya selain itu page view, impression dan RPM impression juga berkaitan. Meningkatkan CTR Anda tentu sangat positif karena akan berpotensi banyak atau tidak ada klik iklan dari pengunjung.

Apa Itu CTR?

CTR adalah singkatan dari Click Through Rate atau RKT atau Rasio Klik Tayang. Maksudnya berarti berapa kali iklan di klik di bagi dengan berapa kali iklan, unit iklan, atau halaman yang berisi iklan itu di lihat. Jika Anda menjalankan iklan dan di lihat oleh 100 orang tetapi hanya mendapat 5 klik, CTR Anda adalah 5%.

Poin yang perlu di perhatikan di sini adalah semakin tinggi tingkat CTR, semakin baik iklan yang akan Anda dapatkan. Oleh karena itu, di sarankan untuk menempatkan iklan hanya di tempat yang terlihat dan mudah diklik.

Berikut adalah rumus sederhana yang di gunakan Google untuk menghitung CTR Adsense:

Total Klik Iklan ÷ Total Tayangan = Rasio Klik-tayang (CTR)

CTR rendah berarti Anda tidak sepenuhnya memanfaatkan potensi lalu lintas situs web Anda dan menghasilkan jauh lebih sedikit daripada yang Anda dapat dengan menghasilkan lebih banyak klik iklan.

9 Cara Meningkatkan CTR Adsense

Terlepas dari apakah blog Anda adalah blog baru atau bukan, di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan CTR Google AdSense atau hanya bagaimana membuat lebih banyak orang mengklik iklan Anda. Berikut caranya

1.       Penempatan iklan

Hal ini mungkin faktor yang paling jelas dan paling penting. CTR sangat berkaitan dengan tempat Anda menempatkan iklan. Umumnya, Anda di sarankan untuk menempatkan iklan Anda di dalam atau di dekat konten nyata, iklan tersebut akan mendapatkan CTR yang lebih baik.

Iklan yang di tempatkan dengan baik mendapatkan lebih banyak eksposur dan karenanya lebih banyak CTR.

2.       Ukuran iklan

Iklan yang lebih besar lebih mudah di lihat dan meningkatkan rasio CTR Anda. Tetapi teori ini seharusnya tidak meminta Anda untuk hanya menggunakan iklan terbesar yang tersedia! Pada kenyataannya, iklan harus terlihat alami dan mudah di cocokkan dengan tata letak situs web Anda.

Jika ukuran iklan Anda “aneh”, tampilan keseluruhan blog Anda akan terganggu dan Anda akan kehilangan pembaca. Anda harus mencari ukuran iklan AdSense terbaik yang cocok untuk situs Anda. Tidak ada ukuran atau jenis iklan terbaik secara universal.

3.       Hindari kebutaan iklan

Jika Anda memiliki jumlah pembaca reguler yang baik, Anda harus mempertimbangkan faktor kebutaan iklan. Para pembaca yang secara teratur kembali ke situs web Anda menjadi apa yang di sebut “iklan -buta” … mereka menjadi sangat terbiasa dengan tata letak blog Anda sehingga otak mereka akan berhenti memperhatikan di mana Anda menempatkan iklan.

Ingat, pembaca datang ke blog Anda untuk membaca konten Anda dan bukan untuk melihat atau mengklik iklan Anda. Oleh karena itu, mereka akan mengabaikan ruang iklan. Akibatnya, baik CTR maupun pendapatan akan menurun.

Anda bisa menghindari kebutaan iklan dengan cara mengubah posisi, ukuran, dan jenis iklan Anda secara teratur. Jika Anda menggunakan jaringan iklan lain sebagai alternatif AdSense, beberapa jaringan ini menyediakan format iklan yang tidak konvensional. Format iklan yang seperti itu bisa membantu mengurangi kebutaan iklan.

