fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

AplikasiAffiliate

5 Cara Menghapus Akun Shopee serta Alasan Permohonan Ditolak

Yanti puspita

Bagaiman cara menghapus akun shopee? Caranya itu mudah, tapi penghapusan akun shopee hanya dapat di lakukan melalui aplikasi shopee. Penghapusan akun bersifat permanen dan tidak dapat di ubah, jadi pikirkanlah baik-baik sebelum melakukannya.

Setelah akun kamu berhasil di hapus, maka kamu tidak dapat lagi masuk atau melihat riwayat akunmu dan Shopee berhak menolak permohonan pembuatan akun di masa mendatang. Nah, berikut ini akan kami jelaskan cara menghapus akun shopee secara detail kepada kamu.

Cara Menghapus Akun Shopee

Cara menghapus akun shopee memang mudah, namun memerlukan persetujuan dari pihak shopee. Jadi, pemilik akun hanya bisa meminta penghapusan. Lalu bagaimana cara menghapus akun shopee? Silahkan baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1.      Cara Menghapus Akun Shopee dengan Membuka aplikasinya

Cara menghapus akun shopee yang pertama. Yaitu:

• Buka aplikasi shopee di smartphonemu

• Buka akun shopee menggunakan username dan password yang benar

2.      Pilih Menu Akun Saya

• Klik menu “Saya” di pojok kanan bawah aplikasi shopee

• Klik “Pengaturan Akun”

3.      Ajukan Penghapusan Akun Shopee

Scroll ke bawah sendiri, ada tulisan “ajukan penghapusan akun”

Akan ada peringatan “Perhatikan bahwa akunmu akan di hapus dan kamu tidak dapat memulihkannya”.

4.      Lanjutkan Proses Penghapusan Shopee

• Klik OK untuk melanjutkan penghapusan akun Shopeemu

• Lanjut > Masukkan kode verifikasi OTP yang di kirimkan ke nomor terdaftar

• Berikutnya > pilih alasan untuk menghapus akunmu

• Masukkan alamat emailmu

• Periksa syarat dan ketentuan

• Mengirim

5.      Tunggu Penghapusan akun Disetujui Oleh Pihak Shopee

• Setelah itu silahkan tunggu hingga penghapusan akun di setujui oleh pihak shopee

• Setelah di setujui, akun Shopeemu akan di hapus

Resiko Menghapus Akun Shopee

Setelah mengetahui cara menghapus Akun Shopee. Maka selanjutnya kamu juga harus mengatahui resiko menghapus akun shopee, yaitu:

• Akun shopee yang terhapus tidak dapat di pulihkan

• Koin shopee yang kamu miliki akan hilang setelah akun di hapus

• Ketika menghapus akun Shopee, tidak boleh ada pesanan yang belum selesai

• Shopee terus menyimpan data transaksi untuk keperluan audit setelah akunmu di hapus

• Kamu tidak dapat melihat riwayat transaksi setelah akun Shopeemu di hapus

• Shopee berhak menolak permohonan kamu saat ingin membuat akun Shopee berikutnya

Tips Penting Sebelum Menghapus Akun Shopee

Berikut beberapa tips penting sebelum menghapus akun Shopee tanpa login. Yaitu:

1.      Pastikan Tidak Ada Transaksi atau Saldo yang Belum Selesai

Sebelum menghapus akun Shopeemu, harap pastikan tidak ada transaksi atau saldo yang tersisa di akunmu. Jika ada transaksi yang tertunda, pastikan untuk menyelesaikannya terlebih dahulu sebelum menghapus akun.

Hal ini di lakukan untuk menghindari permasalahan atau konflik terkait transaksi yang belum selesai, seperti klaim dari penjual atau pembeli. Jika masih ada sisa saldo di akun Shopeemu, pastikan untuk menarik dana kamu terlebih dahulu sebelum menghapus akun.

Untuk melakukan ini, buka bagian “Dompet Saya” di aplikasi Shopee dan pilih “Tarik Dana”. Kemudian pilih metode penarikan yang di inginkan dan ikuti langkah-langkahnya.

Dengan memastikan tidak ada sisa transaksi atau saldo sebelum menghapus akun Shopee. Maka kamu dapat memastikan bahwa tidak ada masalah atau konflik terkait penghapusan akunmu di kemudian hari.

2.      Simpan Riwayat Transaksi

Sebelum menghapus akun Shopee, pastikan kamu menyimpan riwayat transaksi. Karena ini akan membantumu jika membutuhkan informasi mengenai transaksi yang telah kamu lakukan di Shopee. Untuk menyimpan riwayat transaksimu, kunjungi bagian “Pesanan Saya” di aplikasi Shopee.

