fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Menghindari Aplikasi Berbahaya dan Penipuan Online

Wiliam

Penggunaan aplikasi dan aktivitas online telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Namun, dengan pertumbuhan teknologi juga muncul risiko dari aplikasi berbahaya dan penipuan online. Dalam artikel ini, akan membahas cara-cara untuk menghindari jebakan ini dan menjaga keamanan online Anda.

Aplikasi berbahaya, juga dikenal sebagai malware (singkatan dari malicious software), merujuk pada perangkat lunak yang dirancang untuk menimbulkan kerusakan atau mencuri informasi dari perangkat atau sistem tanpa izin pengguna. Jenis-jenis aplikasi berbahaya meliputi virus, worm, trojan, spyware, ransomware, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Menghindari Aplikasi Berbahaya dan Penipuan Online?

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghindari aplikasi berbahaya dan penipuan online. Diantaranya adalah :

  • Memilih Sumber Aplikasi Terpercaya

Memperoleh aplikasi hanya dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store dapat mengurangi risiko mengunduh aplikasi berbahaya. Kedua platform ini memiliki sistem keamanan dan verifikasi yang kuat.

  • Membaca Ulasan dan Penilaian Pengguna

Sebelum mengunduh aplikasi, selalu periksa ulasan dan penilaian dari pengguna lain. Hal ini dapat memberikan wawasan tentang kualitas dan keamanan aplikasi tersebut.

  • Memperbarui Aplikasi Secara Teratur

Penting untuk selalu memperbarui aplikasi Anda ke versi terbaru. Pengembang seringkali merilis pembaruan keamanan yang memperbaiki celah-celah potensial.

  • Memeriksa Izin Aplikasi

Saat menginstal aplikasi, perhatikan izin yang diminta. Jika izin terlihat tidak relevan dengan fungsi aplikasi, pertimbangkan untuk tidak menginstalnya.

  • Menggunakan Keamanan Perangkat Lunak

Instal dan perbarui perangkat lunak keamanan seperti antivirus dan firewall untuk melindungi perangkat Anda dari ancaman berbahaya. Memasang perangkat lunak memang sangat penting bagi keamanan ponsel.

  • Memahami Taktik Penipuan Online

Menjalani aktivitas  online di internet  dan wajib waspadai taktik-taktik penipuan umum seperti phishing dan scamming. Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau keuangan kepada sumber yang tidak terpercaya.

  • Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Sebelum mengunduh atau menggunakan aplikasi baru, lakukan riset tentang pengembang, ulasan pengguna, dan reputasi aplikasi tersebut. Pastikan Anda hanya menginstal aplikasi dari sumber yang terpercaya.

  •  Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi Secara Teratur

Memastikan sistem operasi dan aplikasi Anda selalu diperbarui dapat membantu mengisi celah keamanan dan melindungi dari potensi ancaman.

  • Aktifkan Verifikasi Dua Faktor

Aktifkan verifikasi dua faktor untuk akun-akun penting Anda. Ini menambah lapisan keamanan dengan memerlukan konfirmasi tambahan selain kata sandi.

  • Hati-hati dengan Tautan dan Lampiran

Jangan mengklik tautan atau membuka lampiran dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan. Mereka mungkin mengarahkan Anda ke situs web palsu atau mengandung malware.

  • Hindari Berbagi Informasi Pribadi:

Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau keuangan Anda kepada sumber yang tidak terpercaya. Perusahaan atau entitas resmi biasanya tidak akan meminta informasi sensitif melalui email atau pesan teks.

  • Gunakan Keamanan Internet yang Kuat

Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang aman dan gunakan perangkat lunak keamanan seperti firewall dan antivirus untuk melindungi perangkat Anda dari ancaman online.

Cara Mendeteksi Aplikasi Berbahaya 

Selain harus menghindari aplikasi yang berbahaya dan penipuan online, Anda juga dapat mendeteksi aplikasi berbahaya. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendeteksi aplikasi berbahaya.

1. Izin Aplikasi yang Tidak Relevan

Biasanya sebelum memulai memasang aplikasi yang berbahaya, ada beberapa perizinan yang dikeluarkan oleh android secara otomatis. Aplikasi berbahaya mungkin meminta izin yang tidak sesuai dengan fungsinya. Jadi, Anda harus lebih teliti dalam menginstalasi aplikasi.

2. Performa dan Baterai yang Buruk

Selanjutnya, tanda dari aplikasi yang berbahaya adalah dapat menguras baterai. Biasanya, pada aplikasi berbahaya baterai pada ponsel akan cepat habis. Hal ini disebabkan karena pada aplikasi illegal selalu merugikan pengguna.

 3. Pesan atau Peringatan Aneh

 Pesan atau peringatan yang tidak biasa atau mencurigakan adalah tanda mungkin ada aplikasi berbahaya. Biasanya, pada aplikasi yang berbahaya akan muncul peringatan pada ponsel supaya Anda tidak menginstall aplikasi tersebut.

4. Gunakan Aplikasi Keamanan

Pasang aplikasi keamanan dari penyedia terpercaya, seperti Avast, AVG, atau McAfee. Aplikasi ini dapat memindai dan mendeteksi malware pada perangkat Anda.

5. Periksa Aktivitas Aplikasi

Cek aktivitas latar belakang aplikasi di pengaturan perangkat Anda. Jika ada aplikasi yang mencurigakan, pertimbangkan untuk menghapusnya.

Seperti Android, hanya unduh aplikasi dari App Store resmi. Apple melakukan pemeriksaan ketat sebelum memungkinkan aplikasi untuk masuk ke toko mereka.

Jangan lupa untuk meninjau ulasan dan rating aplikasi sebelum mengunduhnya. Pengguna lain biasanya akan memberikan umpan balik yang berguna tentang keandalan aplikasi.

Tindakan Pencegahan Aplikasi Berbahaya

Setelah mengetahui cara mendeteksi berikut dengan tips menghindari aplikasi berbahaya dan penipuan online, berikut ini beberapa tindakan tambahan yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari aplikasi berbahaya:

  • Hati-hati dengan Email dan Tautan: Jangan mengklik tautan atau buka lampiran dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.
  • Pasang Firewall dan Antivirus: Jika memungkinkan, pasang firewall dan antivirus pada perangkat Anda.
  • Batasi Akses Anak-anak: Jika perangkat digunakan oleh anak-anak, terapkan pengaturan keamanan dan pantau aktivitas mereka secara teratur.
  • Buat Cadangan Data: Selalu cadangkan data penting Anda secara teratur agar Anda dapat mengembalikannya jika terjadi masalah.
  • Jangan ‘Jailbreak’ atau ‘Root’ Perangkat: Menghilangkan pembatasan sistem operasi (jailbreaking/rooting) dapat meningkatkan risiko keamanan.

Menghindari aplikasi berbahaya dan penipuan online adalah langkah penting dalam menjaga keamanan dan privasi Anda dalam dunia digital yang terus berkembang. Dengan mematuhi pedoman-pedoman di atas, Anda dapat mengurangi risiko dan menikmati manfaat teknologi dengan lebih aman.

Baca Juga