fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikPanduanPengetahuan

Begini Cara Mengunci Word Agar Tidak Bisa Di Edit

Yanti puspita

Bagaimana sih cara mengunci word agar tidak bisa di edit dan di  buka tanpa izin? Nah, di artikel ini kamu akan di tunjukkan bagaimana caranya! Fitur utama dari aplikasi pembuatan dokumen yang sering di gunakan adalah proteksi atau kemanan terhadap isi file.

Salah satunya ada di Microsoft Word, aplikasi ini memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk mengunci file agar tidak bisa di buka dan di edit oleh orang lain tanpa izin terlebih dahulu. Cara ini penting untuk kamu ikuti, apalagi jika dokumen yang kamu simpan itu penting.

Cara Mengunci Word Agar Tidak Bisa Di Edit

Sekarang sudah ada berbagai versi dari Microsoft Word mulai dari 2007, 2010, 2013, dan 2016. Terserah kamu memakai yang mana, karena semuanya memiliki fitur keamanan ini, jadi jangan khawatir kamu tidak bisa mengunci file yang kamu inginkan.

Mungkin untuk beberapa versi hanya berbeda dari segi visual dan penempatan alat. Berikut cara mengunci word agar tidak bisa di edit yang bisa kamu ikuti.

Buka Tab Menu File Ms Word

Pertama untuk cara mengunci word agar tidak bisa di edit kamu perlu membuka tab menu file ms Word yang ingin kamu kunci. Lalu pergi ke bagian Info dan pergi ke Kelola Dokumen dan pilih Pembatasan Editing.

Centang Bagian Pembatasan Pengeditan

Sekarang di bagian Pembatasan Pengeditan, centang bagian (hanya bolehkan jenis pengeditan ini di dokumen). Sekarang, di menu tarik-turun pilih Isi formulir. Setelah itu, jangan lupa tekan tombol Yes, Start Enforcing Protection yang muncul.

Pilih Opsi Password

Setelah itu biasanya akan muncul pop up, kamu bisa memilih opsi Password pada bagian Protection. Kemudian kamu hanya perlu memasukkan kata sandi yang kamu inginkan di bagian Masukkan kata sandi baru (opsional) dan masukkan kembali kata sandi di bagian Login lagi untuk konfirmasi. Lalu kamu bisa klik tombol OK.

Save

Setelah kamu berhasil melakukan cara mengunci word agar tidak bisa di edit di atas, jangan terburu-buru untuk menutupnya. Dokumen tersebut perlula di save agar perubahan yang kamu lakukan tersimpan. Untuk menyimpannya kamu hanya perlu menekan tombol Simpan atau Ctrl + S.

Manfaat Melakukan Cara Mengunci Word Agar Tidak Bisa Di Edit

Bagaimana, mudah bukan cara mengunci word agar tidak bisa di edit? Namun setelah membaca penjelasan ini, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa kamu perlu mengunci dokumen di Ms Word? Ternyata ada banyak alasan kenapa proteksi ini perlu di berikan pada dokumen yang di buat di aplikasi office tersebut. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan setelah mengunci file di ms Word.

Melindungi Dokumen

Manfaat pertama menggunakan cara mengunci word agar tidak bisa di edit adalah untuk melindungi nya. Terutama untuk mengunci dokumen yang di anggap penting sekaligus rahasia.

Memberikan kata sandi akan membantu memastikan bahwa hanya orang yang berwenang yang dapat melihat dan membaca dokumen yang kamu kunci. Hal ini berguna untuk mencegah agar isi dokumen tersebut tidak di salahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mencegah Pengeditan Oleh Orang Lain

Mengunci dokumen di Word juga mencegah pengeditan oleh orang lain yang tidak kamu inginkan. Konten yang di edit secara tiba-tiba dan tanpa izin dapat mengubah arti dari isi dokumen tersebut. Akan tetapi dengan cara mengunci word agar tidak bisa di edit yang telah di bahas di atas maka di jamin dokumen kamu akan aman dari tangan-tangan nakal yang tidak bertanggung jawab.

