fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Media SosialAplikasiPanduanTips & Trik

Cara Menggunakan Twitter Spaces untuk Bisnis

Yanti puspita

Apa itu Twitter Spaces? Bagaimana cara menggunakan twitter spaces untuk mengembangkan bisnis? Twitter Spaces adalah fitur Twitter baru yang memungkinkan kamu untuk melakukan streaming obrolan suara dengan pengguna lain. Ruang obrolan suara di Twitter Spaces di kenal sebagai Spaces.

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara menggunakan twitter spaces untuk bisnis. Maka kamu bisa menyimak beberapa ulasan lengkap di bawah ini.

Cara Menggunakan Twitter Spaces untuk Bisnis

Twitter Spaces resmi di luncurkan ke pasaran pada Mei untuk pengguna iOS dan Android. Namun, hanya pengguna dengan lebih dari 600 pengikut yang dapat menghosting ruang obrolan.

Sebenarnya fitur terbaru Twitter ini terinspirasi dari Clubhouse. Namun, tidak seperti Clubhouse yang hanya untuk undangan, Twitter Spaces terbuka untuk di dengarkan oleh semua pengguna. Lantas bagaimana cara menggunakan twitter spaces untuk bisnis? Di bawah ini penjelasannya:

·         Buat Ruang Obrolan (Twitter Spaces)

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat ruang atau Twitter Spaces. Klik dan tahan ikon Tambah di gambar profil Twittermu, lalu klik ikon Spasi. Setelah itu beri nama ruang obrolan, lalu klik Start Your Space.

Setelah itu kamu dapat mengklik tombol kamera untuk mengaktifkan mikrofon. Kemudian klik ikon Opsi. Setelah itu klik Adjust Settings.

Setelah itu kamu akan menemukan pengaturan speaker yaitu everyone, people you follow dan only people you invite to speak. Agar percakapan di chat tidak ramai, kamu bisa memilih orang yang di ajak bicara saja.

·         Atur Akses Pembicara

Cara untuk mengatur akses pembicara, kamu perlu masuk ke opsi startup dan memilih untuk mengklik ikon People untuk masuk ke opsi pengaturan speaker dan audiens. Kemudian klik Add Speaker. Kemudian masukkan nama pengguna pembicara pada kolom pencarian. Setelah itu, klik Undang.

·         Undang Audiens

Untuk mengundang Audiens, kamu perlu masuk ke opsi Twitter Spaces. Setelah itu, klik Bagikan dan pilih audiens yang akan di undang. Ada tiga cara untuk mengundang audiensmu yaitu, mengundang melalui DM, berbagi melalui Twitter dan menyalin tautan.

·         Memulai Spaces

Setelah semua pengaturan selesai, kamu dapat memulai Space. Ketika percakapan telah di mulai, kamu dapat mengatur giliran berbicara antar audiens dengan mengklik ikon speaker. Jika ada penonton yang ingin berpartisipasi, harusnya ada notifikasi.

Jadi kamu dapat menolak atau menerima. Kamu juga dapat remove audience dengan menghapusnya. Atau jika ada audiens yang kasar, kamu dapat membisukan atau memblokir.

·         Mengakhiri Spaces

Hanya host yang dapat menghentikan Twitter Spaces. Cukup klik Akhir, lalu setelah 30 menit kemudian Twitter akan menyimpan seluruh data chat. Selagi menunggu, kamu juga dapat mengunduh transkrip obrolan di Space.

Menerapkan cara memanfaatkan Twitter Spaces untuk bisnis kosmetik, bisa memberikan banyak manfaat. Hal ini termasuk meningkatkan kesadaran, menjangkau konsumen potensial, dan menciptakan segmen pasar baru.

Mempelajari strategi pemasaran digital sangat penting saat ini. Selain itu, persaingan dalam industri kosmetik sangat tinggi. Tak hanya dengan brand lokal, kamu juga harus bersaing dengan brand kosmetik luar negeri yang sudah ada sejak lama.

Contoh Penggunaan Twitter Spaces untuk Bisnis

Setelah melihat berbagai cara menggunakan Twitter Spaces, tidak dapat di pungkiri bahwa platform ini memang cukup efektif untuk di jadikan sebagai strategi pemasaran. Bagi kamu yang saat ini aktif di dunia digital marketing, berikut contoh penggunaan Twitter Spaces yang patut di ketahui, yaitu:

·         Thought Leadership

Di Twitter Spaces kamu dapat membuat program kepemimpinan pemikiran atau acara streaming audio dengan para ahli. Kegiatan ini sangat mirip dengan webinar, yaitu mengundang salah satu pakar untuk membahas topik tertentu terkait dengan industri tempat kamu bekerja.