4.       Tata letak responsif

Meskipun sebagian besar pembaca website Anda menggunakan desktop untuk membaca blog Anda, Anda tidak boleh mengabaikan pentingnya memiliki tata letak website yang responsif. Jika situs web Anda tidak responsif, Anda akan kehilangan sejumlah besar CTR yang dapat Anda peroleh melalui pembaca yang membuka blog Anda di ponsel. Periksa apakah situs web Anda responsif.

5.       Niche dan konten berkualitas baik

Jika situs web Anda menargetkan topik tertentu, CTR Anda cenderung berada di sisi yang lebih tinggi. Hal ini karena Google AdSense merupakan program penayangan iklan kontekstual. Menawarkan iklan yang terkait dengan konten situs web Anda. Oleh karena itu, pembaca lebih cenderung mengklik iklan yang berasal dari domain informasi yang sama atau serupa.

Kualitas konten adalah kriteria paling penting untuk keberhasilan situs web Anda. Konten berkualitas baik tidak hanya memberi Anda lebih banyak lalu lintas tetapi juga mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda untuk waktu yang lebih lama. Dan dengan demikian kemungkinan CTR yang lebih tinggi meningkat.

6.       Tingkatkan lalu lintas pencarian

Jika sebagian besar lalu lintas situs web Anda tidak berasal dari mesin pencari, ini bukan situasi yang baik. Saya akan mengatakan setidaknya 70% dari keseluruhan lalu lintas Anda harus berasal dari mesin pencari. Pengunjung yang datang melalui mesin pencari lebih cenderung mengklik iklan karena orang tersebut mencari informasi.

7.       Gunakan penargetan bagian AdSense

Google AdSense memberi Anda mekanisme penargetan bagian yang memungkinkan Anda memberi tahu Google di mana konten sebenarnya ada di blog Anda. Meskipun Google cukup bagus dalam menemukan keseluruhan konteks halaman Anda, tetapi Anda dapat membantunya dengan menandai bagian halaman Anda di mana menurut Anda konten yang sebenarnya.

Tolong jangan main-main dengan Google. Beberapa orang menggunakan teknik topi hitam dan mencoba memanipulasi penayangan iklan dengan cara memasukkan konteks yang salah menggunakan penargetan bagian. Yang mereka dapatkan hanyalah tendangan Google.

8.       Gunakan plugin Peta Panas atau heat map

Ini adalah salah satu cara yang tidak saya rekomendasikan! Peta panas di gunakan di hampir semua bidang analisis. Peta ini memberi tahu Anda di mana sebagian besar aktivitas berlangsung. Dengan menggunakan plugin ini, Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang di mana pembaca Anda mengklik halaman Anda.

Dengan informasi ini, Anda dapat lebih menentukan penempatan iklan Anda. Tetapi seperti yang saya katakan, saya tidak merekomendasikan metode ini. Saya merasa sama sekali tidak perlu menginstal plugin untuk hal sepele seperti itu. Penempatan iklan terbaik telah diteliti dan di dokumentasikan.

Jika blog atau situs web Anda berkinerja baik, tidak ada alasan penempatan terdokumentasi ini tidak akan berhasil untuk Anda. Ada beberapa plugin peta panas yaitu CrazyEgg dan HotSpots adalah yang terbaik.

9.       Kurangi jumlah iklan

Meskipun kami menyarankan Anda menggunakan jumlah maksimum iklan AdSense yang di izinkan, tetapi hanya jika situs web Anda memiliki banyak konten di setiap halaman. Idealnya, Anda hanya ingin menempatkan sejumlah iklan di lokasi yang strategis.

Anda harus menghapus iklan berperforma rendah dari halaman Anda. Hal ini tentunya akan meningkatkan tingkat CTR. Tetapi keputusan seperti itu harus di buat setelah pertimbangan yang cermat. Anda harus memutuskan apakah CTR yang lebih tinggi penting bagi Anda atau apakah pendapatan, betapapun rendahnya, dari iklan berperforma lebih rendah lebih penting.

Baca Juga