Kemudian pilih opsi “Semua Pesanan” untuk melihat daftar seluruh transaksi yang telah kamu lakukan di Shopee. kamu dapat menyimpan riwayat transaksi ini dengan menyalin atau menyimpan gambar setiap transaksi yang ingin di simpan.

Dengan menyimpan riwayat transaksimu sebelum menghapus akun shopee, maka kamu akan memiliki catatan lengkap tentang transaksi yang kamu lakukan di shopee. Ini akan membantu jika kamu memerlukan informasi tentang transaksi sebelumnya yang di lakukan di Shopee atau jika ada masalah terkait transaksi di masa mendatang.

3.      Simpan Bukti Transaksi

Setelah mengajukan permintaan penghapusan akun, pastikan untuk menyimpan bukti penghapusan akun sebagai bukti bahwa kamu telah menghapus akun Shopeemu. Bukti penghapusan akun dapat berupa email konfirmasi dari Shopee atau tampilan layar saat kamu mengajukan permintaan penghapusan akun.

Untuk menyimpan email konfirmasi penghapusan akun, pastikan kamu menyimpannya di folder yang aman dan mudah di akses di emailmu. Jika kamu menggunakan aplikasi email, maka kamu juga dapat menyalin teks dari email dan menyimpannya ke catatan atau dokumen.

Jika kamu tidak menerima email konfirmasi dari Shopee, pastikan untuk menyimpan Screnshoot saat mengajukan permintaan penghapusan akunmu. Kamu dapat menyimpan tampilan layar dengan menekan tombol “Print Screen” pada keyboardmu dan menyimpannya sebagai file gambar.

Dengan menyimpan bukti penghapusan akun, maka kamu akan mempunyai bukti sah bahwa kamu telah menghapus akun Shopeemu. Hal ini dapat berguna jika kamu memerlukan bukti penghapusan akun karena alasan tertentu atau jika ada masalah penghapusan akun di kemudian hari.

Alasan Permohonan Penghapusan Akun Shopee Ditolak

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, kewenangan untuk menyetujui penghapusan akun sepenuhnya berada di tangan Shopee. Oleh karena itu, tidak semua pengguna bisa menghapus akunnya, meskipun mereka mengetahui cara menghapus akun Shopee.

Pengajuan penghapusan akun dapat di nyatakan tidak berhasil, apabila syarat dan ketentuan tidak di penuhi. Selain itu, sebagaimana tercantum dalam syarat dan ketentuan, Shopee juga dapat menolak permohonan penghapusan akun secara sepihak karena berbagai alasan.

Setidaknya ada lima alasan atau dasar penghapusan akun yang di sampaikan pengguna yang tidak di setujui atau di tolak oleh pihak Shopee. Kelima alasan tersebut antara lain:

1.      Akun Telah Dibatasi

Umumnya akun apa pun yang melanggar syarat dan ketentuan shopee akan di blokir. Akun yang di batasi tidak akan dapat melakukan proses penghapusan sebelum proses pemulihan di lakukan terlebih dahulu.

2.      Nomor Hp yang Terdaftar di Akun Lain

Menggunakan satu nomor hp untuk dua atau lebih akun berbeda juga berisiko mengganggu penghapusan akun. Mengenai masalah tersebut, pengguna dapat mengatasinya dengan menghubungi layanan pelanggan Shopee.

3.      Terdapat Transaksi Order yang Belum Terselesaikan

Hal ini sebagaimana di jelaskan dalam di atas, jika pengguna mengajukan penghapusan akun pada saat ada perintah yang belum di selesaikan. Maka dapat di anggap sebagai bentuk tidak bertanggung jawab.

4.      Masih Mempunyai Tagihan SPayLater atau SPinjam

Sama halnya dengan transaksi pesanan yang belum selesai. Untuk menghapus akun, pemilik juga harus menyelesaikan transaksi kredit di SPayLater dan SPinjam.

5.      Masih Ada Saldo ShopeePay

Untuk menghapus akun shopeemu, saldo ShopeePay kamu harus kosong. Untuk mengosongkan saldo ShoppePay, pengguna dapat mentransfer ke akun ShoppePay lain, atau melakukan penarikan ke rekening bank.

Itulah cara menghapus akun Shopee dan alasan mengapa pengajuan penghapusan akunmu di tolak. Semoga bermanfaat!

Baca Juga