Untuk lebih berhemat, kamu bisa memilih seseorang di kantormu yang ahli di bidang tertentu. Kemudian kamu bisa menunjuk mereka sebagai host atau ahli dalam acara yang kamu buat.

Tentu saja kegiatan ini akan sangat bermanfaat. Bahkan perusahaan kamu akan di kenal lebih profesional dan di percaya oleh para ahli tersebut.

·         Question and Answer (Q&A)

Selain ngobrol dengan pakar, kamu juga bisa menggunakan Twitter Spaces untuk Q&A. Event ini pastinya akan memberikan dampak yang cukup efektif bagi brandmu. Karena kamu akan mendapatkan feedback langsung dari penonton.

Dengan begitu kamu bisa segera mengambil langkah dan cara baru untuk produk barumu. Tak hanya itu, dengan Q&A komunikasi dan hubunganmu dengan audiens akan semakin terjalin. Selain QnA, kamu juga bisa membuat AMA, yaitu mengundang salah satu figur publik yang terkait dengan merekmu.

Kehadiran figur publik tersebut akan mengundang para pengikutnya untuk ikut serta dalam acara tersebut. Dan merek tempat kamu bekerja bisa menjadi moderator. Jadi sangat efektif dalam memperkenalkan brandmu kepada audiens baru.

·         Kolom Komentar di Acara Live

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Twitter Spaces adalah menjalankan kolom komentar di acara live. Jika ada live event yang sedang seru saat ini, kamu bisa mengundang penonton untuk berkomentar melalui Twitter Spaces.

Misalnya, ada acara tutorial tata rias live. Jadi, kamu dapat membuka bagian komentar di acara livemu dan mengundang audiensmu untuk berkomentar.

·         Peluncuran Produk

Twitter Spacea juga sangat efektif untuk peluncuran produk. Jadi, kamu dapat mengundang audiens setiamu ke peluncurannya. Dan memberikan semua informasi detail tentang produk baru yang akan di luncurkan.

Alternatifnya, kamu juga bisa menawarkan diskon khusus dengan kode tertentu yang hanya bisa di dapatkan seumur hidup. Kamu bahkan dapat meminta mereka untuk membagikan pendapatnya tentang produk barumu.

·         Giveaway

Siapa yang tidak suka Giveaway? Kamu dapat menggabungkan contoh ini dengan peluncuran produk baru. Dengan giveaway, kamu bisa menawarkan sejumlah keuntungan kepada mereka yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

Kamu dapat menjalankan kuis atau memberikan tantangan khusus sebagai hadiah bersyarat. Dengan begitu penonton pasti akan semakin semangat.

·         Diskusi Trending Topic

Setiap harinya Twitter selalu menyediakan berbagai jenis hal yang sedang tren. Nah, untuk mendapatkan lebih banyak audiens, kamu bisa membuka diskusi dengan topik yang sedang tren. Dari sini kamu bisa mendapatkan audiens baru.

Tak hanya itu, dengan di adakannya acara ini juga berarti bisnismu di anggap selalu update dan mengikuti tren terkini. Namun perlu di ingat bahwa tidak semua hal yang sedang tren bisa di jadikan bahan diskusi.

Karena hanya terkait dengan bisnis yang di lakukan. Juga jangan mengambil topik diskusi sensitif, karena itu akan sangat beresiko untuk kedepannya.

·         Konten Edukasi

Dengan konten edukasi ini, kamu juga bisa membuka wawasan audiens. Kamu dapat membuka percakapan dengan konten yang lebih mendidik. Misalnya saja tips perawatan kulit agar terhindar dari jerawat.

Diskusi tentu akan memberikan banyak manfaat bagi pendengarnya. Mereka mungkin lebih berhati-hati dalam melakukan apa yang akan mereka lakukan.

Penutup

Demikan penjelesan dari kami tentang cara menggunakan twitter spaces untuk bisnis dan contoh penggunaanya. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, maka kamu bisa mengikutu cara di atas.

Baca Juga