Mencegah Plagiarisme

Manfaat ketiga dari mengunci dokumen di Ms Word adalah untuk mencegah plagiarisme. Untuk sebuah dokumen yang bersifat penting, maka mengunci dokumen yang akan di publikasikan dapat mengantisipasi maraknya budaya plagiarisme. Jadi orang lain tidak bisa asal copy paste.

Cara Mengunci File Agar Tidak Bisa Di Edit Selain Di Word

Ada berbagai cara untuk mengunci file yang berisi data sensitif. Berikut adalah beberapa cara sederhana dan praktis yang bisa kamu lakukan untuk mengunci file selain di ms Word:

Menggunakan CMD

Command Prompt adalah perintah DOS yang di temukan di OS Windows yang di gunakan untuk mengunci file. CMD atau Command Prompt bisa di jalankan secara online maupun offline, bahkan cracker pun bisa di gunakan untuk menjalankan perintah menggunakan CMD.

Sedangkan CMD bisa digunakan untuk memproteksi folder private/important, agar tidak bisa di akses orang lain. Inilah dia cara menggunakan CMD untuk mengunci folder dan file:

  • Buka CMD atau dengan menekan logo Windows + R
  • Buka partisi tempat folder yang ingin Anda kunci berada
  • Kemudian, ketikkan perintah
  • Folder tersebut kemudian akan langsung terkunci

Maksimalkan Fitur Enkripsi Folder

Enkripsi adalah cara yang efektif untuk melindungi data dan informasi dengan mengacak data atau informasi di file yang kamu miliki selain menggunakan ms Word. Dengan menguncinya maka pihak lain tidak bisa membaca data tersebut. Berikut cara menggunakan fitur Enkripsi Folder:

  • Siapkan data yang ingin di enkripsi
  • Jika sudah, klik kanan pada folder tersebut dan pilih Properties
  • Setelah klik Properties, lalu klik menu Advanced
  • Di menu Tingkat Lanjut, centang teks Enkripsikan konten untuk mengamankan data dan klik OK
  • Terakhir, centang opsi Terapkan perubahan pada folder, subfolder, dan file ini
  • Selesai

Aplikasi My Secret Folder

Aplikasi ini dapat di gunakan sebagai opsi untuk mengunci folder kamu jika kamu tidak ingin menggunakan cara mengunci word agar tidak bisa di edit yang telah di bahas di atas. Selain itu, aplikasi ini mudah digunakan dan tidak memakan banyak memori.

Meskipun aplikasi ini berbayar, kamu bisa menggunakan free trial nya selama 30 hari sebagai percobaan. Berikut cara menggunakan My Secret Folder untuk mengunci dokumen kamu.

  • Unduh aplikasi My Secret Folder
  • Setelah instalasi selesai, buka My Secret Folder
  • Setelah itu, buat folder dan lokasi tempat kamu akan menyimpan folder tersebut
  • Caranya klik Browse dan cari folder rahasia atau buat folder jika belum pernah membuat lokasi folder rahasia sebelumnya
  • Kemudian klik Berikutnya dan klik Buat Kata Sandi untuk membuat kata sandi
  • Setelah itu klik OK
  • Untuk membukanya, buka My Secret Folder dan masukkan kata sandi yang kamu buat sebelumnya

Penutup

Terkadang cara mengunci word agar tidak bisa di edit ini sangat perlu untuk di lakukan ketika kamu memiliki sebuah file yang sangat penting. Dan dengan mengunci file dokumen microsoft word setidaknya kamu bisa mencegah copy paste dokumen yang tentunya dapat merugikan kamu sebagai pemilik yang sah.

Semoga cara mengunci word agar tidak bisa di edit ini bermanfaat untuk melindungi dokumen yang kamu miliki. Selain itu, tips ini juga berlaku bagi kamu yang ingin mengunci file Word agar tidak berubah saat dokumen di buka kembali di lain waktu.

Baca Juga